Steering Rack Berisik - Cek Penyebab dan Solusi

Steering Rack Berisik, Jangan Buru-buru Ganti Baru, Cek Dulu Komponen Ini!

Tips

CaruserMagz.comSteering Rack Berisik, Apakah harus diganti? – Masalah kaki-kaki mobil yang berisik adalah masalah yang umum terjadi pada semua mobil. Bagian-bagian yang biasanya jadi tersangka dari masalah tersebut antara lain shockbreaker, bushing-arm, stabilizer-link, dan steering rack yang merupakan komponen setir yang terhubung pada roda depan.

Untuk suara brisik pada roda depan, yang sering menjadi tertuduh biang masalah adalah steering rack. Sehingga tak jarang teknisi bengkel baik bengkel resmi maupun bengkel umum, menyarankan untuk mengganti part tersebut secara keseluruhan, padahal ini adalah komponen yang cukup mahal dengan harga Lima hingga Belasan Juta Rupiah, tergantung ukuran dan jenis mobil.

Tidak jarang juga teknisi bengkel menyarankan agar dibiarkan saja dulu, selama bisa dipakai, jika sudah benar-benar rusak baru diganti, mengingat harganya yang mahal. Padalah hal itu membuat kita serasa naik gerobak saat melewati jalanan yang tidak rata.

Baca: Waspadai Masalah Engine-Mounting Sebelum Merusak Komponen Mobil Lain

Masalah ini kami alami pada mobil kami yang merupakan Citycar, dan saat berkonsultasi ke bengkel umum, teknisinya menyarankan agar bersabar saja dengan suara brisik serta getaran jika berjalan di jalanan tidak rata. Karena menurutnya, sayang uangnya jika harus diganti, padahal masih bisa digunakan. Seolah tidak ada solusi lain untuk meredam masalah tersebut.

Saat berkonsultasi ke bengkel resmi, kepala teknisi menyarankan agar mobil kami dicek steering racknya, untuk itu komponen tersebut perlu dibongkar dan tentu ada biaya bongkar-pasang terlepas masalahnya akan ditemukan atau tidak. Namun dari pengalaman sang teknisi, komponen yang biasanya menjadi biang masalah selalu sama, dan masalah teratasi jika komponen tersebut diganti. Kami menyetujui usulan tersebut, karena setidaknya mendapat pengetahuan baru jika masalahnya bukan seperti yang dijelaskan sang teknisi bengkel resmi.

Steering Rack Mobil
Steering Rack Mobil

Setelah steering rack dibongkar, teknisi menunjukkan komponen O-Ring yang terbuat dari bahan karet. Menurutnya, seiring usia pakai, komponen tersebut tidak lagi berkinerja baik untuk meredam kontak antar komponen as steering rack dengan covernya, alhasil jika mobil berjalan di jalanan tidak rata, kontak logam sering terjadi dan menimbukan suara berisik serta getaran yang membuat berkendara jadi tidak nyaman.

Untuk mengatasi masalah steering rack berisik, ada dua komponen O-Ring yang harus diganti, yaitu disisi kanan dan kiri dari steering rack tersebut. Jika perlu diganti dengan O-Ring yang lebih tebal, agar lebih mampu meredam getaran dan menjaga agar as steering rack tidak lekas aus. Setelah komponen karet tersebut diganti, kami mendapati kaki-kaki depan mobil kami terasa kembali senyap saat melewati jalanan tidak rata. Ternyata tidak perlu menguras tabungan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Komponen O-Ring pada Steering Rack Mobil
Komponen O-Ring pada Steering Rack Mobil

Menurut sang teknisi bengkel, Masalah steering rack berisik atau bergetar, sebaiknya tidak dibiarkan, karena akan membuat as setir jadi lebih cepat aus. Jika itu terjadi maka penggantian komponen steering rack secara keseluruhan tidak dapat dihindari, dan itu akan menelan biaya yang besar.

Baca Juga: Tanda-tanda Shockbreaker Sudah Harus Diganti

Demikian, semoga informasi ini bermamfaat bagi teman-teman yang mengalami masalah Steering Rack mobil berisik. Masalah ini kerap terjadi pada semua mobil dengan usia pakai di atas 5 tahun. Jika Anda mengalaminya, jangan buru-buru percaya saran bengkel untuk mengganti steering rack, cek terlebih dahulu apakah memang sudah rusak, atau sebenarnya hanya komponen tertentu yang perlu diganti.

Perlu dijadikan pedoman juga, masalah kaki-kaki mobil yang berisik pada umumnya disebabkan oleh komponen-komponen mekanis berbahan karet, dimana bahan karetnya telah aus atau tidak lagi elastis. Sehingga cukup diganti komponen tersebut, sebelum komponen lain yang lebih mahal. Komponen berkaret tersebut antara lain, ball-joint, link-stabilizer, dudukan shockbreaker, dan O-Ring pada Steering Rack.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar