Honda Mundur dari Formula-1 setelah musim 2021

Honda Mundur dari Formula-1 Setelah Musim 2021, Ini Alasannya!

AutoSport Berita

CaruserMagz.comHonda Mundur dari Formula-1 – Honda mengumumkan niatnya untuk mengundurkan diri dari ajang Balapan Formula-1 setelah musim 2021. Pengumuman tersebut disampaikan pada konferensi pers di Tokyo Jepang pada Jumat 2 Oktober 2020, yang kemudian dikabarkan pada website resmi Honda Global dan akun resmi Sosial Medianya.

Honda merupakan pemasok mesin untuk tim Red Bull Racing dan Scuderia Alpha Tauri. Sebelumnya Honda berkolaborasi dengan McLaren dan hanya berlangsung untuk 3 musim, selanjutnya Honda menjadi supplier untuk tim Alpha Tauri. Setahun kemudian, Honda berhasil mencapai kesepakatan dengan Red Bull untuk kerjasama serupa.

Dalam pernyataan resminya, pabrikan mobil Jepang tersebut mengungkap alasan mengapa mereka ingin hengkang dari ajang balapan paling bergengsi di Dunia, yaitu sebagai bagian dari rencana mereka untuk mewujudkan zero emisi karbon pada 2050. Untuk itu, Honda akan memfokuskan sumberdaya-nya pada penelitian dan pengembangan teknologi EV yang ramah lingkungan.

Honda perlu menyalurkan sumber daya perusahaannya dalam penelitian dan pengembangan ke bidang teknologi energi masa depan, termasuk teknologi kendaraan sel bahan bakar (FCV) dan baterai untuk mobil listrik EV (BEV), yang akan menjadi inti dari teknologi bebas karbon,” tulis pernyataan resmi Perusahaan Otomotif Jepang tersebut.

Musim balapan 2021 dari Formula 1 akan menjadi musim terakhir bagi Honda. Hal tersebut disesuaikan dengan masa berakhirnya peraturan teknis motorsport yang masih berlaku saat ini. Itu artinya tim Red Bull Racing dan Scuderia Alpha Tauri sudah harus memikirkan siapa pengganti Honda untuk memasok mesin jet daratnya.

Baca: Perubahan Aturan Teknis Mobil F1 Setelah Musim 2021

Honda Mundur dari Formula-1 - Terakhir Bersama Tim Alpha tauri dan Red Bulls Racing
Honda Mundur dari Formula-1 – Terakhir Bersama Tim Alpha Tauri dan Red Bulls Racing

Ada tiga kemungkinan opsi yang masih tersedia, yaitu Mercedes-AMG, Ferrari, dan Renault. Namun dikabarkan bahwa akan sulit bagi kedua tim mendapatkan sponsor dari Mercedes dan Ferrari, sehingga Renault merupakan yang paling mungkin bekerjasama dengan kedua tim tersebut.

Selama bekerjasama dengan tim Red Bulls Racing, Honda telah membantu tim tersebut untuk memperoleh lima kemenangan dengan total 15 podium berhasil diraih.

Jika kita baca-baca berita 3 tahun terakhir terkait Formula-1, ajang balapan ini memang mengalami penurunan rating cukup drastis. Sehingga perlahan banyak investor yang mulai menarik diri. Termasuk negara-negara penyelenggara, semisal Jerman, Malaysia dan Singapura. Karena olahraga ini makin menjadi sempit segmentasinya dan mengalami pengurangan minat pemirsa Televisi di seluruh dunia.

Ditambah perubahan arah teknologi otomotif ke mobil listrik yang lebih efisien dan sesuai dengan visi berbagai negara di Dunia untuk mengurangi polusi udara, membuat banyak pabrikan mulai membangun mobil-mobil dengan teknologi elektrifikasi dan berfokus pada berbagai penelitian lebih jauh untuk mobil listrik sepenuhnya, yang memerlukan biaya tidak sedikit. Sementara ajang Balapan lebih menjadi Cost-Center yang jika pamornya telah redup, tentu tidak ada lagi benefit dari sisi bisnis yang bisa diharapkan sebagai timbal balik.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar