Mazda Kai Concept – The Beauty of Japanese Car! Inikah Next-Gen Mazda3?

CaruserMagz.com – Berbagai brand otomotif Jepang berlomba menampilkan mobil konsepnya pada ajang Tokyo Motor Show 2017. Salah satu yang mengagumkan adalah Mazda Kai Concept yang disinyalir akan menjadi Next Generation dari Mazda3 Hatchback.

 
Mobil konsep ini mengintegrasikan desain dan teknologi masa depan Mazda. Yaitu kodo design yang sangat aerodinamis dan teknologi mesin SkyActiv-X yang lebih powerful dan efisien.

 
Mazda Kai Concept ini berdimensi 4.420 x 1.855 x 1375 mm untuk Panjang x Lebar x Tinggi. Wheelbase-nya sangat panjang untuk ukuran seekor hatchback, yaitu 2.750 mm. Itu artinya mobil ini makin aerodinamis dibanding Mazda3 yang ada sekarang, karena keseluruhan body-nya lebih rendah 7,5 cm, lebih lebar 6 cm dan lebih pendek 16 cm.

 

Mazda Kai Concept - Front - Tokyo Motor Show 2017
Mazda Kai Concept – Front look

Tampilan depan Mazda Kai ini tidak seribet mobil-mobil masa kini yang penuh aksen krom atau grill yang rumit seperti Honda Civic atau konsep Dynamic-Shield milik Mitsubishi. Dengan tampilan yang simpel, Mazda mampu menyajikan desain yang modern dan sangat menawan.

 
Wajah mobil ini terlihat jantan dengan grill lebar khas Mazda yang terintegrasi dengan lampu depan yang bundar dan kecil seperti mata robot. Di bawah, ada bagian seperti diffuser yang memberi kesan berlapis dari bahan seperti serat karbon.

 
Desain Kai Concept ini cantik sekaligus garang mengintimidasi. Hal itu terlihat dari lampu utamanya yang kian sipit dan berkesan canggih dengan projector yang kontras. Lampu belakang terlihat menggoda dengan dua lingkaran kontras dibelah strip horizontal yang berpijar.

 

Mazda Kai Concept - Front & Rear Lamps
Mazda Kai Concept – Front & Rear Lamps

Desain yang menarik dari Mazda ini adalah kesan berotot kekar pada fender roda depan dan belakang. Tanpa garis yang jelas seperti pada mobil-mobil dari brand lain, otot kekar itu meliuk pada bagian samping hingga ke belakang. Menyajikan pemandangan indah seolah mampu melibas hambatan dengan kecepatannya.

 
Roda yang berukuran besar tapi tipis, dipadu dengan velg dengan desain spoke sport menambah kesan bertenaga dari hatchback konsep ini.

 
Di bagian belakang, bentuknya tak kalah menggoda. Desain bokongnya sangat aerodinamis dan mengecilkan friksi udara. Menariknya, lampu belakangnya mengingatkan kita pada konsep Mazda RX-Vision, yaitu strip lampu LED yang membelah dua elemen bulat pada setiap lampunya.

 
Antara dua pipa kenalpot yang kembar, kita akan menemukan rongga yang ditengahnya ada strip vertical untuk pencahayaan, segaris dengan strip yang mirip pada bagian spoiler. Jadi terdapat 4 strip lampu tipis yang seperti berpijar saat pengereman.

 

Mazda Kai Concept - Rear - Tokyo Motor Show 2017
Mazda Kai Concept – Tampak Belakang yang Menawan

Hal yang tampak tidak lazim adalah di bagian atapnya, yaitu double sun-roof di sisi kiri dan kanan. Sehingga dari atas, mobil ini seperti nyaris tak beratap logam. Mungkin akan terlihat lebih indah jika semua bagian atap dibuat berwarna hitam sehingga seperti terhubung dari kaca depan ke belakang.

 

Mazda Kai Concept - Roof - Tokyo Motor Show 2017
Mazda Kai Concept – Roof

Bagaimana dengan interior? Keseluruhan interior Mazda Kai Concept ini memberikan gambaran yang kian kental, bahwa mobil ini dibuat dengan orientasi terpusat pada pengemudi.

 
Dashboardnya terlihat datar dan memberi garis yang semuanya seperti berhenti di fokus pengemudi. Tidak ada center-cluster yang terlihat. Infotainment system berupa layar yang dibuat memanjang dari tengah hingga di hadapan penumpang depan.

 

Mazda Kai Concept - Interior
Mazda Kai Concept – Interior Driver Oriented

Konsep Mazda Kai ini dibangun dengan filosofi New SkyActiv-Vehicle Architecture yang diklaim meningkatkan rigiditas dibanding mobil-mobil Mazda yang ada sekarang.

 
Mazda juga mengatakan bahwa dapurpacu mobil ini adalah mesin SkyActiv-X yang merupakan petrol engine pertana menggunakan compression ignition. Yaitu spark controlled compression ignition (SPCCI) sebagai metode pembakarannya, sehingga menghasilkan performa dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

 
Mazda belum menyatakan bahwa Mazda Kay Concept ini adalah next-gen Mazda3. Namun dari bentuk dan dimensinya, mobil konsep ini paling dekat dengan Mazda3 Hatchback. Masih terlalu dini untuk menyimpulkan apakah versi produksi dari konsep ini adalah Mazda3. Semoga saja versi produksinya tidak mengecewakan dan tidak jauh berbeda dari Kai Concept yang menawan ini.

 

Sumber: Paultan.org

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.
Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

One thought on “Mazda Kai Concept – The Beauty of Japanese Car! Inikah Next-Gen Mazda3?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *