Honda HR-V 2022 Pakai Mesin Turbo, Jawaban untuk Seltos dan Wuling Almaz?

Honda HRV Gen-3 Turbo

CaruserMagz.comHonda HR-V 2022 Pakai Mesin Turbo – Dari bocoran spesifikasi dan harga NJKB di situs Samsat DKI Jakarta, diketahui bahwa All New Honda HR-V 2022 akan hadir dengan mesin baru juga dengan fitur canggih “Honda Sensing“.

Mesin baru tersebut kabarnya adalah mesin turbo, sehingga kemungkinan HR-V generasi baru ini akan memiliki angka tenaga yang meningkat secara signifikan dibanding versi sebelumnya.

Indikasi HR-V generasi baru tersebut akan hadir dengan mesin turbo diketahui dari situs samsat DKI Jakarta yang memuat varian dan harga NJKB. Varian termahal dari HR-V tersebut ditulis “HR-V 1.5T RS CVT” dengan NJKB Rp 305 Juta.

Honda HR-V Gen-3 - Merah
Honda HR-V Gen-3 – Bermesin Turbo?

Inisial 1.5T merupakan indikasi kuat bahwa varian tertinggi HR-V RS 2022 akan menggunakan mesin turbo. Di sisi lain, tidak ditemukan HR-V berkode 1.8L yang merupakan tipe tertinggi pada model sebelumnya.

HR-V bermesin turbo sebenarnya sudah ada sejak tahun 2019, hanya saja model tersebut tidak dijual di Indonesia, melainkan di Eropa dengan nama HR-V Sport Turbo.

HR-V Turbo tersebut menggunakan mesin yang mirip dengan Civic dan CR-V Turbo. Hanya saja memiliki angka tenaga yang lebih kecil, yaitu 182 ps dan torsi 220 Nm untuk tipe yang bertransmisi CVT. Sedangkan CR-V memiliki 190 ps dan torsi 240 Nm.

Interior Honda HR-V e-HEV 2021
Interior Honda HR-V Generasi Baru

Baca juga: Perkiraan Harga OTR Honda HR-V 2022 dari NJKB-nya

Jika benar HR-V tersebut akan menggunakan mesin yang sama dengan HR-V Turbo di Eropa, ini akan menjadi compact SUV paling bertenaga di kelasnya, pasalnya Kia Seltos dan kawan-kawan tidak sebesar itu tenaganya.

Sedangkan dalam hal fitur, Honda seolah menjawab tantangan dari pabrikan China yang sudah lebih dulu menghadirkan fitur sensing, yaitu pada Wuling Almaz.

Hanya saja, Honda HR-V dengan Honda Sensing ini akan dibanderol lebih mahal dari Almaz. Pasalnya, NJKB-nya saja sudah menyentuh 300 jutaan, sehingga harga OTR-nya akan melewati angka Rp 400 juta.

Honda HR-V 2022 Pakai Mesin Turbo
Honda HR-V gen Baru Compact Crossover – Tampak Samping Belakang

Kompetitor dari Honda HR-V 2022 pakai mesin Turbo ini yang lebih dekat dalam hal brand image, harga dan segmen, adalah Mitsubishi Eclipse Cross dan Mazda CX-30.

Namun Honda HR-V kemungkinan akan lebih bersinar, karena dia adalah compact SUV terlaris di Indonesia yang tentu akan mudah mempertahankan hegemoninya dengan hadir sebagai generasi baru. Apalagi dengan Honda Sensing dimana Eclipse dan CX-30 belum memiliki fitur secanggih itu.

Bagaimana menurut Sobat Car Users, apakah Honda HR-V RS next-gen dengan mesin turbo dan fitur Honda Sensing sudah selevel dengan kecanggihan Wuling Almaz? Perlu diingat, harganya akan lebih mahal dari Almaz!

Tulis Komentar