Nasib Brand Otomotif Amerika di Indonesia: Chevrolet Keluar, Ford Masuk lagi

Ford Masuk lagi ke Indonesia - Chevrolet Keluar
CaruserMagz.com – Sejak 28 Oktober 2019, media otomotif dihebohkan dengan pengumuman akan hengkangnya General Motors (GM) dengan menghentikan penjualan mobil Chevrolet di Indonesia. Namun berita sebaliknya terjadi untuk brand Amerika lainnya, yaitu Ford.

 
Ford dipastikan akan kembali lagi dijual di Indonesia oleh Grup RMA Indonesia, perusahaan yang selama ini menangani layanan purna jual mobil Ford setelah brand tersebut hengkang pada tahun 2016.

 
Rochester Midland Asia (RMA) Indonesia yang diwakili oleh Yanto Mardianto selaku Sales and Marketing Senior Manager RMA Indonesia, mengkonfirmasi bahwa kabar akan kembalinya Ford di Indonesia adalah benar.

 
Minta doanya saja, insyaAllah segera Ford akan kembali menyapa para pecinta mobil Ford lagi,” ujar Marketing Senior Manager RMA Idonesia tersebut.

 
Namun sayangnya, lagi-lagi tidak ada keterangan resmi, kapan rencana tersebut akan direalisasikan oleh RMA Indonesia. Walau isu ini sebenarnya telah bergulir sejak tahun 2017 lalu.

 
RMA Indonesia patut diapresiasi karena tetap menjalankan layanan purna jual dan garansi mobil-mobil Ford di Indonesia, walau brand tersebut sudah 3 tahun tidak menjual produk baru lagi.

 
Namun secara nalar bisnis, tentu tidak adanya mobil baru yang dijual adalah berarti bisnis layanan perbaikan mobil tersebut akan terus menurun. Sehingga wajar RMA berniat membawa merek Ford untuk kembali menjual mobil-mobil terbarunya.

 
Ford sendiri punya basis pasar yang kuat di Indonesia, khususnya sektor mobil operasional lapangan double cabin. Mungkin volumenya memang tidak sesignifikan mobil penumpang. Namun unit mobil Ford ini tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, khususnya wilayah operasional perusahaan seperti pertambangan, perkebunan dan lainnya.

 
Kabar yang beredar, sektor mobil double cabin inilah yang akan menjadi model pertama kembali dijual di Indonesia, yaitu Ford All New Ranger.

 
Jika benar Ford akan kembali, kita boleh berharap lagi untuk memiliki mobil-mobil Ford yang terkenal tangguh, canggih dan fun to drive. Semoga mobil-mobil penumpang yang menawan seperti Ford Fiesta Hatchback, SUV Ford Escape dan Everest juga kembali hadir.

 
Pertanyaannya, apakah kondisi ini juga menjangkiti Chevrolet di Indonesia di masa mendatang? Jawabannya “Bisa jadi, sangat bisa!”

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar