Arti Zenix pada Kijang Innova Generasi-7, Asal Kata dan Maknanya

Arti Zenix pada Kijang Innova Gen-7

CaruserMagz.comMembedah asal kata dan arti Zenix – Toyota Kijang generasi ke-7 baru saja diluncurkan pada Senin, 21 November 2022. Peluncuran itu merupakan world premiere dari Innova generasi terbaru yang di Indonesia diberi nama tambahan ‘Zenix‘.

Jadi Nama mobil ini menjadi sangat panjang karena makin banyaknya nama tambahan pada sang Kijang yang legendaris, lengkapnya adalah “Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid“.

Lalu apakah arti kata Zenix pada nama baru Kijang Innova tersebut?

Arti Zenix: Makna dan Asal Kata

Anton Jimmy Suwandi selaku Direktur Pemasaran PT TAM menjelaskan arti dari nama Zenix pada Innova di sela peluncurnannya, di Grand Ballroom Grand Hyatt, Jakarta.

Anton mengatakan bahwa kata Zenix, terdiri dari dua kata, yakni ZENITH dan X.

“Zenith itu artinya puncak performa dan X itu mewakili Crossover. Jadi ini mobil crossover yang memang memiliki performa puncak,” ungkap Anton (21/11/22).

Baca:  Mamfaat Membaca Trending Berita Otomotif, Tak Sekedar Menambah Pengetahuan

Dalam bahasa Inggris, kata “zenith” diberi penjelasan maksa sebagai: “the time at which something is most powerful or successful“. atau “era dimana sesuatu mencapai puncak kesuksesan atau kekuatannya“.

Sedangkan secara harfiah, arti kata zenith adalah “Puncak” atau “kulminasi/klimaks“.

Dalam penjelasan berbeda, kata itu disebut: “the highest or climactic point of something, especially as attained after a long time”.

Arti dalam bahasa Indonesia-nya adalah “titik tertinggi atau klimaks dari sesuatu, terutama yang dicapai setelah waktu yang lama”.

Jadi kemungkinan Toyota ingin menyampaikan pesan bahwa ini adalah versi tertinggi, tercanggih dan terkuat dari Innova hingga saat ini, dari perjalanan panjang Toyota Kijang berkiprah di Indonesia.

Atau bisa juga dimaknai bahwa Innova Zenix telah mengungguli semua kompetitornya, melampaui semua stereotype buruk dari pada haters-nya, dengan berevolusi menjadi mobil yang benar-benar premium.

Kijang Innova Gen-7 - Hybrid Cross
Kijang Innova Gen-7 – Hybrid Cross

Berubah menjadi Multi Purpose Crossover

Huruf X pada akhir kata Zenix bermakna Crossover, yang berarti Innova telah berubah jenis dari MPV menjadi SUV. Atau minimal berubah secara tampilan menjadi lebih maskulin.

Baca:  Toyota Hadirkan Mobil Baru di GIIAS 2022, Innova Hybrid atau Konsep Rush FWD?

Namun secara desain eksterior, Innova Zenix memang berubah menjadi lebih tegak, sehingga nampak lebih jantan dari versi ladder-frame di generasi sebelumnya. Bentuk Innova Gen-7 ini mengingatkan kita pada Toyota Highlander.

Artinya Innova akan lebih cocok bersaing dengan segmen medium SUV monokok semisal Honda CR-V, Wuling Almaz, Nissan X-Trail, Hyundai Santa Fe, VW Tiguan All Space dan Renault Koleos.

Makna Kata Kijang

Sedangkan kata “Kijang” tidak bisa dilepaskan dari Innova di Indonesia, karena itu adalah tonggak sejarah mobil ini.

Kata Kijang memiliki bobot heritage yang terlalu besar untuk dihilangkan. Bukan hanya bagi sejarah mobil ini, tapi juga bagi sejarah Toyota secara keseluruhan di Indonesia.

Baca:  Lamborghini Tutup Tahun 2020 dengan 7.430 Mobil Dikirim dan 6 Model Baru

Meskipun merupakan nama binatang berkaki empat, kata Kijang pada mobil Toyota juga dimaknai sebagai singkatan dari “Kerjasama Indonesia-Jepang” yang dicetuskan pada era Orde Baru.

Makna kata Innova

Sedangkan kata “Innova” berasal dari bahasa Inggris, yaitu Innovation yang berarti Inovasi.

Nama lain Innova

Innova di negara lain tidak menyandang nama Kijang, namun memiliki akhiran. Misalnya di India, mobil ini disebut Innova Crysta.

Nama Crysta pernah berpasangan dengan kijang di Indonesia, yaitu Kijang Crysta yang eksis di tahun 90-an. Namun kini berpindah ke India.

Di India, Innova generasi baru ini dikabarkan akan memiliki nama yang berbeda, yaitu Innova HyCross (Hybrid Crossover).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *