Motor Listrik United T1800 Diluncurkan. Simak Harga, Spesifikasi, dan Fiturnya

United T1800 - Motor Listrik

CaruserMagz.com – United meluncurkan motor listrik pertamanya di Indonesia pada Sabtu, 12 Desember 2020, yaitu United T1800. United adalah salah satu brand sepeda terkenal yang sudah lama memasarkan sepeda goes dan sepeda listrik di Indonesia.

Melihat peluang menyambut era elektrifikasi pada kendaraan roda dua, United mulai melebarkan sayap bisnisnya di Indonesia. PT Terang Dunia Internusa (TDI) selaku pemegang merek United di Indonesia menjual motor listriknya dengan brand United E-Motor, sebagai Divisi Ketiga setelah Divisi Sepeda dan Sepeda Listrik.

Harga Motor listrik United

Motor Listrik United T1800 ini dibanderol Rp 27 juta dan baru ada satu varian dengan warna hitam dop. Motor ini bisa dibeli secara online dan offline.

Untuk pembelian secara offline, baru bisa dilakukan di dealer pusat United E-Motor di Alam Sutra, Serpong, Tangerang Selatan. United berencana menyediakan dealer mewah di Pantai Indah Kapuk II pada Januari 2021.

Untuk layanan servis purna jual, saat ini tersedia home service masih untuk wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadebotabek) saja.

Molis United T1800 - Tampak Samping
Molis United T1800 – Tampak Samping

Desain

Motor listrik United ini berdesain sporty dengan garis-garis tajam. Pola desain tengah ke belakang mengingatkan kita pada skuter matik seperti Yamaha NMax atau Aerox. Namun secara ukuran, molis United ini tidak sebongsor kedua motor tersebut.

Setangnya model semi-naked dengan posisi tinggi, hal tersebut menjanjikan posisi riding yang nyaman seperti pada NMax. Mestinya posisi duduk molis ini tidak membuat pengendaranya gampang lelah.

Hal yang menarik adalah semua lampu sudah menggunakan LED dan ada DRL di lampu depan. Bagasinya cukup besar untuk menampung bawaan dan posisi duduk penumpang belakang lebih nyaman berkat pembatas di joknya. Cluster-meternya full digital dengan layar monokrom seperi layar kalkulator.

Molis United T1800 - Tampak Belakang dengan rear-lamp LED
Molis United T1800 – Tampak Belakang dengan rear-lamp LED

Spesifikasi United T1800

United T1800 ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 60 km dengan baterai terisi penuh. Kecepatan maksimalnya adalah 70 km/jam. Berikut spesifikasi teknis motor listrik ini:

  • Dimensi: Panjang 1.886 mm x Lebar 715 mm x Tinggi 1.170mm
  • Bobot Kosong: 99 kg
  • Kapasitas Angkut: 150 kg
  • Roda: Velg 12-inci, Roda depan 100/170, Roda Belakang 120/170.
  • Motor Listrik: Bosch 60V 1800W, rated speed 620 rpm
  • Torsi Motor: 27 Nm
  • Baterai: Lithium ion, 60V 28Ah.
  • Charger: 15A
  • Jarak tempuh: 60 km (pada kecepatan 50-60 kpj)

Baca juga:

Fitur Motor Listrik United T1800

Henry Mulyadi, selaku Direktur PT TDI, mengatakan bahwa keunggulan dan nilai jual dari T1800 ini adalah fitur-fitur unik dan canggih. Berikut daftar fitur United T1800:

Fitur United T1800 - Motor Listrik Sporty
Fitur United T1800 – Motor Listrik Sporty
  • Lampu: Semua LED, Head-Light, rear-light, Rem dan Sein.
  • Mode Kecepatan: Mode-1 Max 50 kpj – Mode 2 max 60 kpj – Mode 3 max 65 kpj – Mode Turbo max 70 kpj.
  • Mode Reverse: dengan menekan tombol di setang kiri.
  • Start: dengan Kunci dan Keyless (Start-Stop Button).
  • Speaker: koneksi via bluetooth untuk mendengarkan musik.
  • Suara mesin buatan: racer sound dari speaker.

Awan Setiawan selaku Manager E-Motor Division PT TDI, mengatakan bahwa United memasuki bisnis motor listrik ini karena merupakan peluang pasar yang besar, mengingat target pemerintah Indonesia untuk meningkatkan populasi motor listrik hingga 2 juta unit pada 2025.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar