Perbandingan Detail Honda Mobilio Facelift 2016 vs Mobilio Generasi Pertama 2014-2015

CaruserMagz.com – Menyambung pemberitaan kami sebelumnya mengenai Launching Honda Mobilio Facelift 2016, pada artikel ini kami ingin mengajak Sobat membahas dan melihat lebih detail perbedaan antara Honda Mobilio Facelift 2016 dengan Mobilio versi sebelumnya yang di produksi pada tahun 2014 dan 2015.
unit head dan AC digital honda mobilio facelift 2016
Perbedaan Interior Honda Mobilio 2014 vs Mobilio Facelift 2016
Pada artikel ini, kita akan membahas secara khusus tentang perbedaan interiornya saja agar artikel ini tidak terlalu panjang. Sedangkan untuk eksterior, Sobat bisa baca pada artikel kami selanjutnya, silahkan sobat klik link ini untuk perbedaan eksterior tersebut.
Sedikit mengulang informasi sebelumnya, facelift yang dilakukan Honda pada Mobilio ini menitik beratkan pada perubahan Interior, karena sangat banyak kritik yang cukup pedas mengenai interior Mobilio generasi pertama, oleh hampir semua reviewer, netizen dan pengguna Mobilio sendiri terkait kualitas dan design interior yang nampak murahan dan kurang bercitarasa kemewahan Mobil Honda pada umumnya.
Tanpa berpanjamg lebar lagi, mari kita simak perbedaan dan perbandingan Mobilio Facelift 2016 vs Mobilio versi lawas, sebagai berikut:

1. Perubahan Design Dashboard

Perbedaan Interior Honda Mobilio Facelift vs Mobilio Generasi Pertama
Perbedaan Interior Honda Mobilio Facelift vs Mobilio Generasi Pertama

Ini merupakan peningkatan yang sangat tepat dilakukan Honda, karena dashboard Mobilio pada versi generasi pertama banyak dinilai tidak serasi dengan eksterior Mobilio yang nampak kekinian dan tajam. Design dan kualitas material interior Mobilio sebelum facelift 2016 ini terlihat seperti mobil dari masa lalu, kesan plastik dan bentuk yang seadanya, seolah Honda hanya mengandalkan tampang eksterior saja.

Pada awal kemunculannya, saat melihat tampang luar Honda Mobilio, banyak orang yang langsung jatuh hati dan ingin meminangnya, namun kekaguman itu hilang ketika memasuki kabinnya yang kurang menarik dan sangat beraroma mobil murah bergelar LCGC. memang sulit mencari mobil yang sempurna sesuai keinginan kita, kalau boleh memesan mobil dengan menggabungkan kondisi dari berbagai merk, mungkin akan banyak orang memesan agar kualitas dan design interior Suzuki Ertiga dimasukkan ke dalam kabin Honda Mobilio.
Tapi itu masa lalu, kini Honda Mobilio 2016 sudah mempunyai dashboard yang lebih Honda dari versi sebelumnya. Sobat lihatlah perbandingan penampakan dasboard Mobilio pada gambar berikut:
Perbandingan Dashboard Honda Mobilio Facelift tipe GS vs Mobilio GS versi Lawas
Perbandingan Dashboard Honda Mobilio Facelift tipe RS vs Mobilio RS versi Lawas
Nuansa futuristik dan tajam khas Honda sudah dibenamkan pada kabin pengemudi Honda Mobilio facelift 2016, tampang dasboard jadul dan nampak murahan tersebut sudah disingkirkan. Dashboard Mobilio facelift ini dibuat sama persis dengan dashboard honda B-RV. Kualitas material sudah jauh lebih baik. Corak bernuansa carbon dan chrom menghiasi dashboard di hadapan penumpang kabin pertama. Design dengan pola membulat yang jadul pada exhaust dan panel AC bermodel kompor gas sudah dihilangkan.

Sayangnya pemilik Mobilio versi lawas harus gigit jari, karena dashboard baru ini didesign tidak compatible (cocok) dengan Mobilio lama tersebut dan Honda tidak memfasilitasi untuk penggantian dashboard. Jika Sobat ingin merasakan sensasi kemewahan dashboard baru tersebut, mudah saja, jual Mobilio lama sobat dan segera pesan Mobilio facelift 2016 ini. Bagi sobat yang berkantong tebal tentu ini bukan masalah, tapi nanggung, munkin bagusnya sekalian Sobat ganti Honda BRV yah.

2. Peningkatan pada Audio System

Perbedaan Audio system Honda Mobilio Facelift 2016 vs Mobilio Lawas
Perbedaan Audio system Honda Mobilio Facelift 2016 vs Mobilio Lawas

Jika pada versi sebelumnya, Mobilio Tipe S hanya diberi unit head single din, pada Mobilio facelift 2016 ini, sudah disamakan dengan tipe E manual dengan unit head double din yang tetap ber-merk JVC.

Perbedaan Unit Head Mobilio Tipe S, Sebelum dan Setelah Facelift 2016
Perbedaan Unit Head Mobilio Tipe S, Sebelum dan Setelah Facelift 2016

Sedangkan untuk tipe E Matic (CVT) dan tipe RS (Tertinggi), Mobilio Facelift 2016 sudah dilengkapi dengan unit head touchscreen dengan layar monitor 6.2 inci.

Audio Unit Head Mobilio Facelift 2016 Tipe E CVT dan GS - Touchscreen 6.2 inch Monitor
Audio Unit Head Mobilio Facelift 2016 Tipe E CVT dan RS – Touchscreen 6.2 inch Monitor
Peningkatan unit head pada Mobilio Facelift 2016 ini menunjukkan keseriusan Honda untuk menghilangkan image murahan pada interior Mobilio. Bahkan tipe terendah pun tidak lagi memakai audio system single din, yang merupakan standard mobil dengan tipe terendah pada umumnya.
Sayangnya pada tipe RS yang merupakan tipe tertinggi, tidak ada informasi dari Honda bahwa sudah ada fitur navigasi satelit seperti yang sudah ada pada unit head Ertiga Dreza. Padahal fitur tersebut sudah jamak ada pada mobil tipe tertinggi di zaman sekarang. Untungnya layar monitor tersebut sudah mendukung fitur kamera mundur yang sudah ada pada bokong Mobilio 2016 tipe RS.

3. Pengaturan AC Digital (Digital Climate Control)

Panel AC pada Honda Mobilio tipe lawas terkesan sangat tidak cocok dengan nama besar Honda yang biasa membuat mobil-mobil mewah. Climate Control tersebut seolah dibuat yang penting ada dengan model kompor gas dan design yang tidak sedap dipandang, sebagaimana mobil LCGC yang mementingkan fungsionalitas dari pada kepuasan mata pemilik mobil ini.
Perbedaan Panel AC Honda Mobilio 2014 vs Mobilio Facelift 2016
Perbedaan Panel AC Honda Mobilio 2014 vs Mobilio Facelift 2016
Perbedaan panel kontrol AC ini sangat merubah citarasa kemewahan dashboard Honda Mobilio, baik dari bentuk design, teknologi dan materialnya. Pada versi sebelumnya, karena memang Mobilio disamakan dengan Honda Brio yang merupakan LCGC keluaran Honda, maka citarasa bahan plastik yang kasar dan seadanya sangat terasa. Sayangnya Sobat pemilik Honda Mobilio generasi pertama tidak dapat mengganti panel AC-nya dengan climate control terbaru ala Honda BRV ini.

4. AC Double Blower untuk Tipe S

AC Double Blower pada Mobilio Facelift 2016 Tipe S
Pada Mobilio versi sebelumnya, tipe S hanya diberikan exhaust AC di kabin bagian depan, alias single blower. Honda Mobilio tipe S pada facelift 2016 ini tidak lagi berasa tipe paling murah dengan AC double blower dan fitur yang semakin lengkap.

5. Perbedaan Design Display Cluster (Instrumen di Balik Setir)

Perbedaan Meter Cluster Honda Mobilio 2014 vs Mobilio Facelift 2016
Perbedaan Meter Cluster Honda Mobilio 2014 vs Mobilio Facelift 2016
Penampakan instrumen di balik kemudi Honda Mobilio Facelift 2016 dibuat lebih simpel dari versi sebelumnya, sehingga lebih bersahabat dengan mata pengemudi, apalagi dengan tambahan LED pada lingkar speedometer, tachometer dan fuel indicator. Sayangnya clustermeter baru ini tidak dibuat seperti milik Honda Jazz terbaru yang merupakan design basis dari dashboard Mobilio Facelift 2016 ini, yang bisa membuat Mobilio menjadi benar-benar mewah.

6. Power windows Auto-up

Power Window control Honda Mobilio
Perbaikan pada power windows juga dilakukan oleh Honda pada Mobilio Facelift 2016, dimana sebelumnya power windowsnya belum auto-up. Kini penumpang Mobilio cukup menekan sekali tombol up power windows, dan kaca Mobilio akan menutup sendiri hingga sempurna.

Hal-hal yang masih dikritik oleh Pecinta Otomotif pada Honda Mobilio Facelift 2016

Itulah perubahan-perubahan pada Honda Mobilio Facelift 2016 yang membuatnya berbeda dari versi sebelumnya produksi tahun 2014-2015. Peningkatan-peningkatan tersebut cukup tepat dilakukan Honda dan membuat Honda Mobilio mendekati sempurna. Namun demikian, perbaikan tersebut belum membuat puas pecinta otomotif. Dari komentar para netizen di media-media online, banyak yang masih mencibir beberapa hal yang menurut mereka belum dibenahi. Dari penelusuran kami pada komentar-komentar netizen di media-media online dan media sosial, berikut hal-hal yang masih dikritisi oleh para netizen pecinta otomotif:
  1. Kursi yang masih tipis dan bahannya yang kurang halus.
  2. Head rest kursi depan yang tidak dapat diatur (tidak adjustable).
  3. Design doortrim yang masih nampak biasa-biasa saja, masih bernuansa LCGC.
  4. Design wajah Mobilio, khususnya headlamp yang masih membawa aura mobil-mobil sebelum tahun 2010.
Demikianlah review yang dapat kami suguhkan pada Sobat pecinta otomotif mengenai perbedaan dan perbandingan Interior Honda Mobilio Facelift 2016 dengan Mobilio versi sebelumnya. Semoga Informasi ini berguna bagi Sobat, khususnya bagi yang ingin membeli Honda Mobilio. Sebagai catatan bagi Sobat, kami berusaha seobjektif mungkin dalam review ini, karena kami tidak terafiliasi dan tidak dibayar oleh merk Mobil tertentu.
Untuk mengetahui perbedaan dan perbandingan penampakan luar dari Honda Mobilio Facelift ini dengan versi sebelumnya, silahkan Sobat baca pada artikel kami berikut ini: Perbedaan Eksterior Honda Mobilio Facelift 2016.
Jika Sobat tertarik, juga bisa membaca artikel kami tentang kompetitor Honda Mobilio berikut ini:
Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

30 thoughts on “Perbandingan Detail Honda Mobilio Facelift 2016 vs Mobilio Generasi Pertama 2014-2015

  • February 3, 2016 at 3:25 am
    Permalink

    Duit bisa dicari mas. yang penting optimis. belum bisa beli baru, beli yang bekas.. hehe

    Reply
  • February 3, 2016 at 11:45 pm
    Permalink

    Keren, cuma mimpi aja kali punya mobil yg begitu

    Reply
  • February 6, 2016 at 2:07 am
    Permalink

    makanya bangun dari mimpi, trus kerja keras bro. klo cuma mimpi ya gk dapet dapet dong yah

    Reply
  • March 17, 2016 at 7:32 am
    Permalink

    SAYA DULU SAYA JUGA CUMA BISA BERMIMPI UTK BELI MOBIL BARU…ALHAMDULILLAH SAYA MASIH BISA DI KASIH MIMPI…KARENA MIMPI SYA JADI SEMANGAT KERJA DAN KERJA..INSHAA ALLAH BULAN MAY 2016, MOBIL BARU SAYA AKAN DATANG..JADI JANGAN TAKUT UNTUK BERMIMPI PLUS PLUS (MIMPI DAN BEKERJA)

    Reply
  • March 17, 2016 at 7:37 am
    Permalink

    Benar mas Ayesha. Jangan takut untuk bermimpi.. karena rezeki sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Jadikan mimpi sebagai pemacu untuk bekerja keras. jika mimpi sudah ada, ikhtiar sudah banyak.. itu hanya masalah waktu, cepat atau lambat akan tercapai. Saya memulai blog ini saat belum punya mobil, ALHAMDULILLAH sekarang sudah ada.. hehe. karena Allah akan menyepadankan rezeki kita dengan kapasitas kita. Salam optimis!!!

    Reply
  • March 22, 2016 at 3:48 pm
    Permalink

    BISA GAK DI ANSUR SAYA DI AREA SULAWESI, SOALX AMBIL MOBIL DI JAWA ANSURAN LEBIH RINGAN, MHN INFO TQ

    Reply
  • March 22, 2016 at 3:55 pm
    Permalink

    Sebelumnya kami mohon maaf bang Iswan. Untuk info komersial kami tidak mempunyai cukup kapabilitas untuk menjawab pertanyaan abang. Karena blog ini tidak terafiliasi dengan merk mobil tertentu, melainkan memberikan informasi yang bersifat umum saja. Untuk info komersial, sebaiknya bang iswan bertanya ke dealer Honda terdekat, atau bisa mengunjungi website ATPM dari Honda, kemudian menghubungi mereka melalui laman kontak. Terimakasih

    Reply
  • March 27, 2016 at 12:31 pm
    Permalink

    every success is started by a dream. Don't hesitate to have a great dream my friends!

    Reply
  • May 4, 2016 at 10:51 pm
    Permalink

    Saya baru beli mobilio yg facelift yg bikin gk sabar pgn ganti jok nya yg maap gk selera liatnya ya setidaknya di sarungin soalnya yg tipe rs joknya di balut kain yg kasar tp alhamdulilah pas beli diskon 23 jt sesuatu bgt.

    Reply
  • May 4, 2016 at 11:05 pm
    Permalink

    Selamat menikmati mobil barunya mbak feny. semoga yang lain juga bisa beli mobil idamannya.

    Reply
  • May 8, 2016 at 10:25 am
    Permalink

    Mbak Feny, Mobilio facelift-nya dapet discount 23 juta. Mau dong diinfokan ambil di dealer mana dan sama sales siapa ?

    Reply
  • May 20, 2016 at 4:37 pm
    Permalink

    Wah sayang bget yg model lama ga bisa UP ke model facelift..
    Pgen bget UP Mobilio RS gw, biar makin sedap.

    Reply
  • May 20, 2016 at 4:38 pm
    Permalink

    tuker tambah aja mas restu.. pasti bisa.. hehehe. atau sekalian ganti BRV, lebih macho..

    Reply
  • July 27, 2016 at 6:35 am
    Permalink

    bagus doanya gini mas taufik, moga bisa beli mobil cash.. masih berlebih buat bikin rumah 2 lantai, beli Tanah 5 hektar dan naik haji 2 kali.. ahahahahaaa..

    Reply
  • August 18, 2016 at 6:39 am
    Permalink

    Tergiur Mobilio karena 1:20 nya .. mau ambil yg type s/e tpfiturnya tp pertimbangan fiturnya yg terlalu sederhana untuk yg manual.. akhirnya saya sudah proses untuk ambil Mobilio type rs.. tapi masih bimbang juga karena angsuran tiap bulannya cukup berat.. tp karena kami berdua istri (join income) .. dia terus ngeyakinin kalau kita bisa.. minta doanya yh bp/ ibu :') semoga sampai lunas tidak ada hambatan apapun.. n semoga untuk bp/ibu yg mimpi ingin punya mobil semoga cepat terlaksana aminn :')

    Reply
  • August 18, 2016 at 6:43 am
    Permalink

    kalo terasa berat angsurannya, bersabar barang setengah tahun lagi gan. dengan DP yang lebih besar, tentunya cicilannya akan jauh lebih terjangkau.
    Mobil Honda lebih ke arah prestise gan, bukan buat hemat-hematan. Bahan bakar boleh hemat, tapi spare part, aksesoris dan biaya service-nya mahal sekali.

    Reply
  • August 21, 2016 at 3:39 pm
    Permalink

    setuju mba Nina Darusman awalnya mimpi trus kerja keras..pasti bisa
    jika dirinya aza ga yakin apa lagi orang lain…

    Reply
  • September 7, 2016 at 3:10 am
    Permalink

    untuk yg type E cvt prestige sdh ada camera parkir belom ya??

    Reply
  • September 15, 2016 at 9:09 am
    Permalink

    Hari ini saya baru spk mobilio facelift type E cvt

    Sangat lama saya membandingan avanza, xenia, ertiga dan mobilio
    Saya tanya kesana kemari
    Dan melihat di google saling menjatuhkan satu sama lain.
    Setelah saya mengumpulkan informasi yang saya terima dan test drive langsung 4 kendaraan tersebut.
    Akhirnya saya memilih mobilio

    Ya mudah2an pilihan saya tidak menyesal dan terima resiko.
    Karna saya berfikir saya lah yg mengambil keputusan bukan orang lain.

    Note:
    Jadilah diri anda sendiri utk membeli mobil dan carilah informasi sebanyak-banyaknya dan test drive semua kendaraan yg anda mau sesuai budget anda.

    Terima kasih semoga ini bisa masukan buat anda

    Reply
  • September 15, 2016 at 9:12 am
    Permalink

    Kalo Honda, resikonya biaya service, harga sparepart dan aksesoris yang bikin kantong nangis (kalo isi kantongnya pas-pasan). tapi kalo orang berduit itu bukanlah masalah.. selamat atas mobil barunya Mas Irfan, semoga enjoy dan tidak ada masalah..

    Reply
  • October 18, 2016 at 1:01 am
    Permalink

    Next month meluncur ke dealer, langsung angkut.. 😁😁🚗

    Reply
  • September 9, 2017 at 6:04 am
    Permalink

    Mobilio RS saya suka, saya suka. tapi lebih suka Jazz RS. pengen ganti tapi belum cukup isi kantong

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *