Perbedaan Ertiga Dreza vs GX dan Ertiga GX Lama

CaruserMagz.com – Varian terbaru Ertiga Dreza cukup menyita perhatian pecinta otomotif di seluruh dunia. Pada dasarnya Ertiga Dreza merupakan New Ertiga tipe GX yang dirubah tampilan eksterior dan interiornya, dengan tambahan beberapa fitur baru serta dikembalikannya fitur-fitur yang sempat disunat oleh suzuki saat melakukan facelift dari Ertiga ke New Ertiga.

 

Sesuai dengan slogannya, “Lebih Mengerti Keluarga“, Ertiga Dreza sepertinya memang dikeluarkan lebih lambat dari New Ertiga untuk melihat pendapat masyarakat tentang facelift pertama dan pada akhirnya Ertiga Dreza diharapkan menjadi jawaban dari keinginan masyarakat dan pengguna Ertiga.

 

Hal ini merupakan strategi pemasaran Suzuki, agar varian termewah Ertiga ini menjadi seperti bintang yang bersinar terang. Apakah demikian adanya? silahkan Sobat lihat wajah dan baju baru Ertiga ini. karena kata Dreza merupakan ungkapan untuk “Dress up” yang artinya “berdandan” atau dalam istilah wanita mungkin bisa disebut “bersolek“.

 

Berikut akan kami jelaskan dengan ringkas perbedaan Ertiga Dreza dengan New Ertiga tipe GX dan Ertiga GX generasi pertama.

 

1. Perbandingan Eksterior

 

Sangat jelas sekali perbedaan eksterior Ertiga Dreza dengan New Ertiga seperti ingin menjawab tanggapan pecinta otomotif yang banyak menyayangkan perubahan eksterior pada facelift dari Ertiga ke New Ertiga. Perubahan tersebut banyak dinilai tidak signifikan dan membuat New Ertiga malah kurang disukai dibanding Ertiga generasi pertama.

 

Apakah hasil dandan Ertiga ini sudah cantik? atau malah menjadi “menor“? Yang kami rasakan saat memandang wajah Ertiga Dreza ini adalah “berkunang-kunang” karena terlalu banyak garis pada grill radiator dan grill bawah, seperti melihat hologram dua gambar yang ditumpuk. Namun silahkan Sobat nilai sendiri, karena mengenai desain eksterior tentunya tergantung selera masing-masing. Yang terpenting adalah karya designer tersebut disukai sebagian besar konsumen otomotif, sehingga mobil baru ini laris manis.

 

Berikut perbedaan pada Eksterior Ertiga Dreza dibandingkan dengan Wajah Ertiga versi sebelumnya:

 

>> Dimensi

 

Tidak ada perbedaan signifikan pada dimensi secara keseluruhan, hanya saja Suzuki Ertiga Dreza lebih panjang 6 cm dari New Ertiga tipe GX dan Ertiga tipe GX generasi pertama. Selain itu, karena Ertiga Dreza memakai baju baru dengan pernak pernik chrom serta side skirt yang lebih banyak, tentunya bobotnya akan lebih berat dari versi sebelumnya. Berikut perbandingan terkait dimensi:

 

Dimensi
Ertiga Dreza
New Ertiga
Ertiga
Panjang
mm
4.325
4.265
Lebar
mm
1.695
Tinggi
mm
1.685
Ground Clearance
Cm
18.5
Jarak Poros Roda
mm
2.740
Radius Putar
meter
5.2
Jarak Pijak Depan
meter
1.48
Jarak Pijak Belakang
meter
1.49

 

 

>> Perbedaan Wajah

 

Banyak netizan menyayangkan bentuk wajah Ertiga Dreza ini. Ertiga generasi pertama dinilai lebih baik karena lebih elegan dan simpel. sedangkan Dreza bertubi-tubi dibuli karena dinilai terlalu berlebihan dalam bentuk grill dan aksesoris chrom.

 

Perbandingan Wajah Suzuki Ertiga Dreza, New Ertiga dan Ertiga Generasi Pertama

 

Namun lagi-lagi mengenai penilaian terhadap wajah adalah relatif tergantung selera masing-masing orang. Karena cantik menurut kita, belum tentu cantik menurut orang lain. Hal yang bisa kami kemukakan adalah design lama nampak lebih dewasa sedangkan makin kekinian, Ertiga jadi nampak kian genit dengan gincu chrom-nya. Bagaimana menurut sobat? makin suka atau makin eneg? jawab saja di komentar artikel ini jika Sobat punya pendapat sendiri.

 

Inilah hal-hal baru yang disuguhkan Suzuki pada eksterior Ertiga Dreza:
  • Grill radiator yang lebih lebar dari Ertiga sebelumnya.
  • Garnish chrom pada bagian atas Grill Radiator.
  • Front grill baru di bagian bawah grill radiator dengan full garnish chrom.
  • Bumper dengan bentuk yang baru (seperti busur panah).
  • Lampu LED dengan hiasan chrom, sedang menjadi trend.
  • bentuk lampu kabut (fog lamp) yang baru.

 

Sedangkan pada tipe termewah Ertiga Dreza Tipe GS, bedak dan gincu dibuat lebih tebal dengan tambahan lagi, yaitu garnish chrom pada seluruh ring grill radiator dan chrom pada bagian samping (side skirt).

 

Wajah Ertiga Dreza lebih Detail

 

Pada intinya, Ertiga Dreza ini bertabur aksen chrom. karena mungkin berdasarkan penelitian sosiolog otomotif Jepang, konsumen Indonesia sedang mudah digoda dengan gincu bernama chrom itu. Mungkin nanti kita akan menyaksikan ada mobil yang dibuat dengan cat model chrom keseluruhan body-nya, siapa tahu akan lebih laku karena totally stylist hingga tidak bisa dilihat karena menyilaukan.

 

Bentuk wajah Dreza yang lebih rame dibanding New Ertiga dan Ertiga lama ini, diklaim Suzuki lebih elegan dan lebih berasa mobil mewah, karena banyak aksen chrom dan mengikuti trend bentuk wajah mobil-mobil mewah seperti Honda HRV dan Peogueot RCZ. Bentuk grill radiator dengan garis seperti busur panah atau nampan yang menampung emblem Suzuki pada Dreza ini, mengingatkan kita pada grill radiator Hyundai i-30 yang tidak dijual di Indonesia.

 

Pada Hyundai i-30, hanya ada dua garis dengan motif chrom. Sehingga membuat wajahnya nampak elegan bernuansa mobil-mobil Eropa. Sedangkan pada Ertiga Dreza, ada empat garis ditambah tiga lagi garis yang seirama pada grill bawah, membuat mata kita sedikit berkunang-kunang saat memandangnya.

 

>> Perbedaan Bagian Belakang

 

Tidak ada perbedaan signifikan pada bagian bokong Ertiga Dreza dibandingkan dengan New Ertiga dan Ertiga Tipe GX versi lama. masih mengusung bentuk yang biasa-biasa saja dan flat. Perbedaannya hanya pada tambahan aksesoris dan kembali lagi berkaitan dengan chrom. Bagian bokong Ertiga Dreza dan New Ertiga dihiasi dengan sebilah chrom lebar bertuliskan ERTIGA, yang bersambung langsung dengan aksesoris lampu tambahan. Emblem DREZA juga disematkan pada sisi kanan bawah. Selain itu, bentuk rear-spoiler juga nampak ada perbedaan dari New Ertiga dan Ertiga tipe GX sebelumnya.

 

Perbandingan bagian belakang Ertiga Dreza, New Ertiga dan Ertiga Versi Lawas

 

Entah mengapa hal ini umum terjadi pada mobil-mobil Jepang, saat bagian depan dibuat mewah dengan bentuk futuristik, bagian belakangnya membuat kita kurang berminat memilikinya. Atau sebaliknya seperti Honda Mobilio, bagian bokongnya menggoda sedap dipandang, tapi bagian depannya terlalu biasa-biasa saja. Tidak seperti mobil-mobil Eropa dan Korea terbaru yang enak dipandang dari sisi mana saja. Mungkin designer mobil-mobil Jepang sudah kelelahan mengurus satu sisi dan akhirnya membuat sisi lain dengan seadanya, yang penting ada.

 

2. Perbedaan Interior

 

Masuk ke kabin Ertiga Dreza, tidak ada perubahan bentuk yang signifikan pada interior secara keseluruhan. Seperti bentuk dashboard, kursi, doortrim dan konsol tengah. Perbedaan yang langsung nampak adalah adanya aksen kayu pada dashboard dan doortrim, serta head unit audio-system yang sudah dihiasi layar touch-screen yang cukup lebar.

 

Perubahan Interior pada Ertiga Dreza

 

Dibanding Ertiga Tipe GX versi lama dengan lingkar kemudi berwarna cerah beige, setir Ertiga Dreza dan New Ertiga diberi warna gelap, sehingga lebih aman dari kesan kumal jika terkena noda. Masih berkaitan dengan warna, kursi Ertiga Dreza juga sudah dibuat berbeda, yaitu dengan dua warna yang agak kontras (two-tone). Suzuki juga mengumumkan pada brosurnya, bahwa bahan pelapis jok Ertiga Dreza dibuat dengan bahan yang lebih baik dari Ertiga versi sebelumnya.

 

Interior Ertiga Dreza

 

Interior Ertiga GX Generasi Pertama

 

Interior Ertiga memang sudah lebih baik dibanding kompetitornya, seperti Grand New Avanza dan Honda Mobilio. Kenyamanan dan kemewahan interior Ertiga dapat dikatakan yang terbaik di kelasnya. Sehingga walau tidak mendapat banyak ubahan, tetap lebih menarik dari kompetitornya.

 

3. Perbedaan Fitur

 

Sektor fitur merupakan hal yang paling digadang-gadang oleh Suzuki jauh hari sebelum Ertiga varian termewah ini diperkenalkan namanya. yaitu saat dilakukannya facelift dari Ertiga ke New Ertiga. Fitur Ertiga Dreza banyak perbedaan dengan New Ertiga tipe GX, namun dibandingkan Ertiga tipe GX generasi pertama, ada beberapa fitur yang sama. Berikut Perbandingan fitur-fitur tersebut:

 

>> Fitur Keamanan

 

Dalam hal fitur keamanan, dapat dianggap tidak ada hal baru pada Ertiga Dreza. Karena fitur yang diklaim Suzuki sebagai hal yang baru aselinya adalah fitur yang sudah ada pada Ertiga GX generasi pertama, lalu disunat pada saat facelift menjadi New Ertiga. kemudian dimunculkan kembali pada Ertiga Dreza.

 

Fitur tersebut adalah system pengereman “Antilock Braking System (ABS)” dan “Electronic Brakeforce Distribution (EBD)“. Hilangnya fitur teknologi pengereman ini dari New Ertiga tipe GX banyak disayangkan pecinta otomotif, dan celakanya saat disematkan kembali pada Ertiga Dreza, hal yang paling berpengaruh pada selera beli masyarakat yaitu penampakan eksterior, banyak dikritik dengan cukup pedas oleh para reviewer di media online ternama dan para netizen. Sehingga pengembalian fitur penting itu seperti tenggelam oleh ramainya kritik pada eksterior tersebut.

 

Fitur keamanan unggulan lainnya masih tetap dipertahankan, seperti “Side Impact Beam” dan “dual Air Bags“. Sehingga tidak ada perbedaan antara Ertiga Dreza dengan New Ertiga dan Ertiga tipe GX generasi pertama dalam hal fitur kemanan body dan airbags tersebut.

 

>> Fitur Audio System

 

Perubahan audio system merupakan hal yang paling dapat dibanggakan oleh Suzuki, karena head unit Ertiga Dreza merupakan hal yang benar-benar baru. Head unit Ertiga Dreza ini diberi nama “Audio Video Navigation (AVN)” karena mempunyai tiga fungsi tersebut dalam satu electronic device berupa layar sentuh berukuran 9 inci dengan Operating Sytem (OS) Android 4.1 dan resolusi HD.

 

Head Unit Ertiga Dreza vs Ertiga GX

 

Fitur audio system Ertiga Dreza ini sudah cukup mengikuti tren kekinian yang banyak diusung mobil-mobil Eropa dan Amerika, dimana navigasi satelit dan koneksi bluetooth dengan gadget sudah jamak jadi fitur standar. Selain itu, dikabarkan juga head unit ini akan mengusung kemampuan smartphone mirroring dan voice command. Meskipun OS dari AVN ini adalah android, namun Suzuki mengabarkan bahwa AVN juga compatible untuk smartphone atau tablet yang menggunakan i-OS, seperti iPhone, iPad dan iPod. Cukup canggih bukan?

 

 

Sayangnya menurut pemaparan Suzuki, head unit yang cukup canggih tersebut eksklusif hanya untuk Ertiga Dreza tipe GS. Selain itu penampakan head unit yang full touchscreen ini, cukup kontras dengan panel AC yang masih menggunakan model kompor gas. Seandainya dipadu dengan tombol pengaturan AC digital, tentunya akan nampak sempurna.

 

Hal lain yang berkaitan dengan layar monitor adalah kamera parkir. untuk yang satu ini belum dipasang secara build-in, namun dijual Suzuki sebagai aksesoris after market. begitu juga dengan sepasang layar monitor untuk penumpang di kabin baris ke-dua, bisa ditambahkan jika Sobat membayar lebih tentunya. Sedangkan pada Ertiga tipe Elegant versi sebelumnya, dua monitor tersebut sudah ada sejak dibeli.

 

4. Perbedaan Harga

 

Karena Suzuki Ertiga Dreza merupakan varian termewah, tentu harganya akan lebih mahal dari New Ertiga Tipe GX. Berikut perkiraan perbandingan harga Ertiga Dreza dan New Ertiga GX dalam jutaan rupiah:

 

Type
Ertiga Dreza GS
Ertiga Dreza
New Ertiga GX
Transmisi Manual
M/T
224
217
208
Transmisi Otomatis
A/T
237
230
220

 

List harga tersebut masih merupakan perkiraan berdasarkan selisih harga dengan New Ertiga, secara resmi tentunya akan dikeluarkan oleh Suzuki setelah peluncuran pada pertengahan januari 2016. Selain itu, harga tersebut juga merupakan harga on the road (OTR) di area DKI Jakarta, sedangkan harga di luar ibu kota, akan mnyesuaikan dan tentunya akan sedikit lebih mahal.

 

Kesimpulan

 

Sebagai kesimpulan dari perbandingan ini, hal-hal yang benar-benar menonjol perbedaan antara Ertiga Dreza dan New Ertiga Tipe GX dan Ertiga versi lawas adalah:
  1. Tampilan Eksterior yang lebih rame dengan aksen chrom, terutama pada bagian depan.
  2. Tampilan Interior dengan kursi bermotif dua warna dan aksen garnish kayu pada dashboard dan doortrim kabin depan.
  3. Dimensi Ertiga Dreza yang lebih panjang 6 cm.
  4. Fitur keamanan Rem ABS+EBD yang ada pada Ertiga Dreza dan Ertiga GX versi lawas, namun tidak ada pada New Ertiga Facelift tipe GX.
  5. Head unit Audio Video Navigation ((AVN) yang canggih sudah dibenamkan pada dashboard Ertiga Dreza.

 

Demikianlah perbedaan Ertiga varian terbaru yang digadang-gadang oleh Suzuki sebagai varian termewah dengan Ertiga tipe GX versi sebelumnya. Mungkin lebih aple-to-aple jika Ertiga Dreza ini dibandingkan dengan Ertiga Elegant. Namun, kami menilai perlu untuk menginformasikan perbedaan antara Ertiga Dreza dengan varian di bawahnya kepada Sobat pecinta Ertiga, khususnya Sobat yang berencana membeli Ertiga dan masih memilih-milih Ertiga tipe apa yang akan Sobat bawa pulang.

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

19 thoughts on “Perbedaan Ertiga Dreza vs GX dan Ertiga GX Lama

  • July 4, 2017 at 3:24 am
    Permalink

    elegan itu relative mas Aji. karena terkait selera masing-masing.
    Suzuki membuat Ertiga Dreza sebagai varian tertinggi dengan pernak pernik chrom yang lebih ramai, tentunya ada maksud menarik minat calon pembelinya. Mungkin menurut para pakar Suzuki, konsumen Indonesia sangat menyukai chrom, sehingga Dreza dibuat seramai itu mukanya.
    Kalau kenyamanan tergantung dari sudut mana memandang kenyamaan, jika yang dimaksud adalah empuknya suspensi dan tebalnya kursi, Dreza maupun GX relative sama, namun pada sisi kepuasan mata dan telinga di interiornya, Dreza tentu lebih baik dengan berbagai kelebihan fitur infotainment.

    Reply
  • November 10, 2016 at 7:12 am
    Permalink

    Untuk bagasi, mana yg lebih luas antara dreza, new ertiga dan ertiga lawas?

    Reply
  • November 7, 2016 at 8:01 am
    Permalink

    terimakasih infonya pak, cukup membantu

    Reply
  • September 25, 2016 at 7:57 pm
    Permalink

    New Ertiga Produksi Februari 2016 n keatas, Tipe GX udh dikembalikan ABS n EBD nya. Alias disematkan lg.

    Reply
  • August 22, 2016 at 10:51 pm
    Permalink

    Rencana mw boyong ertiga juga nih..bingung juga nih mw pilih new ertiga gx atau dreza gs ya?eh klo yg di new ertiga gx ada tweeternya g om?

    Reply
  • May 18, 2016 at 2:58 pm
    Permalink

    maaf kami belum mendapatkan informasi mengenai apakah ATPM menjual HU tersebut sebagai aksesoris after market atau tidak. sebaiknya mas Wardi tanya langsung ke dealer resmi Suzuki. Terimakasih

    Reply
  • May 18, 2016 at 10:34 am
    Permalink

    Terima kasih reviewnya, sangat informatif. Jadi mending beli ertiga dreza atau ertiga lawas dengan tahun paling baru? hehehe..

    Reply
  • March 1, 2016 at 9:49 am
    Permalink

    Mobil yang dijual di Indonesia, yang sudah diberi fitur heater adalah KIA dan Hyundai.

    Reply
  • February 3, 2016 at 9:08 am
    Permalink

    ah masa yang punya paypal Indonesia gak punya duit buat sekedar beli mobil rakyat gini gan? hehe. harga paling cuma 220jt an lah.. yang paling murah 180jt an.

    Reply
  • February 3, 2016 at 9:05 am
    Permalink

    informasinya nya sangat bermanfaat gan! duit blom cukup buat belinya yg jadi masalah skrg hahaha

    Reply
  • January 21, 2016 at 2:40 pm
    Permalink

    Sepengetahuan saya, ertiga di indonesia gak ada yang dilengkapi heater mas singa chu. karena kita wilayah tropis yang lebih butuh ac. heater biasanya ada pada mobil2` di wilayah sub tropis atau arah ke kutub..hehe. Ertiga di India yg dilengkapi heater.

    Reply
  • January 21, 2016 at 4:56 am
    Permalink

    Di gambar Head Unit, bagian yang kliatan putaran temperatur AC, di Ertiga DReza hanya biru semua, Ertiga lama biru dan merah. Apa ini artinya di Dreza tanpa heater ya ?

    Reply

Tulis Komentar