15 Perbedaan Honda Mobilio Facelift 2017 vs 2016, Perubahan Eksterior dan Fitur

CaruserMagz.com – Honda Mobilio baru saja mendapatkan facelift pada awal tahun 2016 yang lalu, kini difacelift lagi oleh Honda Prospect Motor (HPM) pada awal tahun 2017 ini. Namun kedua facelift tersebut ternyata mempunyai fokus yang berbeda. Jika pada tahun 2016, ubahan difokuskan pada interior, maka facelift 2017 ini difokuskan pada tampilan luarnya.

 

Strategi bisnis Honda sangat cerdas, selalu ada kejutan dalam waktu yang dekat, sehingga memancing perhatian konsumen lebih besar. Honda menjawab kritik pecinta otomotif dengan sigap, hingga Mobilio terus disempurnakan berdasarkan keinginan konsumen.

 

Sobat yang sudah berniat membeli Mobilio, tentunya ingin tahu apa saja perbedaan Mobilio 2017 ini dibanding generasi sebelumnya. Perkiraan kami, perubahan-perubahan yang dilakukan oleh HPM ini, akan makin memperkuat hasrat para peminat Mobilio untuk memiliki low MPV atraktif ini.

 

Mari kita simak, apa saja perubahan yang membedakan Mobilio 2017 dari Mobilio facelift 2016 dan versi lama:

 

1. Tampilan Fascia Depan yang Lebih Ganteng

Salah satu hal yang kami sayangkan saat menulis review Mobilio facelift 2016 kurang lebih setahun yang lalu, adalah tidak adanya perubahan signifikan pada wajah mobil ini yang seolah datang dari masa lalu.

 

Namun ternyata hal itu bukan luput dari perhatian para designer Honda, melainkan ditunda saja, demi strategi bisnis. Benar saja, akhirnya wajah Mobilio dirombak pada facelift 2017. Jika dulu wajah Mobilio nampak kemayu dan kalem, kini diubah jadi lebih ganteng dan terlihat lebih bertenaga.

 

Fascia depan Mobilio kini diseragamkan dengan pakem desain Honda, yaitu solid wing face dengan lampu utama yang tajam dan terintegrasi dengan grill, serta berhias garnish chrom lebar.

 

Kap mesin terlihat lebih panjang dengan ujung depan yang menajam jika di lihat dari samping. Desain ini memberi aura aerodinamis yang bertenaga.

 

2. Desain Velg Baru

Desain velg yang berubah adalah pada tipe RS. Sepertinya kurang lengkap jika bagian kaki-kaki ini tidak berubah pada suatu facelift, sehingga selalu mendapat sentuhan dari desainernya. Bentuk spoke berubah jadi lebih rame dengan tetap mengusung two-tone color, hitam dan metal mengkilap. Dari sisi ukuran, velg Mobilio 2017 masih sama dengan generasi sebelumnya, yaitu velg 15 inchi dengan warna two-tone untuk tipe RS dan E CVT.

 

3. Roofrail

Jika pada Mobilio sebelumnya tidak ada roofrail yang secara build-in disematkan, maka Mobilio 2017 tipe RS sudah memiliki roofrail berwarna silver. Hal ini membuat Mobilio makin terlihat sporty. Kerennya lagi, ini adalah roofrail yang simpel sehingga tidak membuat-nya nampak lebay, tapi elegan.

 

4. Two Tone Body Color pada tipe RS

Lagi-lagi tipe RS yang mendapat perhatian khusus, yaitu bagian atapnya yang berwarna full hitam, sehingga membuat mobil ini nampak makin sporty, seolah-olah ada full-sun-roof pada bagian atapnya.

 

5. Lampu LED-DRL untuk semua Tipe

Pada Mobilio versi facelift 2016, lampu LED di dalam lampu utama hanya ada untuk tipe tertinggi, yaitu tipe RS saja. Sedangkan Mobilio 2017 ada pada semua tipe. Sehingga semua tipe Mobilio akan terlihat mewah pada lampu utamanya.

 

6. Warna Interior

Warna Interior secara keseluruhan dibuat lebih cerah, jika pada versi sebelumnya berwarna beige yang memberi kesan kurang premium, maka pada facelift 2017 ini, diganti jadi ivory. Untuk tipe RS, masih dengan warna interior yang full hitam seperti pada Honda BR-V, sehingga nampak lebih elegan dari tipe di bawahnya.

 

7. Adjustable Head Rest

Salah satu hal yang selalu dikritik oleh para reviewer otomotif pada mobilio sebelumnya adalah headrest kursi depan yang tidak adjustable, atau tidak bisa dinaik-turunkan. Selain nampak kurang sedap dipandang, juga terkesan tidak mewah. Maka pada Mobilio 2017 ini, sandaran kepala tersebut sudah disesuaikan dengan ekspektasi pengguna dan pecinta otomotif.

 

Perbedaan lainnya terkait head rest adalah sudah ada 3 head-rest pada kursi baris ke-dua, dimana pada versi sebelumnya hanya ada 2 sandaran kepala ini. Sehingga kini penumpang di tengah baris kedua lebih aman dari risiko cidera leher jika terjadi tabrakan atau ditabrak kendaran lain dari belakang.

 

 

8. Rem ABS+EBD pada Semua Tipe

Perbedaan selanjutnya adalah kehadiran teknologi rem ABS+EBD pada semua tipe Mobilio 2017. Ini merupakan kemajuan signifikan, karena dulunya hanya untuk tipe tertinggi. Tren ini juga sudah mulai dilakukan produsen mobil lainnya.

 

9. Meter Cluster lebih Sporty pada tipe RS

Jika dulu meter-cluster semua tipe Mobilio sama, maka pada facelift 2017 ini, dibedakan untuk tipe RS. Nampak lebih mewah dan sporty.

 

10. Vehicle Stability Assist Control (VSA) pada tipe RS

Fitur VSA sudah mulai lazin di mobil untuk kosumen menengah, khususnya pada tipe tertinggi. Vitur ini memberikan kestabilan mobil yang baik. karena mengurangi efek limbung. Sehingga mobil bisa menikung dengan kecepatan tinggi tanpa khawatir mobil akan keluar jalur.

 

Ini akan membuat Mobilio 2017 makin nikmat dikemudikan, karena Mobilio generasi awal pun sudah cukup stabil berkat suspensi yang agak kaku dan body aerodinamisnya, kini di tambah lagi dengan VSA. Bagi sobat yang suka mengemudi, akan merasa senang berada di belakang setir Mobilio 2017 ini.

 

11. Hill Start Assist Control (HAC) pada tipe RS

Fitur HAC dulunya hanya ada pada mobil-mobil mewah, sepertinya akan makin masif pada mobil-mobil untuk konsumen menengah ke bawah. HAC merupakan fitur untuk mencegah mobil bergerak mundur atau maju saat harus berhenti atau terjebak macet di tanjakan. Lebih jelas bisa dibaca pada ulasan kami ini: Pengertian Hill Start Assist (HAC).

 

12. Tidak Ada lagi Varian E-CVT-Prestige

Sepertinya Honda tidak ingin ada 2 varian termewah untuk satu merk Mobilnya. Sehingga tipe termewah hanya diperuntukkan bagi tipe RS, sedangkan tipe E-Prestige disuntik mati.

 

13. Enam Speakers pada tipe RS

Speaker adalah salah satu hal yang banyak dikeluhkan pengguna Mobilio versi sebelum-sebelumnya. Menurut mereka, kualitas suara dari speakernya kurang mantab. Itu juga terjadi pada Honda BR-V. Sepertinya Honda memahami keluhan penggunanya dengan detail, sehingga mereka menyempurnakan tipe RS dengan 6 speaker, untuk memuaskan ekspektasi penggunanya.

 

Selain speaker berjumlah 6 tersebut, improvement pada audio sistem tersebut didukung oleh adanya layar monitor 6.8 inch, Fitur K2 Technology, Volume Link EQ.

 

14. Pilihan Warna Baru

Ada pilihan warna baru yang cukup nyentrik, jadi bagi sobat yang suka tampil beda dan ingin jadi pusat perhatian bisa memilih warna-warna terang tersebut. Warna baru pada Mobilio 2017 ini antara lain:
Pashion Red Pearl Sporty : Merah Menyala
Marine Purple Pearl Elegant : Ungu Gelap
Phoenix Orange Pearl Two Tone : Orange

 

15. Harga lebih Mahal

untuk tipe S Mobilio 2017 dibanderol dengan 189 juta Rupiah, E MT 210 juta Rupiah, E CVT 221 Juta Rupiah, Honda Mobilio RS facelift dengan 233 juta Rupiah dan Honda Mobilio RS di angka 243 juta Rupiah.

 

Jadi jika sobat berminat pada Mobilio RS, bisa menimbang-nimbang dan membandingkannya dengan Honda BR-V, memilih kelebihan fitur Mobilio RS atau tongkrongan ganteng, ground clearance dan kaki-kaki kokoh milik BR-V.

 

Jika sobat bernimat membeli BR-V tahun produksi 2016, awal tahun 2017 ini adalah saat yang tepat karena banyak diskon yang ditawarkan dealer untuk menghabiskan stok lama. Sehingga harga Mobilio 2017 tipe RS akan jauh lebih tinggi dari BR-V 2016, karena faktor diskon ini.

 

 

Demikianlah beberapa perbedaan Mobilio facelift 2017 vs Mobilio 2016. Kini Mobilio kian atraktif dan terasa lengkap dengan wajah yang lebih mengikuti pakem desain solid wing face milik Honda.

 

Mungkin sobat yang terlanjur memesan Mobilio 2016, akan sedikit kecewa, karena mobil baru sobat langsung nampak jadul di usia muda, jika dibandingkan Mobilio 2017 ini. Ya tapi begitulah Honda, para desainernya sepertinya sangat cepat bekerja dan agak kurang sabaran untuk meluncurkan model-model baru dan facelift.

 

Jika sobat punya pendapat atau informasi tambahan mengenai perubahan pada mobilio 2017 yang membedakannya dari versi sebelumnya, silahkan disampaikan pada kolom komentar.

 

Salam Otomotif!

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

6 thoughts on “15 Perbedaan Honda Mobilio Facelift 2017 vs 2016, Perubahan Eksterior dan Fitur

  • January 21, 2017 at 9:25 pm
    Permalink

    Mobilio Facelift mantap cocok untuk kalangan anak muda tu mas.

    Reply
  • February 2, 2017 at 2:03 am
    Permalink

    tampang luar sih sudah ok. Cuma mesti dilihat adakah perubahan pada interior build quality dan bahan interiornya. Jika masih seperti yang sebelumnya, 'maaf' kaya plastic ember, kursi tipis dan finishing tidak rapi. Mungkin saya masih akan ilfil berada di dalam mobilio.. hehehe..

    Reply
  • April 19, 2017 at 2:55 am
    Permalink

    pendapat saya agar interior mobilio lebih mewah lagi,di bagian doortrim dirubah seperti milik honda jazz,agar lebih berkelas,

    Reply
  • April 19, 2017 at 2:57 am
    Permalink

    Setuju mas dimas, desain doortrim mobilio terkesan flat, ada aura mobil jadul tahun 2000an disana.. hehe..

    Reply

Tulis Komentar