Virus Zika Memaksa Tata Motor Mengganti Nama Hatchback Anyarnya Tata Zica

CaruserMagz.com – Hebohnya Keadaan Darurat Virus Zika “Zika Global Emergency” oleh Badan Kesehatan Dunia, WHO, ternyata tidak hanya mengguncang dunia kesehatan, tapi juga dunia otomotif. Pabrikan mobil asal India, Tata Motor memutuskan untuk mengganti mobil hatchback teranyarnya “Tata Zica” sehari setelah pengumuman dari WHO tersebut.

 
Tata belum mengumumkan apa nama pengganti untuk mobil barunya yang telah diluncurkan dan diiklankan secara masif tersebut. berdasarkan informasi resmi dari Tata Motor India, Nama baru tersebut akan diumumkan dalam beberapa minggu ke depan.

 
Keputusan penggantian nama ini cukup terlambat, sehingga hatchback anyar Tata ini masih harus memakai nama yang dianggap menakutkan tersebut pada peluncurannya pada ajang Indian Auto Expo, di New Delhi yang berlangsung Rabu, 3 Februari 2016.

 
Nama Zica pada awalnya dipilih untuk memberikan aura kegembiraan pada mobil kecil berkapasitas 5 penumpang ini. Zica merupakan singkatan dari “Zippy Car” yang artinya mobil yang menggairahkan atau menyemangatkan, zippy juga bisa berarti antusias.

 

Tata Zica Indian Auto Expo
Tata Zica Indian Auto Expo

Dalam pernyataan resminya, Tata Motor mengumumkan bahwa keputusan perubahan nama tersebut diambil sebagai bentuk simpati mendalam pada korban virus Zika yang telah tersebar di lebih dari 20 negara.

 

Promosi Besar-besaran

 
Tidak tanggung-tanggung, promosi yang dilakukan Tata Motor sebelum peluncuran resmi mini hatchback ini menggaet pemain sepak bola terbaik di dunia saat ini, Lionel Messi. Iklan di televisi India sudah berseliweran menampilkan aksi pemain andalan Club Bola FC Barcelona ini.

 

Virus Zika

 
“Zika Virus” Si mahluk molekuler antagonis ini terkenal seketika karena ledakan penyebarannya di wilayah amerika selatan akhir-akhir ini. WHO mengumumkan darurat global karena penyebaran virus ini sangat cepat. Virus ini ditularkan melalui nyamuk layaknya virus demam berdarah. karena cepatnya pertambahan populasi nyamuk dalam waktu singkat, memicu cepatnya pula peningkatan jumlah orang yg tertular. Satu ekor nyamuk betina, dapat bertelur dan menghasilkan hingga 150 ribu nyamuk betina lainnya dalam waktu kurang lebih seminggu.

 
Diperkirakan 4 juta orang di amerika akan tertular penyakit ini dalam waktu setahun ke depan. Semoga saja virus tersebut tidak menyeberang ke Indonesia, karena Indonesia memiliki spesies nyamuk yang sama dan wilayah tropis yang sangat mendukung penyebaran wabah tersebut.

 

Opini

 
Dalam strategi pemasaran semua kondisi dapat dijadikan dasar bagi sarana promosi. Menurut kami, kesamaan nama virus Zika dan mobil Zica bisa saja dijadikan bahan promosi bagi mobil baru tersebut. Apalagi Tata sudah mengeluarkan uang yang banyak untuk branding Tata Zica. Misalnya “Jika virus zika itu jahat, maka mobil Zica itu baik dan menyenangkan“. Ide gila buat iklannya, “orang dikejar kerumunan nyamuk yang mengandung virus zika, lalu orang tersebut masuk ke dalam kabin mobil Zica menjadi aman dan menikmati kenyamanan kabinnya”. Itu hanya ide Sobat, seandainya kami yang punya Tata Motor (hahaha).

 
Itu berita heboh dari negeri Sakhrukh Khan. Melihat tampang mobil Zica itu, lumayan cantik juga ya Sobat. Mungkin saja mobil itu akan dijual di Indonesia, mestinya akan lebih murah dari mobil Jepang. India sudah maju yah.. Sudah punya industri otomotif sendiri, baik roda dua maupun roda empat. Indonesia kapan nih akan mempunyai mobil sendiri? Esemka apa kabar Esemka Sobat??

 
Salam gigit jari! Salam Otomotif!

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

6 thoughts on “Virus Zika Memaksa Tata Motor Mengganti Nama Hatchback Anyarnya Tata Zica

  • February 4, 2016 at 5:36 pm
    Permalink

    sepintas mirip peugeot 206, artikel yg sangat menarik, senang berkunjung kesini

    Reply
  • February 4, 2016 at 5:39 pm
    Permalink

    terimakasih mas/mbak blog properti. salam kenal. subscribe website ini, like fanpage facebook kita, follow twitter kami dan ikuti kami di google+ yah.. hehehe..

    Reply
  • February 6, 2016 at 2:06 am
    Permalink

    ide agan boleh juga. cocok jadi produsen iklan… bikin rumah produksi aje gan… hehe

    Reply
  • February 6, 2016 at 2:07 am
    Permalink

    hahahaha…. esemka… salam gigit dua jari dah… tipuuuuuu!
    wiiiiiiiih keren boil indihai itu, kalo dari tampang, mirage march sama celerio lewat dah… sayangnya lum ada jaringan di indo. kalo udah kaya hyundai aje, mesti laku keras itu boil.

    Reply
  • February 6, 2016 at 2:17 am
    Permalink

    husssss.. dilarang ngompol dimari (ngomong politik).. nanti bau pesing (perdebatan sangat gak penting).. hahaha
    iya bro.. keren orang india, udah bisa bikin mobil yg bentuknya keren kaya gitu.

    Reply
  • February 6, 2016 at 2:19 am
    Permalink

    wkwkwk.. ide gilak.. gak penting banget tuh gw nulis itu.. bikin rumah gubuk aja broh..

    Reply

Tulis Komentar