Honda WR-V Tipe E vs RS, Kekurangan Varian Termurah dengan Selisih Harga Rp 18 Juta

Honda WR-V Tipe E CVT - Apa Kekurangannya

CaruserMagz.com – Honda WR-V 2022 Generasi-2 hanya disediakan 3 varian di Indonesia, yaitu tipe E sebagai varian termurah, tipe RS varian menengah dan tipe RS with Honda Sensing sebagai varian termahal.

Selisih harga ketiga varian tersebut cukup signifikan, yaitu Rp 18 juta untuk tipe E vs RS dan Rp 20 juta untuk tipe RS vs RS-HS. Sehingga selisih harga varian tertinggi vs termurah mencapai Rp 38 juta.

Dengan selisih harga signifikan tersebut, apa saja beda WR-V tipe E sebagai varian termurah? Apakah worthed mengeluarkan Rp 18 – 38 juta untuk WR-V varian yang lebih tinggi?

Mari kita bedah, apa saja kekurangan Honda WR-V tipe E sebagai yang termurah, dibanding varian yang lebih tinggi, yaitu tipe RS dan RS with HS.

Berikut daftar perbedaan kelengkapan dan fitur Honda WR-V tipe E:

Eksterior

Lampu Utama Halogen – Lampu utama WR-V tipe E masih menggunakan bohlam halogen, sedangan tipe RS sudah menggunakan LED.

Tidak Ada LED-DRL – WR-V tipe E tidak memiliki LED Daytime Running Light (DRL) sebagai mana tipe RS, sehingga kesan mewah tipe E jauh berkurang.

Baca:  New Xpander Sempurna Jika Mitsubishi Bikin Begini! Harapan untuk Special Edition

Tidak ada Sequential LED Turning Light – Lampu sein tipe E masih menggunakan lampu halogen biasa, sedangkan tipe RS sudah menggunakan LED yang berjalan pada posisi LED-DRL-nya.

Spion tidak Auto-foldable – Rumahan kaca spion luar pada tipe RS sudah bisa otomatis melipat atau dilipat secara elektrik, sedangkan pada tipe E tidak bisa.

Pilihan Warna – Tipe E tidak disediakan dengan pilihan warna merah dan silver, sedangakan tipe RS tidak disediakan dengan pilihan warna putih. Jadi warna putih sudah pasti tipe E, dan warna merah dan silver sudah pasti tipe RS atau RS-HS. Warna untuk semua varian hanya grey dan hitam.

Grill Diamond – WR-V tipe E tidak memiliki aksen diamond pada grill depannya, tapi grill hitam biasa. Sehingga kesan mewah tipe RS lebih tinggi.

Velg Alloy Single-tone beda ukuran – Velg tipe E diberi velg alloy single-tone berukuran 215/60-R16. Sedangkan tipe RS dan RS-HS menggunakan velg dual-tone yang mewah dengan ukuran 215/55-R17.

Baca:  Daihatsu Sigra, MPV LCGC Impian Keluarga
Beda WR-V Tipe E vs RS dan RS-HS
Beda WR-V Tipe E vs RS dan RS-HS

Interior

Meter Cluster tidak Digital – WR-V tipe RS dilengkapi dengan metercluster dengan layar TFT 4-inci. Sedangkan tipe E diberi cluster meter dengan MID monokrom saja.

Jumlah Speaker – Audio system Tipe E dibelaki 4-speaker saja, sedangkan WR-V RS diberi 6-Speaker.

AC Tidak Otomatis – Meskipun sama-sama digital, tipe E tidak dilengkapi fitur AC otomatis, sedangkan tipe RS sudah menggunakan AC otomatis.

Pembalut Jok Fabric – Bahan pembalut jok pada tipe E menggunakan full fabric atau kain, sedangkan pada tipe RS merupakan kombinasi kulit sintetis dan fabric.

Pembalut Kulit pada Setir dan Tuas Transmisi – Pada tipe E, tidak ada pembalut kulit pada lingkar kemudi dan tuas transmisi, sedangkan tipe RS sudah ada.

Kabin WR-V Tipe RS
Kabin WR-V Tipe RS

Fitur-fitur

Honda Sensing – Fitur-fitur canggih berbasis radar hanya diberikan pada varian termahal yaitu RS-HS, sedangkan pada tipe E dan RS tidak ada.

Tidak Ada fitur Auto-headlight – Fitur lampu jauh otomatis yang akan aktif jika tidak ada kendaraan lain dari arah berlawanan, juga hanya untuk tipe RS-HS.

Baca:  Hyundai Kona Electric 2020 Mendapat Upgrade Signifikan

Tidak ada Honda Lanewatch – Fitur honda lanewatch juga hanya untuk tipe RS-HS.

Jumlah Airbag – WR-V tipe E dan RS hanya dilengkapi 4-airbags, sedangkan tipe RS-HS memiliki 6-airbags.

Rear Seat-belt Reminder – Tipe E tidak dilengkapi pengingat seat belt untuk penumpang belakang, sedangkan pada tipe RS dan RS-HS sudah ada.

Walk away Auto Lock – Fitur mobil otomatis mengunci jika pengemudi menjauh dari mobil tidak disediakan pada WR-V tipe E.

Baca juga: Beda Tiap Tipe Honda WR-V Indonesia, E vs RS vs RS HS

Jadi dapat disimpulkan bahwa ada banyak sekali perbedaan WR-V tipe E yang merupakan kekurangannya dibanding tipe RS dan RS with Honda Sensing.

Namun secara dimensi, spesifikasi mesin dan akomodasi, pada dasarnya semua tipe WR-V adalah sama. Jika dibandingkan dengan kompetitor, WR-V tipe E bisa diadu dengan Raize dan Rocky termurah yang betransmisi CVT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *