Baojun RS-3, Inikah Crossover Wuling Penantang Honda HR-V?

CaruserMagz.com – Perusahaan joint-venture General Motors dan Wuling, SAIC-GM-wuling (SGMW) baru saja meluncurkan compact SUV terbaru di China, yang diberi nama Baojun RS-3. Sub-compact Crossover ini merupakan line-up ke-4 dari fortofolio mobil baru yang diluncurkan Baojun tahun 2019 ini.

 
Tampilan Baojun RS-3 ini terlihat seperti Wuling Almaz atau di China bernama Baojun 530. Hal itu karena kedua mobil tersebut menganut bahasa desain bernama “Interstellar Geometry” yang dikembangkan oleh kerjasama GM dan Grup SAIC-Wuling.

 
Fascia depan mobil ini nampak lebih futuristik dengan LED-DRL lebih tipis, desain lampu utama yang seperti terbelah. Sisi samping nampak kokoh dengan garnis hitam pada fender dan seluruh bagian bawah pintu dan bumper.

 
Kesan modern juga terlihat dari LED tipis pad bagian pintu bagasi di atas lampu belakang, dan desain floating roof serta kehadiran panoramic roof yang besar. Desain velg-nya juga nampak kokoh dan robotik.

 

Baojun RS-3 - Tampak Atas
Baojun RS-3 – Tampak Atas dengan Flaoting Roof dan Fitur Panoramic Roof.

Sekilas desain eksteriornya memberi kesan mobil ini juga cocok jika dibuat dengan ukuran besar. Hanya saja, dari samping Baojun RS-3 ini terlihat ciri compact crossover dari tidak hadirnya kaca samping di bagian posisi bagasi.

 
Compact Crossover ini berukuran cukup besar, yaitu panjang 4.305 mm, lebar 1.748 mm dan tinggi 1.597 mm. Wheelbase-nya sepanjang 2.550 mm menjamin ruang kaki yang lega bagi penumpang. Dimensi yang lebih dari 4 meter tersebut juga menjamin ketersediaan ruang bagasi yang luas.

 

Interior

Masuk ke dalam, terlihat bahwa SUV ini didesain bernuansa sangat sporty pada kabinnya. Hal itu terlihat dari warna interior yang full hitam, desain kursi yang sangat sporty meskipun tetap berjok tebal, setir yang flat-bottomed dan konsol tengah yang tinggi. Bisa kita rasakan suasana mengendarai mobil sport pada kabin pengemudinya.

 

Baojun RS-3 - Interior Kursi
Baojun RS-3 – Interior Kursi Sporty dan Tebal

Desain dashboardnya juga terlihat sporty dan modern, tombol-tombol nampak simpel sehingga mudah difahami. Tombol model kokpit pesawat juga terlihat di center-cluster membuatnya makin menarik. Floating head unit berukuran panjang terlihat mendominasi.

 
Hal unit terlihat pada dashboardnya, yaitu tombol start-stop berbentuk persegi, bukan bulat seperti pada umumnya dan kisi-kisi AC yang memanjang mengingatkan kita pada kisi AC di hadapan penumpang depan Honda HR-V.

 

Baojun RS-3 - Interior Dashboard
Baojun RS-3 – Interior Dashboard

 

Mesin

Untuk dapurpacu, mobil ini bermesin 1.500 cc naturally aspirated (Bukan turbo), dengan output tenaga 105 PS (103 HP) yang disalurkan ke roda penggerak depan melalui transmisi CVT atau Manual 6-percepatan.

 

Fitur

Dalam hal fitur, tentu kita tahu bahwa grup GM dan Wuling adalah brand yang tidak pelit fitur, layaknya mobil-mobil Wuling yang sudah ada di Indonesia. Baojun RS-3 dilengkapi voice command dengan system integrasi konektifitas terhadap kendali fitur-fitur mobil. Mobil ini juga dilengkapi fitur Adaptive Cruise Control System dan Stability Control System.

 

Baojun RS-3 - Tampak Belakang Atas
Baojun RS-3 – Tampak Belakang Atas

Baojun RS-3 ini disediakan dalam 4 varian, dengan harga di China mulai $10,160 (Rp. 144 Jutaan) hingga $12,710 (Rp. 180 jutaan). Harga yang sangat menarik melihat tampilannya yang gagah dan fitur berlimpah.

 
Jika mobil ini masuk ke Indonesia dengan spesifikasi yang sama dari model China ini, maka akan menjadi penantang serius bagi raja Crossover di Indonesia, Honda HR-V.

 
Apalagi jika harganya tidak jauh lebih mahal dari versi China-nya, maka Crossover Wuling ini bisa saja membunuh HR-V atau bahkan segmen lainnya yang berada pada rentang harga yang sama. Sayangnya belum ada keterangan resmi dari SGMW Indonesia, apakah mobil ini juga akan dijual di Indonesia.

Sumber Gambar: Carscoops.com
ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Find more about me through below Social Media Buttons.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar