7 Fakta Unik Lamborghini yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Fakta Unik Lamborghini

CaruserMagz.comFakta Unik Lamborghini – Semua pecinta mobil dan otomotif tentu mengetahui merek mobil eksotis Lamborghini, sebagaimana terkenalnya merek Ferrari. Kedua brand asal Italia tersebut adalah rival paling sengit di dunia super car.

Lamborghini didirikan pada tahun 1963 dan telah membuat beberapa mobil yang paling didambakan pecinta kecepatan di planet ini selama lebih dari 50 tahun. Merek ini sudah menjadi stempel kuat penanda orang kaya raya bagi pemiliknya.

Ada banyak hal yang membuat mobil Lamborghini menjadi sangat istimewa. Salah satunya adalah beberapa fakta unik yang menarik untuk diketahui, khususnya oleh Anda yang mengaku petrolheads atau pecinta otomotif.

Fakta Unik Lamborghini - Sejarah Pendirian
Ferrucio Lamborghini dengan Traktor dan Supercar Pertamanya

Berikut daftar 7 Fakta unik Lamborghini yang mungkin kamu belum tahu

1. Merek Lamborghini Lahir dari Pertengkaran

Lamborghini awalnya bukanlah produsen supercar, tapi memproduksi mesin-mesin pertanian, khususnya traktor. Namun Ferrucio Lamborghini, sang pemilik perusahaan alat pertanian tersebut adalah seorang petrolhead, sehingga dia membeli Ferrari 250 GT.

Mr. Lamborghini menjadi frustasi karena Ferrari miliknya bermasalah dan dia menyampaikan komplain terkait masalah mobilnya yang dinilai buruk. Enzo Ferrari yang mengetahui komplain itu mengejek Lamborghini dengan keras, hingga terjadi bentrokan ego antar kedua orang kaya tersebut.

Ferrucio Lamborghini vs Enzo Ferrari
Ferrucio Lamborghini vs Enzo Ferrari

Menanggapi amarah Enzo Ferrari, Ferrucio Lamborghini bertekat dan ingin membuktikan bahwa dia bisa membangun supercar yang lebih baik dari Ferrari. Hingga dia mendirikan divisi supercar dari mereknya dan menjadi kompetitor terkuat Ferrari hingga saat ini.

2. Mobil Pertama Lamborghini Dibangun dalam 4 Bulan

Dibakar emosi pertengkaran dengan Enzo Ferrari, Lamborghini membangun mobil super pertamanya dalam 4 bulan saja. Supercar tersebut diberi nama Lamborghini 350 GTV.

Mobil ini dibuat dengan style yang tidak banyak basa-basi, melainkan berfokus pada fungsionalitas. Lamborghini 350 GTV mendapat sambutan hangat dari para petrolheads di zamannya walau masih berbentuk prototipe.

Lamborghini 350 GTV - Lambo Pertama
Lamborghini 350 GTV – Lambo Pertama

3. Ruang Mesin Lamborghini Pertama Berisi Batu Bata!

Dikejar deadline untuk diperkenalkan, Lamborghini 350 GTV prototipe yang dipajang di Turin Auto Show tidak memiliki mesin. Uniknya, Lamborghini mengisi ruang mesin mobil tersebut dengan tumpukan batu bata.

4. Lamborghini Miura adalah Prestise Tertinggi di Akhir 1960-an

Lambo Miura adalah supercar legendaris karena merupakan mobil yang paling didambakan orang-rang kaya di zamannya, dan hingga kini Miura masih menjadi prestise di kalangan kolektor mobil antik.

Miura dibanderol harga sekitar $ 20.000 pada tahun 1966, yang hampir sama dengan $ 160.000 (sekitar Rp 2,24 Miliar) pada tahun 2021. Miura telah mengangkat merek Lamborghini menjadi simbol status sosial tinggi di kalangan selebritas yang mampu membeli Lamborghini.

Fakta Unik Lamborghini Miura 1966
Lamborghini Miura 1966

5. Nama Miura adalah Ras Banteng Petarung

Nama “Miura” diambil dari jenis banteng petarung yang dikenal karena menyerang lawan mereka dengan kekuatan penuh untuk menang, siapapun lawannya. Filosofi ngotot tersebut menjadi dasar pembuatan mobil Lamborghini, yaitu mobil seperti banteng yang dirancang untuk tampil menjadi juara.

Namun banteng petarung adalah hewan yang kuat, dan bukanlah hewan yang cepat. Rasanya hewan seperti kuda, elang, cheetah atau ikan tuna akan lebih mempresentasikan kecepatan dibanding banteng petarung. Namun mungkin banteng merepresentasikan amarah dan kebringasan atas pertengkaran versus Ferrari.

6. Inspirasi Desain Lamborghini Aventador adalah Serangga Imut

Desain Lamborghini Aventador ternyata terinspirasi dari hewan yang sangat bertolak belakang dari imej supercar yang sangat garang, yaitu kumbang imut yang lamban bernama Green June Beetles.

Kumbang hijau berkilau itu menjadi inspirasi untuk desain pada model Lamborghini F22, B2, dan F35. Mungkin itulah mengapa selalu ada varian berwarna hijau untuk Aventador.

Inspirasi Desain Lamborghini Aventador
Inspirasi Desain Lamborghini Aventador

Baca juga: Lamborghini Aventador akan jadi Mobil Listrik 1100 hp di Masa Depan

7. “Countach” adalah kata Kutukan untuk Penyakit Menular

Lamborghini Countach adalah salah satu model yang banyak dikagumi dan dinilai sebagai supercar terindah di zaman peluncuran generasi awalnya. Namun kata “Countach” ternyata bukan berasal dari nama-nama banteng sebagaimana umumnya nama mobil Lamborghini.

Kata Countach (dibaca kuntaj) berasal dari dialeg wilayah Piedmont yang terkenal sebagai sumpah serapah atas kekesalan. Itu adalah kata kasar dan diucapkan agar orang lain menjauh. Countach berarti “penularan” dan tenar sebagai sumpah serapah sejak wabah penyakit menular melanda Turin pada 1630-an.

Lamborghini Countach -1971-1990
Lamborghini Countach -1971-1990

Awalnya nama tersebut disematkan pada salah satu mobil Lamborghini, karena kata umpatan tersebut sering diucapkan oleh salah seorang staf yang turut bekerja merancang mobil tersebut.

Kemudian Kepala rumah desain Bertone, Marcello Gandini, menyematkan kata umpatan tersebut pada karyanya karena seringnya kata itu terdengar saat mereka bekerja keras hingga larut malam.

Kesimpulan dari Fakta Unik Lamborghini

Fakta bahwa Lamborghini adalah merek mobil super eksotis yang berada pada level popularitas lebih tinggi, dibanding merek supercar lainnya adalah fakta yang sulit dibantah dan menjadi sesuatu yang terdengar wajar.

Namun 7 fakta unik Lamborghini diatas tergolong anti-mainstream. Semoga fakta unit tersebut menghibur Anda, khususnya kalian yang mengaku sebagai petrolheads.

Yayan Abdhi

Seorang pekerja swasta di pelosok Sumatera yang mencurahkan kegemarannya pada dunia otomotif dengan menulis blog. "Semoga blog sederhana ini bermamfaat bagi netizen dan industri otomotif Indonesia."

Tulis Komentar