BLOG INI DIJUAL (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Suzuki Grand Vitara 2022 Generasi Baru Diluncurkan, Lawan Hyundai Creta dan Honda HR-V

Suzuki Grand Vitara - Front

Share

CaruserMagz.com – Suzuki dan Toyota berkolaborasi di India dalam membangun compact SUV, kedua merek Jepang tersebut membuat SUV kembar berbasis platform dan desain Suzuki, dimana versi Toyota merupakan model baru bernama Toyota Hyryder dan versi Suzuki-nya merupakan Grand Vitara 2022 generasi baru.

Sebelumnya, Vitara bernama Vitara Brezza di India. Kemudian untuk menggarap segmen pasar berbeda, nama itu dipisah menjadi 2 mobil yang berbeda, yaitu Suzuki Brezza dan Grand Vitara.

Brezza adalah model sub-compact SUV berdimensi kurang dari 4-meter untuk melawan Kia Sonet, Nissan Magnite dan Hyundai Venue. Sedangkan Suzuki Grand Vitara adalah Compact SUV yang akan bersaing dengan Hyundai Creta dan KIA Seltos di India.

Jika masuk ke Indonesia, Suzuki Grand Vitara akan menjadi rival bagi Honda HR-V, Kia Seltos dan Hyundai Creta. Sementara Toyota belum punya jagoan di segmen ini untuk pasar Indonesia.

Suzuki Grand Vitara - Tampak Depan
Suzuki Grand Vitara – Tampak Depan

Mobil kembar tersebut dibangun dengan platform C-Global Suzuki, dengan pilihan powertrain mild-hybrid dari teknologi Suzuki dan full-hybrid dari teknologi Toyota.

Grand Vitara mild-hybrid dibekali mesin 1.500 cc 4-silinder bertenaga 103 PS dan torsi 138 Nm, yang menyalurkan tenaga ke roda depan melalui transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

Sementara dengan dapurpacu berteknologi full hybrid milik Toyota, Grand Vitara dibekali mesin 1.500 cc 4-silinder bertenaga 92 PS torsi 122 Nm, yang dikolaborasikan dengan motor listrik bertenaga 80 PS dan torsi 141 Nm.

Suzuki Grand Vitara - Rear Look
Suzuki Grand Vitara – Rear Look

Selling-points dari segmen Compact SUV ini adalah pada fitur-fitur canggih. Untuk itu, Grand Vitara 2022 dibekali instrument-cluster digital MID 7-inci, panoramic sunroof, wireless charging, ventilated seats, head up display, paddle shifter, serta cruise control untuk varian tertingginya.

Dari segi desain, Grand Vitara terlihat lebih simpel dibanding Toyota Hyryder. Meskipun terlihat berbentuk keseluruhan sama, tapi detail desain Vitara ini lebih terlihat gagah dan kharismatik berkat konsep simplicity-nya.

Beda Suzuki Grand Vitara vs Toyota Hyryder
Beda Suzuki Grand Vitara vs Toyota Hyryder

Desain grill depan, bumper dan lampu belakang Grand Vitara 2022 ini terlihat lebih tegas dibanding Hyryder yang terlihat lebih rumit. Tapi pada dasarnya kembaran ini analogis dengan Avanza-Xenia di Indonesia.

Di kabin, desain khas Suzuki lebih dominan karena basis mobil ini adalah model Suzuki. Apalagi karena mobil ini dijual di India, dimana Suzuki menjadi merek mainstream.

Dashboard Compact SUV Maruti
Dashboard Suzuki Grand Vitara 2022

Dashboard, lingkar kemudi, head unit serta konsol tengahnya identik dengan Suzuki Brezza yang telah lebih dulu diluncurkan.

Pastinya, berbagai fitur kekinian di interior telah disematkan untuk membuatnya layak bersaing dengan Hyundai Creta. Interior Grand Vitara ini terlihat mewah dengan balutan bahan soft-touch yang dominan.

Dashboard Suzuki Grand Vitara 2022
Dashboard Suzuki Grand Vitara 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)