Diterpa Isu Bangkrut, Kia Mobil Indonesia Pastikan Masih Eksis

CaruserMagz.com – Kia Mobil Indonesia (KMI) selaku distributor resmi brand KIA di Indonesia diterpa isu kurang sedap. Ramai di media sosial para pecinta dan konsumen otomotif tanah air memposting tentang ditutupnya dealer resmi Kia di Jakarta.

 
Dealer KIA Jakarta di bawah bendera PT Kia Mobil Dinamika (KMD) telah menghentikan penjualan. Hal tersebut dibenarkan oleh Ridjal Mulyadi selaku Marketing Communication Manager PT KMI.

 
Menurut Ridjal, memang dealer KIA Jakarta memutuskan menghentikan aktifitas penjualan dan hanya melayani servis saja. Namun dia membantah bahwa hal itu berarti KIA menghentikan penjualan di seluruh Indonesia.

 
“Kita stop jualan sih nggak, mungkin isu itu dari diler area Jakarta. Tapi itu di Jakarta saja, di luar kota dan diluar pulau nggak ada masalah. Anda bisa cek lah ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan luar Jawa,” Papar Ridjal seperti dikutip DetikOto, Jumat 1 Februari 2019.

 

Beberapa Dealer Tutup

 
Sebelumnya memang pada Agustus 2018 yang lalu, Dealer KIA Sunter yang merupakan dealer KIA terbesar di Jakarta telah dipindahkan ke Jalan Garuda Kemayoran, belakangan dipastikan dealer tersebut menghentikan penjualan, namun tetap melayani servis dan suku cadang.

 
Kabar kurang sedap itu juga terjadi di Semarang, PT Kia Mobil Dinamika Semarang juga dinyatakan ditutup secara permanen pada 1 Oktober 2018. Bukan hanya menghentikan penjualan, namun juga tidak lagi melayani servis dan suku cadang.

 
Baca: Dealer dan Bengkel Resmi Kia Semarang Tutup!

 

Penjualan Tidak Signifikan

 
Penjualan yang turun drastis beberapa tahun terakhir disinyalir menjadi pemicu pengusaha ritel yang menjual mobil Kia di Jakarta mengehentikan bisnisnya. Meskipun demikian, Ridjal memastikan bahwa Kia tidak hengkang dari pasar otomotif Indonesia.

Loading...

 
“Ada konsolidasi baik dari pihak kami maupun dealer. Karena bisnis menurun, pasti mereka berhitung ulang. Menguntungkan atau tidak untuk (terus) jualan. Itu pertimbangan dan hak mereka,” ujar Ridjal.

 

KMI Mencari Rekan Bisnis Baru

 
Menurut Ridjal, pihaknya masih berusaha melanjutkan penjualan. Langkah yang sedang dilakukan saat ini adalah mencari partner baru yang tertarik untuk melanjutkan bisnis retail mobil Kia di Jakarta.

 
“Makanya kami mau ajak kerjasama lagi pihak lain untuk penjualan, tapi belum putus sih,” ungkap Ridjal.

 

Mundur teratur?

 
Jika kita perhatikan, tahapan yang terjadi pada KMI seperti langkah mundur teratur. Hal itu terdeteksi sejak tahun 2018 yang lalu dengan tidak ikutnya KIA pada ajang GIIAS 2018.

 
Padahal besar harapan pecinta otomotif tanah air agar KMI segera memasukkan model-model Kia terbaru, seperti Kia All New Picanto Generasi ke-3 yang makin memukau dan kian canggih, Kia Sorento generasi baru, Compact SUV terbaru Kia Stonic dan lain sebagainya.

 
Kami pernah berbincang dengan salah satu petinggi Global Maju Motor yang menjadi agen resmi penjualan mobil Kia di Palembang, yaitu Eddy Yusuf. Menurut Beliau pasar Indonesia tidak signifikan bagi pabrikan Korea Selatan tersebut, sehingga sulit untuk memasukkan model-model terbaru.

 
Kita berharap fenomena ini bukanlah pertanda bahwa Kia akan hengkang dari Indonesia layaknya Ford. Namun merupakan langkah perbaikan internal yang kemudian ada langkah-langkah besar yang dilakukan KMI. Karena cukup disayangkan mengingat mobil-mobil Kia sangat bagus kualitas dan desainnya.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar