AHM Berencana Luncurkan Motor Listrik Honda di 2024, Modelnya Tergantung Hasil Riset Pasar

Honda U-Go - Skuter Electric

CaruserMagz.com – PT Astra Honda Motor (AHM) melalui General Manager Corporate Communication, Ahmad Muhibbudin, mengaku sedang melakukan studi untuk motor listrik Honda dengan target peluncuran model pertama pada 2024.

Kita ikuti keinginan konsumen lalu kita pertimbangkan tingkat keekonomian-nya seperti apa. Masih sesuai jadwal di 2024, kita lihat nanti seperti apa, kalau sewa terus capek juga kan,” kata Ahmad Muhibbudin di kawasan Bogor, Jawa Barat, di acara test-ride belum lama ini.

Menurut Muhibbudin, PT AHM tidak ingin terburu-buru menjual motor electric ke masyarakat luas. Menurutnya hal itu memerlukan riset yang mendalam, agar tetap sesuai kebutuhan dan ekspektasi konsumen.

Sesuatu yang baru pastinya akan ada effort (usaha) lebih yang harus dilakukan, termasuk yang dilakukan oleh AHM. Kami berusaha menyelami lebih dalam lagi dari segi kebiasaan konsumen dan produk, seperti apa yang akan diterima di masyarakat,” sambung Muhibbudin.

Baca:  Kia Telluride Raih Penghargaan 2020 World Car of The Year, Inilah Mobil Terbaik Dunia

Pernyataan GM-CC PT AHM itu dibenarkan oleh Direktur Pemasaran, Thomas Wijaya, dalam pernyataannya di tempat terpisah.

Tentunya kami harapkan, tahun 2024 sudah bisa menemukan model yang cocok untuk masyarakat Indonesia termasuk model, performa, kemudian sisi penggunaannya. Tahun (2022) ini kami tetap lanjut sistem B2B untuk PCX listrik,” kata Thomas Wijaya.

PT AHM sebenarnya telah menjual sepeda motor listrik di Indonesia, yaitu PCX Electric sejak 2019. Namun tidak dijual untuk masyarakat umum, melainkan dipasarkan dengan sistem sewa khusus untuk badan usaha atau instansi.

Honda PCX Electric
Honda PCX Electric

Transformasi dari motor bermesin bakar internal ke powertrain listrik berbasis baterai tidaklah sederhana, karena menurut Muhibbudin, bukan hanya kebutuhan pasar yang harus dipertimbangkan, tapi juga banyak investasi yang harus disiapkan, seperti infrastruktur terkait jaringan layanan.

Baca:  Skuter Listrik Honda U-Go Meluncur Dengan Harga Rp 16 Jutaan

Pernyataan kedua petinggi AHM tersebut juga memberi gambaran bahwa bisa saja jadwal peluncuran motor electric pertama Honda mundur, karena 2024 hanyalah target. Pada akhirnya kondisi pasar lah yang menentukan, apakah masyarakat Indonesia sudah menginginkan sepeda motor listrik atau belum.

Mengenai model motor listrik Honda yang pertama kali akan dihadirkan, AHM masih belum memberikan bocoran seperti apa wujudnya.

Merujuk ke model-model motor electric Honda, beberapa model sudah diluncurkan di luar negeri, antara lain seperti Honda U-Go, EV Neo, CRF-E2, MS01, dan sebagainya.

Kemungkinan paling dekat untuk pasar Indonesia adalah Honda U-Go yang pertama kali diluncurkan di China pada Agustus 2021 lalu. Pasalnya, paten U-Go sudah didaftarkan di Pangkalan Data dan Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Skuter Listrik Honda U-Go di China
Skuter Listrik Honda U-Go di China

Perlindungan paten dan gambar Honda U-Go telah tercatat sejak 19 Agustus 2021 dan diumumkan pada tanggal 22 Oktober 2021 dengan nomor permohonan A00202102364. Pemegang hak paten gambar desainnya adalah Honda Motor Co., Ltd. yang beralamat Tokyo, Jepang.

Baca:  Toyota Avanza Transmover Diluncurkan November 2016, Low MPV Termurah

Honda U-Go adalah skuter listrik minimalis berkonsep retro modern yang dibekali baterai Lithium ion 48V 30Ah dan motor listrik berdaya 1.2 kW.

U-Go disediakan dalam dua varian terkait jarak tempuhnya. Varian bawah hanya mampu menempuh jarak hingga 65 km. Sedangkan varian yang lebih tinggi dibekali dua baterai sekaligus dan dapat menempuh hingga 133 km.

Di China, Honda U-Go dijual dengan harga 7.499 Yuan atau sekitar harga Rp 16,4 jutaan. Itu adalah harga yang optimum untuk sepeda motor, karena skutik ICE Honda termurah sekarang berbanderol Rp 17 jutaan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *