BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Makna Logo Mobil Terkenal, dari Filosofis hingga Berbau Mistis

Share
CaruserMagz.com – Logo merupakan tanda pengenal bagi setiap perusahaan, institusi, negara, club bola dan lain sebagainya, bahkan tanpa sadar, setiap individu kita memiliki logo masing-masing, yaitu tanda tangan. Begitu pentingnya logo sebagai representasi brand, tentu akan bermakna sangat dalam bagi perusahaan-perusahaan dengan produk ternama.
Cukup dengan sebuah logo, dapat dengan kuat meyakinkan konsumen bahwa suatu produk terjamin kualitas dan ketangguhannya. Tak terkecuali bagi produk otomotif seperti mobil.

Keterkenalan suatu logo sangatlah penting bagi brand otomotif, sehingga setiap kendaraan di jalan dapat dengan mudah dikenali diproduksi oleh perusahaan apa.

Oleh karena itu, setiap logo mobil punya makna masing-masing yang dalam, bahkan beberapa diantaranya dipercaya punya unsur magis yang membawa keberuntungan.

Berikut makna dari beberapa logo mobil ternama di dunia yang mungkin membuat sobat penasaran:

TOYOTA

Toyota adalah produsen mobil terbesar di dunia, sehingga tidak banyak orang yang tidak kenal dengan logo Toyota. Logo yang sering kita lihat pada mobil-mobil berupa 3 lingkaran oval yang seperti membentuk huruf T tersebut diluncurkan pada tahun 1990. Sebelumnya logonya adalah tulisan TOYOTA dengan huruf kapital saja.

Kita mungkin mengira tidak ada filosofi pada lambang Toyota tersebut, selain hanya inisial huruf T. Logo tersebut jadi mudah kita ingat karena simpel dan gampang dimengerti. Tahukah sobat, bagi Toyota itu bukan sekedar logo, tapi sebuah simbol yang mendeskripsikan visi dan kultur bagaimana perusahaan tersebut menjalankan bisnisnya.

Sejarah & Makna Logo Toyota

Sejarah & Makna Logo Toyota

Menurut Toyota, ketiga elips melambangkan “penyatuan hati pelanggan dan produk Toyota”, sedangkan latar belakangnya adalah untuk “kemajuan teknologi Toyota dan peluang tak terbatas di masa depan”. Dua oval yang saling beririsan membentuk huruf T menunjukkan penyatuan hati antara Toyota dan Pelanggannya, yaitu bermakna hubungan saling menguntungkan dan saling percaya antara satu sama lain.

SUBARU

Logo Subaru adalah sekelompok bintang di dalam elips berlatar belakang biru. Mungkin bagi sebagian orang logo tersebut nampak rumit dan tak begitu bermakna, juga kurang menarik. Namun bagi Subaru, itu bukan sekedar gambar bintang.

Kelompok bintang tersebut adalah Rasi Bintang Taurus yang disebut “Pleiades“, dimana dalam bahasa Jepang konstelasi bintang tersebut memang disebut “Subaru” yang berarti “Bersatu“.

Bintang terbesar di logo tersebut mewakili Fuji Heavy Industries dan lima bintang yang lebih kecil adalah untuk lima perusahaan yang berada di bawah grup Fuji Heavy Industries. Latar belakang biru pada logo ada karena bintang-bintang dalam rasi ini berwarna biru gelap.

Sejarah dan Makna Logo Subaru

Sejarah dan Makna Logo Subaru

BMW

Seluruh dunia mengenal logo BMW sebagai brand mobil mewah dan mahal. Walau di Eropa BWM adalah mobil sejuta umat, namun tetap saja dia dikenal sebagai mobil mahal dengan biaya perawatan yang lebih banyak dari brand umum seperti VW, Hyundai dan Toyota.

Pada 1917, BMW adalah merek tanpa logo. Ide perlunya logo bagi produsen mobil ini awalnya setelah Perusahaan Bayerische Motoren Werke (BMW) memisahkan diri dari perusahaan awalnya yang bernama Rapp Motoren Werke. Franz Josef Popp selaku pemilik BMW yang menginisiasi perlunya sebuah logo.

Logo BMW yang ada sekarang hadir sekitar tahun 1927. Sejak saat itu, tidak ada perubahan signifikan pada logo tersebut hingga hampir 100 Tahun, kecuali perubahan-perubahan kecil saja.

Mungkin banyak yang mengira lambang BMW adalah representasi bendera kotak-kotak yang sering dikibarkan saat ajang balapan. Atau juga gambaran baling-baling pesawat untuk menandakan performa mobil-mobil BMW yang luar biasa.

Namun semua mitos tersebut dibantah oleh Kai Jacobsen, seorang sejarawan BMW. Dia menjelaskan bahwa Logo BMW pada dasarnya merupakan penghormatan kepada logo lama Rapp Motor. Logo BMW merupakan logo Rapp yang dihilangkan lambang kuda hitam ditengahnya dan diganti dengan warna biru-putih sebagai representasi warna nasional Bavaria.

Makna Logo BWM

Makna Logo BWM – Logo Rapp Motor dan BMW

Buka juga makna logo mobil berikut: Subaru, BMW, Mercedes-Benz, Tesla, Ferrari

MERCEDES BENZ

Sama halnya dengan BMW, Mercedes Benz juga merupakan simbol kemewahan bagi kebanyakan masyarakat di dunia. Terlepas seperti apapun bentuk mobilnya, logo Bintang Segitiga pada hidung mobilnya merupakan cap kemapanan ekonomi bagi kalangan menengah ke atas.

Seperti ditulis oelh majalah otomotif “The News Wheel“, sejarah logo Mercy berawal dari kartu pos yang dikirim Gottlieb Daimler pada istrinya pada tahun 1970an. Daimler menggambar bintang bersegi tiga pada kartu pos tersebut untuk menunjukkan lokasi rumahnya sekaligus sebagai simbol untuk menggambarkan cahaya yang menyinari pabriknya dan membawa kemakmuran.

Sejarah dan Makna Logo Mercedes Benz

Sejarah dan Makna Logo Mercedes Benz

Anak-anak Daimler, Paul dan Adolf mulai menggunakan logo bintang bersegi tiga tersebut sebagai brand produk DMG pada awal tahun 1900an.

Ketika DMG bergabung dengan Benz & Cie pada tahun 1926, mereka menghiasi logo bintang-3 tersebut dengan karangan bunga laurel. Karangan bunga tersebut sudah tidak digunakan lagi, namun masih dikenal sebagai bagian dari logo mercy.

TESLA

Elon Musk merubah persepsi yang masif terhadap mobil listrik dengan mendirikan Tesla sebagai brand mobil listrik premium dengan tampilan cantik dan tenaga dan kecepatan luar biasa. Perusahaan produsen mobil listrik sepenuhnya tersebut didirikan pada tahun 2003.

Logo mobil ini adalah huruf T yang seperti sekrup atau paku yang siap ditancapkan. Sudah jelas mengapa dipilih huruf T, tentu karena nama Tesla itu sendiri. Namun nama itu bukanlah muncul sebagai ide murni dari sang Maestro Elon Musk.

Tesla adalah nama ilmuwan terkenal dibidang kelistrikan dan fisika, yaitu Nikola Tesla. Pada akun twitternya, Elon Musk menjelaskan makna logo Tesla tersebut, bahwa itu adalah penggambaran dari motor listrik.

Sejarah dan Makna Logo Tesla

Sejarah dan Makna Logo Tesla

“Serupa dengan SpaceX, T adalah seperti penampang motor listrik, sama seperti X seperti lintasan roket”, jelas Elon Musk singkat.

Jadi sesimpel itu, tidak ada filosofi yang rumit atau kode magis pada logo Tesla. Elon Musk hanya menyesuaikan awal nama Brandnya dengan komponen utama jantungpacu mobil buatannya.

FERRARI

Kuda jingkrak berlatar kuning sudah menjadi ikon kemewahan Super Car. Pecinta mobil cepat yang tajir tidak akan lengkap jika tak memiliki Ferrari di garasinya. Ferrari menjadi koleksi wajib bagi para artis, olahragawan ternama dan para pengusahan yang menyukai super car.

Namun tahukah sobat mengenai makna dan sejarah logo kuda jingkrak Ferrari tersebut? Logo tersebut punya sejarah yang unik dan punya nilai magis bagi Enzo Ferrari, sang pemilik produsen mobil eksotis asal Italia tersebut.

Ide logo kuda jingkrak tersebut berasal dari seorang ibu bernama Countess Paolina, yang merupakan ibu dari seorang pahlawan Italia, Francesco Baracca, pilot pesawat tempur era Perang Dunia I.

Paolina menyarankan Enzo untuk menempelkan logo Kuda Jingkrak pada mobil balapnya di tahun 1923. Countess Paolina percaya bahwa lambang kuda tersebut akan membawa keberuntungan pada Enzo Ferrari, sebagaimana anaknya yang menempelkan logo tersebut pada pesawat tempurnya.

Sejarah dan Makna Logo Ferrari

Sejarah dan Makna Logo Ferrari

Enzo Ferrari memilih untuk percaya pada efek magis dari kuda jingkrak tersebut, karena menurut Countess Paolina lambang itulah yang menyelamatkan anaknya saat perang dunia I. Mistis bukan? wajar saja, orang Italia memang suka hal-hal mistis sehingga terkenal dengan berbagai mitologinya.

Berlanjutlah Kemudian logo kuda jingkrak tersebut menjadi ikon Ferrari yang terkenal hingga kini menjadi kebanggaan bagi Italia di dunia otomotif.

Baca juga:

Demikianlah makna dan sejarah beberapa Logo brand Mobil terkenal di dunia. Semoga menambah pengetahuan sobat pembaca. Terimakasih telah mengujungi CaruserMagz.com, jangan ragu untuk berkomentar jika sobat menyukai artikel ini.

Salam Otomotif!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)