Eksterior Honda Mobilio 2016 Facelift. Perubahan, Aksesoris dan Harga

CaruserMagz.com – Setelah kita ketahui detail perubahan interior honda mobilio facelift 2016 pada artikel kami sebelumnya, kali ini kita akan melihat apa saja perubahan yang membedakan mobilio 2016 ini dengan generasi 2014-2015.

 
Sebagaimana telah banyak diberitakan bahwa perubahan eksterior honda mobilio facelift 2016 ini merupakan perubahan minor saja.

 
Apa yang dilakukan Honda pada Mobilio merupakan kebalikan dari perlakuan Suzuki pada Ertiga. Dimana facelift Ertiga menjadi Ertiga Dreza merubah eksterior cukup signifikan dan membiarkan interior seperti generasi sebelumnya.

 
Tidak banyak perubahan pada eksterior mobilio facelift 2016 ini. Dari bentuk keseluruhan, dimensi, bentuk wajah, penampakan bagian belakang, garis-garis pada body samping, semuanya sama dengan versi sebelumnya.

 
Mugkin Honda menganggap design eksterior ini masih sangat disukai konsumen mobil, khususnya di Asia. Jujur saja, kami harus mengakui bahwa eksterior mobilio memang lebih atraktif dibandingkan kompetitor-kompetitornya. Sehingga sangat disukai konsumen low MPV, khususnya orang-orang muda yang ingin tampil beda.

 
Perubahan minor tersebut dapat kami ulas dan visualisasikan sebagai berikut:

 

1. Design Rumahan Spion

 

spion mobilio 2016 facelift
spion mobilio 2016 facelift

Pada Honda Mobilio, rumah spion itu memang anyar, namun sebenarnya bukanlah design yang bebar-benar baru, karena sebenarnya spion ini mirip dengan milik Honda Jazz. Jadi memang Mobilio ini dinaikan kelasnya, dari mobil bernuansa murah menjadi lebih premium layaknya Honda Jazz dan BRV.

 
Dari bentuknya dan lampu sein yang lebih sipit membuat spion ini nampak lebih kekinian dibanding spion lama yang flat. Tapi sebenarnya dibanding kompetitornya spion lama itu pun masih lebih keren, apalagi diganti dengan milik Honda Jazz. Designer Honda cukup jeli memperhatikan hal-hal kecil. Good job Honda!

 

2. Velg Alloy yang Lebih Simpel

 

velg - alloy wheel mobilio 2016 vs mobilio 2014-2015
velg – alloy wheel mobilio 2016 vs mobilio 2014-2015

Bagaimana menurut Sobat? keren yang mana antara velg baru mobilio 2016 dan yang lama? ini tergantung selera masing-masing orang tentunya. Kami pribadi menilai design alloy wheel yang lama lebih sedap dipandang, apalagi dibuat berwarna two tone. Tapi mungkin Honda ingin membuat mobilio lebih elegan dengan design velg yang lebih simpel.

 
Dibanding velg mobilio tipe RS generasi pertama pada gambar di atas, menurut kami velg baru ini lebih bersahabat dengan mata orang yang melihatnya. Velg tipe RS yang lama terlalu ramai sehingga sedikit berlebihan. Tapi ini tergantung selera masing-masing orang, karena bisa saja menurut kita bagus, tapi menurut orang lain, itu design yang alay, atau sebaliknya.

 

3. Penambahan Garnish Chrom

 
Menu chrom sudah seperti wajib bagi mobil di zaman sekarang ya Sobat. Kurang lengkap dan kurang gaul kayanya kalau ada mobil baru tanpa aksen chrom yang bertaburan. sampai-sampai banyak mobil difacelift eksteriornya cuma nambahin chrom di sana-sini, termasuk low MPV andalan Honda ini.

 
Hal tersebut juga terlihat dengan maraknya aksesoris chrom yang laku keras, sehingga banyak sekali kita lihat di jalanan mobil yang banjir chrom di setiap lampu, bumper, grill, handel pintu, dan lain sebagainya.

 
Berikut penambahan chrom pada Honda Mobilio 2016:

 

>> Garnish Chrom di Sekitar Lampu Kabut (Fog Lamp)

 

Aksen Chrom pada Fog Lamp Mobilio 2016 Facelift
Aksen Chrom pada Fog Lamp Mobilio 2016 Facelift

Penambahan chrom pada pada Mobilio 2016 ini juga tidak banyak, karena memang wajah mobilio sudah bertabur chrom, khususnya pada tipe RS, jika terlalu banyak penambahan akan membuat mobil ini nampak berlebihan. Yang penting ada perubahan lah, agar ada perbedaan antara mobil baru dan mobil lama/bekas.

 

>> Garnish Chrom pada Bumper Belakang

 

Garnish chrom pada bumper mobilio 2016 facelift
Garnish chrom pada bumper mobilio 2016 facelift

Mungkin aksen chrom lebar pada pintu belakang mobilio tipe E dan RS dirasa kurang, sehingga ditambah pada bagian bumper. Ini penempatan garis chrom yang cukup berbeda dari mainstream yang biasanya di bagian atas nomor polisi. mungkin ini akan jadi tren baru, cukup elegan. Good job Honda!

 

4. Aksesoris

 
Selain tiga perubahan dan penambahan minor tersebut, Honda menyediakan aksesoris after-market bagi pemilik Mobilio yang ingin mempercantik mobilnya. misalnya bagi yang merasa kurang rame dengan chrom atau yang memerlukan kursi khusus untuk bayi dan lain sebagainya. Berikut Daftar dan harga aksesoris resmi Honda Mobilio:

 

Aksesoris Mobilio 2016 facelift
Aksesoris Mobilio 2016 facelift

Melihat daftar harga tersebut, cukup fantastis ya sobat. Untuk tambahan garnish chrom di grill saja sudah 1,2 juta rupiah, bahkan side-step-ilumni yang tidak nampak dari luar mobil saat pintu ditutup pun sudah di atas satu juta.

 
Belum lagi kursi khusus bayi itu, harganya bisa untuk membeli satu motor 125cc atau bahkan itu lebih besar dari jumlah Down Payment (DP) untuk membeli mobilio sendiri.

 
Inilah Honda, memang bukan pembuat mobil murah dan kita mesti menyadari bahwa Mobilio sudah naik kelas, bukan lagi Mobil murah. Walau banyak juga yang menyindir, rasa mobil murahnya masih ada, seperti istilah gerobak, kursi lcgc dan lain-lain.

 

Harga

 
Setelah mengetahui perubahan interior dan eksteriornya, tidak lengkap rasanya jika tidak ada informasi mengenai harga honda mobilio facelift 2016 ini. Berikut list harga resmi Honda Mobilio yang dirilis Honda.

 

Tipe 
Harga (Rupiah) 
  Mobilio S-MT 
180.500.000 
  Mobilio E-MT  
201.000.000 
  Mobilio E-CVT  (Matic) 
212.000.000
  Mobilio E-CVT Prestige 
219.500.000 
  Mobilio RS-MT  
224.000.000
  Mobilio RS-CVT (Matic) 
234.500.000 

 
Sebagai informasi, bagi sobat yang sudah ngebet pengen punya Honda Mobilio, list harga tersebut merupakan harga OTR di wilayah DKI Jakarta, sedangkan untuk harga di wilayah sobat yang berada di luar wilayah ibukota dan sekitarnya, maka tentunya akan ada peningkatan harga karena ada biaya transportasi. Apalagi jika berbeda pulau, Sobat harus menyiapkan budget 5 hingga 10 juta rupiah lagi.

 
Untuk Tipe RS kayanya nanggung ya Sob, karena dengan flatform yang sama, harga akan bersaingan dengan saudaranya sendiri, Honda BRV tipe S dan E, padahal tongkrongan BRV lebih keren, SUV gitu loh. Kebanyakan orang Indonesia kan lebih suka penampakan luar dibanding fitur yang canggih.

 

Kekurangan yang masih dikritik pada Honda Mobilio Facelift 2016

 
Sedikit mengulang penjelasan kami pada artikel sebelumnya mengenai komparasi interior mobilio facelift vs mobilio lawas, hal-hal berikut ini masih banyak dikritik oleh para pecinta otomotif, yaitu: 

 
Suspensi yang keras membuat penumpang kurang nyaman, sepertinya Honda lebih memilih kenikmatan mengemudi dibanding kelembutan bantingan suspensi. Kursi tipis yang belum dirubah dan sandaran kepala pada kursi depan yang tidak dapat diatur atau tidak adjustable.

 
Design doortrim yang masih nampak biasa-biasa saja, masih ada nuansa LCGC dan Design wajah Mobilio, khususnya headlamp yang kurang tajam sehingga masih membawa nuansa mobil-mobil sebelum tahun 2010.

 
Demikianlah ulasan mengenai honda mobilio facelift 2016. Semoga 3 artikel yang kami sajikan mulai dari pemberitaan rilisnya hingga perbandingan detail eksterior dan interiornya, dapat memuaskan kebutuhan informasi Sobat, khususnya bagi yang sudah tidak tahan ingin memboyong mobil low MPV andalan Honda ini, yang merupakan kompetitor dari Toyota Grand New Avanza dan Suzuki New Ertiga ini.

 
Salam Otomotif!

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar