Kijang Innova: Mobil Legendaris Andalan Keluarga

CaruserMagz.com, OTO – Toyota melalui produk-produk mobil keluarga andalannya berhasil merajai pasar otomotif Indonesia dalam beberapa dekade terakhir. Salah satu penyumbang penjualan Toyota tersebut ialah Kijang yang mereka luncurkan pada tahun 1977. Mobil keluarga dengan desain kokoh ini merupakan hasil kerjasama antara Indonesia dan Jepang dalam hal produksi industri otomotif.

Toyota Innova Indonesia lintas generasi
Toyota Kijang Innova Lintas Generasi – Foto by YA
Sejak pertama kali diluncurkan, Kijang berhasil menjadi barometer kendaraan keluarga di Indonesia. Yakni mobil dengan ruang luas, kapasitas penumpang banyak serta handal di segala medan. Hingga saat ini, Toyota telah beberapa kali melakukan pembaruan pada Kijang, di tahun 2004 Toyota menyematkan nama Innova di belakang Kijang.
Perubahan desain terasa sangat besar pada Kijang Innova dibanding model-model sebelumnya. Pasalnya, Toyota mendesainnya dengan modern menyesuaikan kebutuhan namun tetap dengan ruang luas, kapasitas penumpang banyak serta handal di segala medan. Dengan hal tersebut, Kijang Innova tetap mendapatkan tempat di masyarakat tanah Air.
Merupakan kelanjutan dari Toyota Kijang dan dipasarkan tahun 2004. Kijang Innova adalah salah satu dari tiga produk IMV (lainnya adalah Toyota Hilux dan Fortuner) yang digagas Toyota sebagai basis produk kendaraan global yang berasal dari satu platform.
Selain Indonesia, Kijang Innova juga dijual oleh Toyota di beberapa negara lain seperti di India (menggantikan Toyota Qualis), Malaysia dan Singapura (menggantikan Unser), Filipina (menggantikan Toyota Revo), Taiwan (menggantikan Toyota Zace Surf),Vietnam (menggantikan Toyota Zace) dan Thailand. Mobil ini juga tersedia di pasar Brunei Darussalam, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.
Dengan perubahan yang dilakukan, secara keseluruhan Toyota Kijang Innova berhasil menempati posisi lima besar penjualan mobil terbanyak di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Setelah 2004, Toyota beberapa kali melakukan ‘make up’ pada Kijang Innova seperti di tahun 2008 mobil ini hadir dalam bentuk facelift.
Selanjutnya pada 2011 pabrikan asal Jepang ini perkenalkan Grand New Kijang Innova dengan perubahan pada bagian eksterior. Tidak puas dengan hal itu, pada 16 Januari 2017 di Jakarta Toyota kembali perkenalkan generasi terbaru Innova Venturer dengan fitur dan desain yang berubah.
Toyota Kijang Innova generasi kedua merupakan kendaraan yang sama sekali baru dengan mengusung platform baru dan beberapa jenis mesin. MPV yang telah total diperbaharui ini ditenagai mesin bensin 2,0 liter Dual VVT-i 1TR-FE yang mampu menghasilkan kekuatan sebesar 139 PS pada 5600 rpm dengan torsi sebesar 183 Nm pada 4000 rpm.
Sedangkan mesin penggerak diesel merupakan mesin variable nozzle turbocharged (VNT) dengan intercooler 2,4 liter 2GD-FTV yang mampu menghasilkan kekuatan sebesar 149 PS pada 3400 rpm dengan torsi sebesar 359 Nm pada kisaran 1200 hingga 2600 rpm. Pilihan transmisi yang tersedia pada mobil ini adalah manual 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan.
Tersedia tiga trim untuk mobil ini, yaitu, Tipe G, Tipe V, dan Tipe Q yang dibedakan dalam besutan fiturnya. Untuk aspek keselamatan, mobil ini mengusung tujuh airbag, kontrol kestabilan kendaraan (VSA), dan kontrol tanjakan (HAC).
Pada generasi terbaru Kijang Innova, Toyota menyematkan beberapa keselamatan yang dapat memberikan rasa aman bagi pengemudi dan penumpang. Fitur itu seperti Dual SRS Airbags, Side Impact Beam, dan Collapse Steeering Column, New Seatbelt dengan Pretensioner dan Force Limiter, Automatic Gate Type Transmission dan juga Shift Position Indicator. Untuk fitur keamanan mobil ini sudah tersedia seperti Integrated Key yang dilengkapi dengan Toyota Auto Alarm, Wireless Door Lock, Power Windows serta Power Door Lock.
Sementara di sektor hiburan, pesaing Nissan Serena, Mazda Biante, Mitsubishi Delica ini memiliki fitur seperti USB/AUX, WMA players, 2 DIN CD with MP3, Intergrated Rear Blower Air Conditioner serta layar di bagian kursi baris kedua.
Meski didesain secara sempurna dan memiliki tenaga yang terbilang baik, namun tetap Kijang Innova memiliki beberapa kekurangan. Seperti halnya mobil ini memiliki radius putar yang cukup besar. Hal ini beralasan, sebab dimensi Kijang Innova terbilang besar dengan panjang 4,585 mm panjang 1,775 mm dan tinggi 1.750 mm.
Kontributor: Guest Writter dari OTO.com, Foto by YA
 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

One thought on “Kijang Innova: Mobil Legendaris Andalan Keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *