Toyota Innova Venturer Resmi Diluncurkan dengan Harga 386,3 – 445,6 Juta Rupiah

CaruserMagz.com – Toyota Kijang Innova Venturer akhirnya resmi diluncurkan pada Senin 16 Januari 2017, setelah selama kurang lebih 2 bulan belakangan ramai diberitakan di media nasional. Innova varian tertinggi ini dibanderol dengan harga cukup mahal untuk ukuran medium MPV, yaitu sudah masuk level SUV besar seperti Fortuner dan Pajero Sport.

 

Hadirnya Innova Venturer membuat total ada 4 tipe Toyota Innova, yaitu G, V, Q dan Venturer. Dulunya hanya ada 3 dengan masing-masing tipe ada 4 varian berdasarkan bahan bakar dan transmisi, sehingga sebelum hadirnya Venturer, total ada 12 varian Innova.

 

Dengan berbagai pertimbangan, Toyota menghilangkan salah dua varian, yaitu Innova tipe Q Diesel baik yang manual maupun otomatis, sehingga sekarang total ada 16 varian Toyota Innova, dengan tipe Q hanya tersedia varian mesin berbahan bakar bensin. Toyota Innova Venturer total ada 4 varian, yaitu dengan mesin bensin 2.0L dan mesin Diesel 2.4L. Masing-masing tersedia pilihan transmisi manual dan otomatis.

 

Kata Venturer sendiri berasal dari kata ‘Adventure‘ yang berarti petualangan. Seperti pernyataan Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Vehicle & Planning TAM, saat peluncuran Innova Venturer ini.

 

Inilah flagship varian Kijang Innova. Venturer berasal dari kata ‘adventure’ yang artinya varian ini siap membawa Anda menjelajah dengan seluruh kenyamanan yang dibawanya. Interior kini semakin nyaman dan bernuansa elegan, total ada 15 item baru di New Venturer ini,” Ujar fransiscus.

 

Benar saja, Toyota merombak tampilan luar Innova Venturer ini menjadi mirip crossover. Misalnya adanya over fender di sekeliling spakbor, side-skirt di bagaian samping dan bumper protector di bagian depan dan belakang, semua bagian tersebut terintegrasi dengan warna hitam. Velg juga diberi warna hitam mengkilap seperti kelir piano black, senada dengan warna grill depan.

 

Karena mungkin orang Indonesia yang umur-umurnya suka dengan Innova banyak yang hobi dengan chrom, maka Venturer ini juga ditaburi aksen chrom di berbagai sisi. Namun karena badan Innova ini begitu besar, taburan chrom tersebut tidak sampai membuat mobil ini nampak norak seperti jika pemilik Innova yang maniak chrom memodifikasi mobilnya sendiri.

 

Hiasan chrom tersebut antara lain: bagian kiri-dan kanan grill depan, housing kaca spion, 2 garis chrom memanjang di grill depan bersambung dengan aksen chrom di dalam head lamp, di rumahan fog-lamp, di sepanjang side-skirt, di sisi kiri dan kanan bumper protector depan dan belakang, dan tidak ketinggalan pada gagang handel pintu.

 
Baca juga:

Mungkin Innova Venturer ini adalah jawaban Toyota terhadap orang-orang yang mengeluhkan ruang kabin Fortuner yang kurang terasa lapang, sehingga mereka yang menginginkan kelegaan kabin Innova tapi juga menyukai tampilan eksterior yang macho, maka mereka bisa meninggalkan Fortuner, untuk meminang Venturer dengan fitur dan interior yang terasa lebih mewah dibanding fortuner tipe G.

 

Apa saja yang kita temui di interior Kijang Innova termewah ini? Toyota memberikan kenyamanan dan kemewahan yang lebih dari Innova tipe dibawahnya. Misalnya kursi yang sudah dibalut oleh pelapis berbahan kulit, kursi pada baris kedua berdesain captain-seat yang memberi privasi pada penumpangnya. Kenyamanan penumpang baris kedua juga didukung oleh hadirnya seat-back table.

 

Untuk fitur, Venturer sudah dilengkapi Vehicle Stability Assist dan Hill Start Assist, 7 buah airbags untuk melindungi semua penumpang, dan tidak ketinggalan standard ISOFIX untuk keselamatan balita. Fitur keselamatan tersebut sudah cukup advance untuk mobil di Indonesia. Sedangkan fitur-fitur infotainment dan pendukung lainnya juga sudah lengkap, seperti yang ada pada Innova tipe Q.

 

Mengenai harga, Innova benar-benar naik kelas menjadi MPV setengah luxury, karena harganya sudah setengah dari MPV mewah seperti Alphard atau Elgrand. Tepatnya kisaran harga Venturer ini adalah selevel dengan medium SUV seperti Honda CR-V, Nissan X-Trail, Toyota Fortuner dan Pajero Sport tipe terendah.

 

Berikut daftar harga Innova Venturer:

Innova Venturer 2.0 MT Bensin  : Rp 386.300.000
Innova Venturer 2.0 AT Bensin  : Rp 406.400.000
Innova Venturer 2.4 MT Diesel  : Rp 424.200.000
Innova Venturer 2.4 AT Diesel  : Rp 445.600.000

 

Memang harga di atas cukup mahal bagi konsumen menengah ke bawah, namun jika dibandingkan dengan kompetitor seperti Mitsubishi Delica, Nissan Serena dan KIA Sedona, harga Toyota Innova Venturer ini masih cukup kompetitif.

 

Lagipula, ini adalah jualan Toyota, sang raksasa otomotif di Indonesia yang banyak orang membeli produk-produknya dengan tidak membandingkan dengan produk brand lain. Trust yang begitu besar dari masyarakat Indonesia pada Toyota adalah salah satu faktor dominan yang menjadikan Innova sebagai raja pada segmen medium MPV ini.

 

Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

2 thoughts on “Toyota Innova Venturer Resmi Diluncurkan dengan Harga 386,3 – 445,6 Juta Rupiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *