Perubahan Toyota Calya 2019 vs versi Lama, Apa Bedanya?

CaruserMagz.com – Toyota Calya 2019 Facelift diluncurkan pada 16 September 2019. Bersama kembarannya Daihatsu Sigra 2019, LCGC 7-Seater ini mendapat penyegaran pada beberapa sisi, khususnya tampilan eksterior yang sangat mudah dikenali perbedaannya dibanding versi lama.

 
Toyota Calya menjadi alternatif paling logis bagi konsumen Indonesia yang membutuhkan mobil berkapasitas 7-penumpang, namun belum memiliki uang yang cukup untuk membeli LMPV seperti Toyota Avanza atau lainnya.

 
Sehingga Calya menjadi LCGC 7-Seater terlaris dan sangat banyak kita jumpai di jalanan. Sebenarnya tanpa ubahan pun, mobil ini tetap laris di Indonesia, apalagi dengan perubahan yang membuatnya makin cantik.

 
Bagi sobat yang sudah berminat membeli Toyota Calya, tentu ingin mengetahui apa saja perubahan yang membedakan Calya 2019 facelift dari versi sebelumnya. Berikut Detil perubahannya:

 

Perubahan Eksterior

Hal yang paling tampak dari perubahan ini tentunya adalah pada wajah depan Calya 2019 yang lebih tajam, mengikuti tren fascia depan mobil-mobil Toyota masa kini dengan aksen lancip seperti pada Toyota Yaris dan Agya terbaru. Berikut rincian perubahan eksterior Calya 2019:

Grill Radiator Berubah bentuk – Dari sebelumnya melebar ke bawah, kini terlihat melebar ke atas, sehingga banyak yang bilang grill Calya ini mirip dengan grill Avanza. Namun grill tersebut terbagi dua karena ada aksen sewarna body pada bagian tengahnya untuk meletakkan nomor polisi.

Foglamp Houising – Rumahan lampu kabut kini berbentuk segitiga lancip, mengikuti irama yang sama dengan Yaris dan Agya. bagi yang suka dengan model ini mungkin menarik, tapi ini bukan selera kami.

Heag Lamp LED – Toyota memberi peningkatan signifikan pada lampu utama Calya 2019 dengan LED yang lebih terang pada semua tipe Calya, yaitu disamakan dengan Toyota Rush terbaru. Lampu ini lebih terang, namun lebih hemat energi dan lebih dingin temperaturnya dibanding halogen.

Desain Velg – Roda Toyota Calya terlihat lebih tajam dan ramai dengan aksen krom yang seperti dibelah-belah. Sebenarnya mirip dengan desain sebelumnya, tapi dibuat lebih patah-patah, sedangkan sebelumnya lebih meliuk-liuk.

Aksen Krom Hitam – Pada tipe G, aksen krom besar pada bagian depan dan belakang mobil kini berwarna gelap untuk membuatnya lebih terlihat mewah.

Aksen Krom Belakang lebih Panjang – Perubahan minor di belakang, aksen krom di belakang terlihat lebih panjang hingga menyentuh lampu belakang. Sebelumnya aksen tersebut pendek.

Aksen Krom di Bumper Depan – Perubahan minor di bagian depan adalah hilangnya aksen krom pada bumper depan, sehingga pada versi facelift 2019 terlihat polos.

Pilihan Warna Baru – Toyota menyediakan pilihan warna baru untuk Calya Facelift 2019 ini, yaitu warna Bronze Mica Metallic.

 

Perubahan Interior

Panel AC – Sebelumnyo kenop kompor gas, sekarang menjadi terlihat lebih baik walaupun masih manual.

Warna Dashboard Coklat Gelap – Warna interior terlihat lebih elegan dengan warna coklat yang lebih gelap, sebelumnya coklat terang.

Warna Pembalut Jok Lebih Gelap – Begitupun dengan warna pembalut jok kini terlihat lebih gelap, sehingga lebih aman dari terlihat kotor. Pada versi sebelumnya pembalutnya terlihat lebih cerah.

Ruang Penyimpanan Koin – Calya 2019 tipe G diberikan ruang penyimpanan kecil di bawah panel AC, bisa digunakan untuk menyimpan koin atau Handphone saat dicas.

Laci di Bawah Jok Penumpang Depan – Calya 2019 diberi tambahan ruang penyimpanan di bawah kursi penumpang depan, berupa laci rahasia. Hal ini sudah ada pada Toyota Sienta dan mobil-mobil KIA.

 

Perubahan Fitur

Spion Retractable – Calya tipe G telah dilengkapi fitur Retractable Door Mirror, sehingga kaca spion dapat dilipat dari dalam kabin pengemudi. Hal ini akan memudahkan saat harus berkendara di gang sempit atau berpapasan dengan mobil lain di jalan sempit.

Head Unit Double Din – Pada tipe E head unitnya terlihat lebih mewah dan lebih terintegrasi dengan dashboard, karena tombol-tombolnya tidak lagi terlihat, jadi sudah seperti touch screen, walau displaynya masih monokrom. Minusnya ini akan jadi lebih sulit dioperasikan saat menyetir, karena tombol-tombolnya tidak bisa lagi sekedar diraba.

Head Unit Touch Screen – Tipe G sebelumnya hanya diberi head unit double din, kini telah memiliki HU monitor layar sentuh seperti pada Daihatsu Sigra atau Toyota Avanza.

Audio Steering Switch – Toyota Calya Tipe G telah dilengkapi fitur pengaturan Audio di palang setir, hal ini akan sangat berguna bagi pengemudi, dan juga meningkatkan keselamatan berkendara.

 

Perubahan Harga

Toyota Calya 2019 Facelift lebih mahal Rp. 2 Juta dibanding versi lama, berikut daftar harga Calya untuk semua varian:

Toyota Calya E non ABS: Rp.137,46 juta
Toyota Calya E M/T: Rp.140,26 juta
Toyota Calya G M/T: Rp.146,4 juta
Toyota Calya G A/T: Rp.158,4 juta.

 
Baca juga:
Alasan Memilih Toyota Calya Menurut Pemilik
10 Keluhan Pengguna Toyota Calya

 
Itulah beberapa perubahan pada Toyota Calya 2019 Facelift, pada dasarnya perubahan ini tidaklah signifikan, melainkan lebih pada aksesoris dan kosmetik saja, sebagai pembeda versi baru dibanding versi lama. Jadi pembeli mobil ini bisa punya kebanggaan membeli model baru, karena terlihat jelas dari wajah depannya yang berbeda.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Find more about me through below Social Media Buttons.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar