Honda CR-V Facelift 2020 - Merah

Honda CR-V Facelift Meluncur di Filipina, Indonesia Kapan?

Berita Honda SUV

CaruserMagz.com  Setelah debut Asia di Thailand pada 13 Juli 2020 lalu, Honda Cars Philippines, Inc. menyusul peluncuran resmi Honda CR-V Facelift pada 22 Oktober 2020 secara virtual di akun resmi sosial media Honda Filipina, yaitu pada platform Facebook dan Youtube. Peluncuran tersebut mengusung tagline “Heroic Beauty CUV“.

Perubahan yang paling nampak pada Honda CR-V Facelift 2020 ini adalah revisi eksterior pada wajah depannya yang kini terlihat lebih tegas. versi anyar ini mudah dikenali dari bumper depan yang telah didesain ulang dengan aksen krom berbentuk busur panah senada dengan aksen krom pada bagian atas yang menghubungkan logo Honda dan kedua head-lamp. Sehingga seolah ada 2 bentuk busur panah pada wajah CR-V facelift ini. Selain itu, spoke velg terlihat baru dengan aksen kipas yang lebih ramping, lampu belakang yang diberi warna gelap, juga bumper belakang yang direvisi.

Honda CR-V Facelift dengan Wajah Baru
Honda CR-V Facelift dengan Wajah Baru

Honda CR-V Facelift versi Filipina ini telah mengusung sejumlah fitur canggih yang tergabung dalam paket “Honda Sensing” yang berbasis sensor, seperti adaptive cruise control, lane departure warning, lane keeping assist, collision mitigation braking system dan sebagainya. Fitur baru lainnya ada Hands-Free Access Power Tailgate yang bisa membuka bagasi dengan bantuan sensor ayunan kaki di bawah bumper.

Baca juga: Honda CR-V akan Jadi Mobil Teririt di Dunia

Fitur-fitur canggih lainnya masih dipertahankan seperti Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Anti-Lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake-force Distribution (EBD), Emergency Stop Signal, dan Multi-View Rear Camera, Panoramic Sunroof, Auto Rain Sensing Wipers, Adjustable Driver Seat with 4-way Power Lumbar Support.

Di Filipina Honda CR-V Facelift ditawarkan dengan dua pilihan mesin. Pertama mesin 1.6 liter DOHC i-DTEC Turbo Diesel yang dilengkapi dengan transmisi otomatis 9-percepatan. Mesin ini menghasilkan tenaga 118 hp pada 4.000 rpm, dan torsi puncak 300 Nm pada 2.000 rpm. Pilihan kedua adalah mesin bensin 2.0-liter SOHC i-VTEC yang dipadukan dengan transmisi CVT yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 152 hp pada 6.500 rpm dan torsi puncak 189 Nm pada 4.300 rpm.

Honda CR-V Facelift 2020 - Tampak Belakang
Honda CR-V Facelift 2020 – Tampak Belakang

Pertanyaannya adalah kapan Honda CR-V Facelift ini akan mengaspal di Indonesia? Terkait hal itu, sudah ada pernyataan dari petinggi PT Honda Prospect Motor (HPM) yang disampaikan pada 23 Oktober lalu. Pernyataan itu setidaknya bisa menjawab kemungkinan kapan peluncuran Honda CR-V facelift di Indonesia.

Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales-Marketing Director PT HPM menyatakan bahwa Honda merilis sebuah model dengan mengikuti permintaan dan kondisi pasar. Sedangkan kondisi pasar sedang terpuruk karena efek dari pandemi Covid-19. Pihak HPM telah menyatakan tidak akan meluncurkan model baru selama kondisi pasar belum stabil. Jadi setidaknya hingga akhir 2020, tidak akan ada model baru mobil Honda yang diluncurkan. Penurunan angka penjualan Honda sepanjang 2020 yang hampir menyentuh 50% dari kondisi normal, membuat Honda menunda peluncuran model barunya.

Itu artinya, kemungkinan peluncuran CR-V Facelift versi Indonesia tidak akan terjadi pada tahun 2020 ini. Bisa jadi dalam tahun depan, itu pun jika kondisi pasar otomotif mulai membaik. Jadi bagi teman-teman yang berencana membeli Honda CR-V, maka sebaiknya bersabar lebih lama jika menginginkan versi penyegaran tersebut, atau mencukupkan diri dengan model yang telah ada.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar