Fitur Penting Mobil yang sering tidak Ada pada Mobil di Indonesia

CaruserMagz.com – Mobil di masa kini telah banyak dijejali fitur-fitur yang mendukung keselamatan berkendara, kenyamanan dan kepraktisan. Beberapa diantaranya, khususnya yang terkait dengan keselamatan, adalah penting bahkan wajib ada pada mobil, namun sayangnya tidak semua fitur penting itu menjadi standar pada mobil di Indonesia.

 
Akibatnya pada mobil-mobil murah atau varian rendah di Indonesia, fitur-fitur penting yang seharusnya ada ditiadakan oleh pabrikan mobil untuk meminimalisir biaya produksi, sehingga mobil tersebut bisa dijual dengan harga murah.

 
Bahkan terkadang mobil yang tidak murah pun tidak dilengkapi fitur-fitur penting yang sering dianggap remeh keberadaannya. Padahal fungsinya sangat penting bagi pengendara dan keselamatan penumpang.

 
Berikut daftar fitur penting pada mobil yang sering tidak ada pada mobil-mobil di Indonesia:

 

1. Fitur-fitur Door Lock

 
Fitur keselamatan dasar pada mobil adalah hal yang penting, Auto Door Lock, Child Door Lock dan Central Lock adalah beberapa di antaranya.

 
Child Door Lock adalah tuas kunci di pintu kabin penumpang yang apabila diaktifkan akan membuat pintu tidak bisa dibuka dari dalam dan bisa dibuka dari luar. Fungsinya adalah agar penumpang anak-anak yang aktif tidak membuka pintu saat mobil sedang dalam kondisi berjalan.

 
Auto Door Lock berfungsi mengunci pintu mobil secara otomatis pada kondisi tertentu, misalnya saat mobil telah berlari dengan kecepatan di atas 10 km/jam, atau beberapa menit setelah mobil dihidupkan. Sedangkan fitur Central Lock adalah agar semua pintu mobil bisa dikunci dari kabin pengemudi.

 
Sayangnya tidak sedikit mobil yang tidak dilengkapi salah satu atau semua dari fitur tersebut, khususnya mobil-mobil murah atau kasta terendah, bahkan diantaranya bukanlah mobil murah.

 
Bisa dibayangkan jika mobil sudah berlari di kecepatan tinggi, tapi pengemudi lupa mengunci semua pintu sementara tidak ada fitur auto lock, atau bahkan tidak ada fitur central lock, sehingga pintu bisa dibuka oleh penumpang anak-anak. Kemungkinan hal yang tidak diinginkan sangat besar terjadi, apalagi jika penumpang adalah balita yang aktif.

 

2. Airbag

 
Airbag atau kantung udara adakah fitur keselamatan yang sangat penting, khususnya dalam kondisi terburuk terjadi kecelakaan. Sangat aneh sebenarnya jika Pemerintah masih mengizinkan mobil dibuat dan dipasarkan tanpa fitur ini.

 
Menurut kami harusnya pemerintah memberlakukan standar keselamatan yang tinggi agar dipatuhi produsen mobil. Airbag seharusnya sudah menjadi fitur wajib yang tidak boleh tidak ada pada mobil.

 

3. Wiper Belakang

 
Pembersih kaca atau wiper di kaca belakang masih sering ditinggalkan oleh produsen mobil di Indonesia pada mobil-mobil murah atau mobil varian terendah.

 
Padahal fitur tersebut bukanlah penyedap pandangan mata belaka, melainkan punya fungsi safety karena memperjelas visibilitas ke belakang mobil saat berkendara di kondisi hujan.

 

4. Fog Lamp

 
Juga terkait visibilitas, lampu kabut atau fog lamp merupakan fitur yang penting. Karena dalam kondisi hujan atau berkabut, daya lihat pengemudi pada jalan sangat penting untuk keselamatan berkendara, apalagi untuk kondisi jalan di pelosok Indonesia yang banyak berlubang.

 
Sayangnya fitur ini juga masih sering disunat oleh produsen mobil untuk mengurangi biaya produksi demi harga jual yang bersaing di segmen mobil murah. Anehnya sangat banyak mobil varian rendah pada mobil-mobil terlaris tidak memiliki fog lamp.

 

5. Sensor Parkir

 
Sensor parkir juga banyak tidak disediakan produsen mobil sebagai fitur wajib. Padahal fungsinya cukup penting bagi keutuhan body mobil bagian belakang. Tidak sedikit kita temukan mobil dengan bagian bokong yang penyok karena saat parkir mundur pengemudi tidak mendapat warning bahwa mobilnya akan menabrak tembok atau benda keras lainnya.

 

6. Power Window Auto Up-Down

 

Fitur auto up dan auto down pada kaca sisi pengemudi juga sangat penting, karena akan membantu pengemudi untuk segera fokus ke lingkar kemudi dan jalan setelah membuka atau menutup kaca.

 
Namun hampir semua mobil murah tidak dilengkapi fitur ini, atau bahkan masih ada mobil tanpa fitur power window, sehingga pengemudi tidak bisa mengontrol penumpang di belakang terkait buka-tutup kaca pintu.

 

7. Immobilizer

 
Immobilizer adalah fitur anti maling pada kunci kontak, sehingga mesin tidak dapat dihidupkan tanpa kunci aslinya. Fitur ini sangat penting pada wilayah yang rawan pencurian mobil. Sayangnya masih sedikit mobil murah yang dilengkapi fitur keamanan ini.

 

8. Cup Holder di Kabin Penumpang

 
Tidak sedikit mobil yang tidak dilengkapi tempat meletakkan botol minum di kabin baris kedua, khususnya mobil-mobil hatchback murah. Padahal kelengkapan kepraktisan tersebut cukup penting.

 
Bisa dibayangkan jika penumpang di kabin baris belakang harus memegang botol minumannya sepanjang perjalanan, itu terasa konyol bukan? Entah mengapa masih ada produsen mobil yang begitu pelit, hingga menyediakan cup holder di kabin belakang pun tidak mau.

 

9. Penutup Ban Serap

 
Pada mobil dengan posisi ban serap di bawah, kelengkapan penutup ban serap adalah penting. Karena tanpa itu, ban akan kontak dengan semua kotoran dari jalan seperti lumpur, debu, air dan lain sebagainya. Padalah semua itu akan dengan cepat merusak atau mengurangi kualitas karet ban.

 
Akan lebih baik jika ban serap disimpan di bagian dalam mobil, di bawah bagasi. Aau jika harus di luar, alangkah baiknya jika produsen mobil menyediakan penutup seperti yang ada pada Toyota Fortuner.

 
Baca juga:

 
Dapat dikatakan bahwa artikel ini seperti mengkritik produsen mobil murah di Indonesia. Kami rasa memang demikian, karena harga murah harusnya tetap tidak mengurangi fitur-fitur penting, khususnya yang berkaitan dengan keselamatan berkendara.

 
Saran kami, jika sobat akan membeli mobil dan masih memilih-milih mobil yang mana, maka sebaiknya pastikan fitur-fitur penting di atas tersedia. Kalaupun tidak tersedia, pastikan sobat punya budget untuk membeli fitur-fitur tersebut sebagai aftermarket.

 
Jika sobat punya pendapat berbeda atau menurut sobat masih ada fitur penting yang sering disunat pada mobil-mobil di Indonesia, jangan ragu untuk berbagi pada kolom komentar artikel ini. Terimakasih telah mengunjungi blog kami.

 
Salam Otomotif!

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar