Seberapa irit konsumsi bbm Wuling Almaz

Irit kah Konsumsi BBM Wuling Almaz? Ini Hasil Uji Full-to-full oleh Media

Berita SUV Wuling
CaruserMagz.com – Wuling Almaz, SUV mewah dari pabrikan asal China yang cukup heboh kehadirannya di Indonesia sedang naik daun. Penjualan Almaz meroket hingga mengalahkan pesaingnya di segmen Medium SUV seperti Honda CR-V, Mazda CX5, Hyundai Santa Fe dan lainnya. Namun dari sisi operasional, tentu kita ingin tahu, seberapa irit konsumsi BBM Wuling Almaz.

 
Wuling Almaz diberi mesin bensin 4-silinder berkapasitasĀ  1.500 cc dan didukung teknologi turbo Honeywell. Output tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 140 HP dan torsi 250 Nm, yang disalurkan melalui transmisi CVT.

 
Wuling Almaz cukup diminati konsumen Indonesia karena untuk level SUV mewah, harganya jauh lebih murah dibanding kompetitor, padahal fiturnya lebih berlimpah dan kualitas interior cukup wah.

 
Tapi apakah biaya operasional Wuling Almaz ini juga murah? Itu dapat kita ketahui dari seberapa irit konsumsi bahan bakar SUV cakep yang bertabur fitur mewah ini.

 
Untuk itu, salah satu media otomotif terkemuka, OtoDriver.com melakukan pengukuran konsumsi BBM Wuling Almaz dengan metode Full-to-Full, dengan menempuh rute Jakarta – Bandung melalu jalur Toll JORR, Cikampek dan Purbaleunyi.

 

Metode Pengujian

Metode Full to Full adalah dengan mengisi penuh tanki BBM, kemudian mobil dikendarai untuk jarak tertentu, lalu mengisi kembali BBM hingga penuh untuk mendapatkan jumlah BBM yang digunakan secara lebih akurat.

 
Sebenarnya mobil masa kini telah memberikan informasi mengenai konsumsi BBM pada MID-nya, namun informasi tersebut pada umumnya tidak begitu akurat mengingat banyaknya faktor yang mempengaruhi hasil pengukuran.

 
Pengujian yang dilakukan oleh media tersebut, tidak dengan teknik penghematan tertentu, tapi senatural mungkin sebagaimana pola berkendara sehari-hari pada setiap kondisi jalan, misalnya dengan tetap menyalakan AC sesuai kebutuhan dan dengan kecepatan sewajarnya antara 60-90 km/jam.

 

Hasil Pengujian Konsumsi BBM Wuling Almaz

Jarak yang ditempuh tim Media tersebut adalah 163 km dengan waktu tempuh sekitar 5 jam, dengan 2 kali istirahat. Artinya kecepatan rata-rata dari berbagai variasi kecepatan yang ditempuh adalah sekitar 40 km/jam.

 
Setelah kembali mengisi penuh bbm, didapatkan angka konsumsi BBM Wuling Almaz adalah sebesar 9,3 km/liter. BBM yang diperlukan untuk menempuh 163 km tersebut adalah sebanyak 17,5 liter.

 

Wuling Almaz Irit atau Boros?

Untuk ukuran Medium SUV 7-Seater, angka konsumsi BBM 9,3 km/liter adalah cukup hemat, mengingat itu adalah untuk kombinasi mode berkendara dengan kecepatan beragam. Apalagi mengingat bobot dan dimensi Wuling Almaz yang cukup bongsor.

 
Namun jika dibandingkan dengan kompetitornya seperti Honda CR-V atau HR-V, Wuling Almaz tergolong lebih boros. Karena Honda HR-VĀ  dan CR-V bisa mencapai angka hingga 15 km/liter untuk mode berkendara yang sama. Honda memang lebih advance dalam hal efisiensi bahan bakar, tidak hanya terhadap Wuling tapi juga jika dibandingkan dengan brand mainstream lainnya.

 
Namun itu adalah hasil pengujian salah satu media otomotif terkemuka saja. boleh jadi pengujian pihak lainnya memberikan hasil yang berbeda. Apalagi jika diuji pada kondisi jalan, cara berkendara dan kecepatan yang lebih konstan, tentu akan sangat berbeda.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar