Harapan untuk Mitsubishi Xpander Masa Depan versi Facelift atau Next-Gen

CaruserMagz.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa Mitsubishi Xpander adalah MPV yang fenomenal sejak kehadirannya di tahun 2017 hingga 2018. Mitsubishi menyuguhkan standar baru pada kelas low MPV di Indonesia dalam hal desain, fitur, build quality dan kenyamanan. Alhasil, konsumen Indonesia langsung menyerbu mobil ini dengan antrean inden yang kian panjang.

 
Kami pun mengakui bahwa Mitsubishi Xpander adalah MPV paling menggoda saat ini. Hal itu lebih karena faktor desain eksterior yang sangat atraktif, keluar dari mainstream alias unik dan bernuansa gagah SUV.

 
Namun kami merasa masih ada yang kurang dari Xpander, sehingga jika punya uang untuk membeli mobil ini, kami masih berfikir maju-mundur, jadi atau tidak untuk membeli mobil ini. Masih ada hal-hal tidak memenuhi harapan kami pada Xpander yang kami anggap cukup berpengaruh untuk memutuskan tidak membeli mobil ini.

 
Untuk itu, kami ingin mencurahkan harapan kami pada PT Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia (MMKSI) untuk membuat Xpander masa depan yang memenuhi ekspektasi kami. Semoga saja artikel ini dibaca oleh petinggi MMKSI, lalu mereka pertimbangkan untuk mengaplikasikan saran kami pada Xpander facelift atau generasi selanjutnya.

 
Berikut hal-hal yang kami harapkan pada Mitsubishi Xpander masa depan.

Xpander versi Low SUV

Pada awalnya kami mengira Mitsubishi XM-Concept yang merupakan versi konsep dari Xpander akan menjadi cikal bakal lawan bagi Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Namun pada kenyataannya Xpander adalah lawan dari Avanza dan Xenia dalam hal segmen.

 
Dari sisi harga dan tampilan eksterior, memang tipe termahal Xpander sudah bertarung dengan segmen low SUV. Namun masih terasa tanggung, karena dibanding Rush generasi baru, Xpander masih terlalu MPV. Alangkah bagusnya jika MMKSI membuat versi cross dari Xpander sehingga benar-benar head-to-head dengan Rush dan Terios.

 
Xpander SUV tersebut kami harapkan memiliki hal-hal berikut sehingga jadi lebih macho:

Velg dan ban yang lebih besar – Sehingga terlihat gagah layaknya versi konsep digital yang garang itu.
Desain spoke velg yang lebih berani
– seperti milik Fortuner TRD Sportivo terbaru, atau Swift Sport di India.
Over fender hitam – pada fender di keempat rodanya, sehingga lebih kental bernuansa SUV.
Side Skirt dan underguard hitam – sehingga memberi tampilan yang lebih garang.
Roof rail elegan – seperti pada Mitsubishi Pajero Sport.

 

Tenaga yang lebih Besar

Akan lebih nikmat dikendarai jika tenaga Xpander terasa lebih besar, paling tidak hingga 120 hp atau jika perlu 150 hp. Rasanya kurang begitu berbeda dengan MPV pada umumnya jika hanya 104 hp seperti sekarang. Masih kalah jauh dari Honda BRV atau KIA Rio Turbo.

 

Warna Interior Hitam untuk Semua Tipe

Sangat disayangkan Mitsubishi membuat Xpander dengan interior berwarna full hitam hanya untuk tipe Sport. Sedangkan selainnya termasuk tipe Ultimate sebagai tipe tertinggi dengan fitur terlengkap, berinterior cerah beige.

 
Kami pernah melihat unit Xpander yang khusus untuk display dipajang di Mall of Indonesia (MOI) Kelapa Gading. Menyedihkan karena interionya terlihat kumal penuh noda bercak khususnya pada kursi dan doortrim. Sehingga maaf, unit itu terlihat jorok dan tidak menyenangkan mata.

 
Hal itu terjadi karena warna interior yang cerah, sehingga memerlukan perawatan khusus yang akan lebih menyita waktu dan biaya pemiliknya jika ingin mobilnya ingin selalu bersih dan terlihat menarik. Sedangkan mobil dengan interior hitam, akan terlihat lebih elegan dan tidak mudah terlihat kotor.

 
Semoga di masa depan, PT MMKSI membuat xpander dengan interior full hitam atau berwarna lebih gelap untuk semua tipe. Atau menyediakan 2 pilihan warna interior untuk semua tipe.

 

Desain Dashboard lebih Atraktif

Terus terang kami cukup kecewa dengan desain dashboard Mitsubishi Xpander. Menurut kami dashboard tersebut tidak cocok dengan eksteriornya yang atraktif. Dashboard Xpander terlihat datar dan kurang bernuansa modern.

 

Mitsubishi Xpander Iinterior Dashboard
Iinterior Dashboard Mitsubishi Xpander

Apalagi dengan lingkar setir yang sama persis dengan milik small hatchback Mitsubishi Mirage membuat Xpander jadi kurang unik. Padahal bagi pemilik mobil, hal yang akan lebih banyak mereka nikmati adalah interior mobil ketimbang eksterior.

 
Seandainya dashboard Xpander seatraktif milik Mazda CX5, Hyundai Santa-Fe atau KIA All New Rio 2017, kami rasa Xpander akan jadi sempurna.

 
Baca juga: Ide Modifikasi Xpander, Kembalikan Nuansa XM-Concept yang Gagah

 
Itulah harapan kami untuk Xpander di masa depan. Semoga ada yang terwujud pada Xpander facelift di tahun-tahun kedepan atau sebagai varian baru dari Xpander, atau menjadi Next-Generation Xpander atau All New Xpander. Ini hanya curahan pendapat kami, jika sobat pembaca setuju atau tidak setuju, silahkan ceritakan di kolom komentar akrtikel ini.

Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar