BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Perubahan VW Tiguan Allspace Facelift 2022, Lebih Sporty dan Makin Canggih

Volkswagen Tiguan Allspace Facelift 2022 - Front

Share

CaruserMagz.comPerubahan VW Tiguan Allspace Facelift 2022 – Volkswagen (VW) adalah pabrikan Jerman yang membuat mobil-mobil berdesain elegan dan cenderung bernuansa dewasa. Sehingga line-upnya disukai kaum berumur yang sangat mapan. Khususnya mereka yang ingin tampil kharismatik, elegan dan kaya.

Salah satu model VW yang sudah lama tidak mendapat ubahan bentuk adalah VW Tiguan, dimana versi 7-seaternya bernama Tiguan Allspace. VW memperkenalkan Tiguan facelift 2022 pada Mei 2021 lalu, dengan bahasa desain baru dan peningkatan teknologi fitur.

Jika sebelumnya VW Tiguan Allspace identik dengan mobil yang berdesain kaku mengotak, kini VW menyematkan bahasa desain yang lebih muda atau bernuansa selera anak muda pada versi facelift 2022.

Beberapa bagian diubah dari bersudut mengotak, jadi membulat dan sedikit bernuansa genit. Sangat mungkin ini untuk menarik perhatian kaum yang lebih muda, yaitu kalangan yang mulai meninggalkan kekakuan ala aristrokrat, menjadi lebih friendly dan sanguinist.

VW Tiguan Allspace Facelift 2022
VW Tiguan Allspace Facelift 2022

Apa saja Perubahan VW Tiguan Allspace Facelift 2022

Eksterior

Perubahan paling kentara pada bagian wajah, dimana ada garis-garis yang mengurangi nuansa tegas menjadi membulat, misalnya pada bumper yang seperti huruf C dan difuser di bagian bawah. Keseluruhan bumper ini mengingatkan kita pada Mercedes-Benz GLA, namun ini sedikit lebih tegas dibanding GLA yang benar-benar membulat.

Grill diperlebar ke bawah dan pada ujung headlamp di beri ekstension seperti hiasan mata wanita yang lentik. Inilah yang kami sebut memberi kesan sedikit genit. Keseluruhan grill dan headlamp tidak lagi flat, tapi jadi seperti bentuk solid-wings milik Honda.

SUV mewah baru vs Versi Lama
VW Tiguan Allspace 2022 vs Versi Lama

Di bagian belakang, masih membawa nuansa versi sebelumnya, namun bumper mendapat revisi dengan ornamen seperti kenalpot ganda di kedua sisinya, dan ada reflektor horizontal yang memanjang di bawah pintu bagasi, sejajar dengan aksen krom pada sisi samping body. Juga ada rear-spoiler yang berwarna hitam.

Di sisi samping, terlihat ada velg baru yang lebih sporty, dan housing spion yang diberi warna hitam, tidak lagi sewarna bodi.

Tiguan 7-seater 2022
VW Tiguan Allspace Facelift 2022 – Rear

Interior VW Tiguan Allspace Facelift 2022

Desain dashboard VW Tigual All Space facelift 2022 ini tidak begitu berbeda dari versi sebelumnya. Perubahan di interior difokuskan pada peningkatan teknologi. Panel instrumen digital yang dikenal sebagai Volkswagen Digital Cockpit kini menggunakan display 8 inci, dengan opsi 10 inci juga disediakan.

Sistem infotainment Modular Infotainment Matrix (MIB3) generasi-3 mendapat upgrade. Sistem audio disediakan dari brand Fender untuk Tiguan di Amerika, sementara untuk pasar Eropa, VW menyematkan audio Harman Kardon. Konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto sudah jadi menu wajib dan juga sudah ada wireless charger.

VW Tiguan Allspace 2022 Interior Dashboard
VW Tiguan Allspace 2022 Interior Dashboard

Fitur-fitur

Untuk fitur-fitur masih mengusung fitur-fitur yang telah ada sebelumnya. Sudah cukup canggih dengan fitur-fitur berbasis ADAS untuk keselamatan, namun pada VW fitur ADAS tidak dibungkus dalam nama tertentu seperti di merek lain, semisal Honda Sensing, Hyundai SmartSense, Toyota Safet Sense dan lain sebagainya.

Fitur-fitur keselamatan canggih yang sudah ada pada VW Tiguan Allspace antara lain:

  • Forward Collision Warning
  • Emergency Braking with Pedestrian Detection
  • Blind-spot Monitoring
  • Rear Traffic Alert
  • Adaptive Cruise Control
  • Lane-keeping Assist.

Sementara untuk fitur kenyamanan, ada fitur-fitur unggulan yang akan memanjakan pengemudi dan penumpang, antara lain:

  • Jok berventilasi – dingin dan panas (heater).
  • heater di lingkar pengemudi, untuk negara bermusim dingin.
  • AC Climatronic Touch.
  • Ambient light interior.
VW Tiguan Allspace Facelift 2022 - Side
VW Tiguan Allspace Facelift 2022 – Side

Mesin

Untuk dapurpacu, masih menggunakan mesin yang sama, yaitu dengan opsi varian berikut:

  • Mesin Bensin 1.5-liter 4-silinder TSI turbo dengan daya 150 PS.
  • Mesin Bensin 2.0-liter untuk penggerak AWD penghasil 190 PS atau 245 PS.
  • Mesin Diesel 2.0-liter TDI turbodiesel dengan tenaga 150 PS atau 200 PS.

Girboks transmisi disediakan pilihan manual 6-speed atau matik dengan kopling ganda DSG. Khusus di pasar AS, mesin 2.0-liter 190 PS punya varian FWD dan AWD yang dipasangkan dengan transmisi otomatis 8-speed.

Di Indonesia, VW Tiguan Allspace disediakan hanya satu varian mesin, yaitu mesin bensin 4-silinder 1,4-liter TSI direct injection plus turbo, dengan output tenaga 152 PS yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi DSG. Saat ini VW Tiguan Allspace di Indonesia masih versi lama dengan banderol harga mulai Rp 648 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)