Honda WR-V 2017 Diluncurkan di India, Harga 158 – 203 Juta Rupiah

CaruserMagz.com – India menjadi Negara Asia pertama yang menerima kehadiran Honda WR-V (Winsome Runabout Vehicle), crossover berbasis Honda Jazz yang debut global di Sao Paulo Motor Show, Brazil pada 9-Nov-2016 yang lalu. Peluncuran resmi dilakukan Honda India di New Delhi pada Senin, 20 Maret 2017.

Baca: Debut Global Honda WR-V Sao Paulo 2016

 

Honda memilih India sebagai Negara pertama di Asia dimana Honda WRV dipasarkan, karena potensi market WRV di India cukup menjanjikan. Ada ekspektasi yang besar dari konsumen otomotif perkotaan India terhadap kendaraan kompak yang stylist dan nyaman, namun dengan harga terjangkau.

 

Hal itu diungkapkan oleh Yoichiro Ueno, selaku Presiden dan CEO Honda Mobil India: “Dengan WR-V, kami ingin menyediakan kenyamanan berkendara untuk penggunaan sehari-hari di kota,” ujar Ueno.

 

Ada dua tipe Honda WRV yang dipasarkan di India, yaitu tipe S sebagai standar dan tipe VX sebagai tipe tertinggi. Keduanya mempunyai varian bermesin bensin dan diesel.

 

Honda WRV - Mesin dan Performa
Honda WRV – Mesin dan Performa
Varian bensin dijual dengan harga 7,75 Lakh (Rp.158 Juta) untuk tipe S dan 8,99 Lakh (Rp.183 juta) untuk tipe VX. Harga varian bermesin diesel adalah 8,79  dan 9,99 lakh (Rp.179 dan 203 juta) untuk tipe S dan VX diesel.

 

Mesin diesel berkapasitas 1500cc DOHC i-DTEC dengan tenaga 100PS pada 3600rpm dan torsi 200Nm pada 1750rpm. Sedangkan mesin bensin berkapasitas lebih kecil, yakni 1200cc SOHC i-VTEC bertenaga 90 PS pada 6000rpm dan torsi 110Nm pada 4800rpm.

 

Menariknya konsumsi bbm mesin diesel yang lebih dipavoritkan di India, jauh lebih hemat hingga 25,5 km/liter. Mungkin orang India tidak begitu suka dengan transmisi otomatis, sehingga Honda India tidak menyediakan pilihan varian matic.

 

Sebagai varian tertinggi, Honda WR-V tipe VX memiliki beberapa fitur yang cukup menarik, seperti electric sliding sunroof, start-stop button, monitor touchscreen 7 inchi, cruise control, AC digital otomatis, multy view rear camera, arm rest di konsol tengah dengan USB dan port charger HP, spion dengan electric foldable dan lampu sein dan velg 16 inchi.

 

di India, Honda WR-V akan bersaing dengan VW Cross Polo, Fiat Avventura, Hyundai i20 Active dan Toyota Etios Cross, tapi juga bisa menjadi ancaman bagi compact SUV seperti Ford EcoSport, Maruti Suzuki SCross dan Hyundai Creta.

 

Bagaimana dengan Indonesia? Apakah crossover ala Jazz ini juga akan menjadi salah satu pilihan penyuka hatchback bercitarasa SUV? Hingga artikel ini kami tulis, pernyataan terakhir dari petinggi Honda Prospect Motor (HPM) adalah Honda WR-V tidak akan dibawa ke Indonesia.

 

Mungkin ada kekhawatiran, crossover ini berpotensi menggerus penjualan Honda Jazz sendiri, dibanding bersaing dengan Toyota Yaris Heykers dan Suzuki SCross. Tapi dari pembicaraan dengan beberapa wiraniaga Honda, mereka mengatakan bahwa ada kemungkinan Honda WR-V akan diluncurkan di Indonesia.

 

Memang Honda Indonesia sering membuat kejutan, HPM kurang begitu suka membuat heboh sebelum prosesi buka tudung, sehingga nyaris semua peluncuran mobil baru Honda tidak diawali desas desus di media nasional.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *