BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Ban Tanpa Udara Hankook Dipamerkan, Berdesain Struktur Sel buat Lebih Nyaman dan Irit BBM

Hyundai Mobility of Things

Share

CaruserMagz.comBan Tanpa Udara Hankook – Ide mengenai ban kendaraan tanpa udara sudah lama ada, bahkan sudah diterapkan pada kendaraan untuk penjelajah bulan atau planet Mars. Namun hingga kini, ban tersebut belum diterapkan secara komersial pada kendaraan penumpang. Kemungkinan karena biaya produksi yang belum ekonomis.

Namun pengembangan ban tanpa udara ini masih terus berjalan oleh banyak pabrikan ban. Salah satunya Hankook, produsen ban asal Korea Selatan yang baru-baru ini memamerkan prototipe ban tanpa udara di ajang CES 2022.

Prototipe ban tanpa udara Hankook tersebut diberi nama i-Flex dan desainnya disebut terinspirasi dari struk sel mahluk hidup.

Dengan menirukan struktur sel organisme hidup, ban rancangan Hankook ini mampu menangani gerakan kendaraan untuk gerakan maju dan mundur dengan baik.

Ban tanpa udara Hankook
Ban tanpa udara Hankook

Ban ini telah melalui studi dan pengujian biomimetik, dibuat dengan struktur jari-jari interlocking multi-lapisan agar tetap cukup kaku menahan beban, dan juga mampu berubah bentuk saat melewati gundukan.

Sehingga ban ini mampu menyediakan fungsi peredam kejut juga yang berefek pada kenyamanan yang lebih baik dari ban dengan udara.

Ban tanpa udara Hankook ini dipamerkan pada modul Plug & Drive (PnD) milik Hyundai, yang disebut model bisnis Mobility of Things oleh Hyundai.

Di dunia yang akan datang, kita tidak akan memindahkan barang-barang kita, tetapi benda-benda akan benar-benar bergerak di sekitar kita dengan modul PnD yang membuat benda mati secara tradisional menjadi bergerak,” kata Dong Jin Hyun, kepala Lab Robotika Grup Motor Hyundai.

Kami mengarahkan semua rekayasa robotika ambisius dan upaya kreatif kami untuk mewujudkan visi yang lebih besar dari sebelumnya, yakni ekosistem Mobility of Things tanpa batas.” sambung Jin Hyun.

Karena prototipe yang dipamerkan dipasang pada alat bergerak yang kecil, Hankook i-Flex ini dibuat berukuran kecil, yaitu berdiamer luar 400 mm (16-inci) dan lebar 105 mm (4-inci).

Keuntungan dari ban tanpa udara antara lain adalah:

  • Perawatan yang lebih mudah dan murah.
  • Tidak ada risiko pecah ban yang membahayakan saat berjalan di kecepatan tinggi.
  • Menyediakan kenyamanan yang lebih baik.
  • Usia pakai ban yang lebih panjang.
  • Berkontribusi pada konsumsi energi yang lebih efisien (lebih hemat bbm).
  • Lebih ramah lingkungan karena bisa dibuat dari bahan daur ulang.

Baca juga: Bridgestone Perkenalkan Ban Tanpa Udara

Hankook telah memulai risetnya pada ban tanpa udara ini sejak 2010 dan mengatakan akan terus melanjutkan penelitian, agar dapat diterapkan di masa depan, khususnya untuk teknologi mobil otonom.

Beberapa produsen ban ternama lainnya juga sedang meneliti ban tanpa udara ini, bahkan beberapa telah memperkenalkan prototipenya, antara lain ada Michelin, Bridgestone, Dunlop dan bahkan produsen mobil General Motor (GM) juga tertarik mengembangkan teknologi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)