KIA Rio Facelift 2017 Turbo Resmi Diluncurkan di Paris Motor Show

CaruserMagz.com – KIA Rio facelift 2017 resmi debut global di ajang Paris Motor Show pada 29 September 2016. Menurut pihak KIA, compact hatchback segmen-B terlaris ini telah diubah menjadi lebih stylist, lebih hemat biaya operasional, kabin lebih lapang, kepraktisan yang lebih baik dan dengan peningkatan fitur keselamatan.
Peluncuran resmi KIA Rio facelift 2017 di Paris Motor Show
KIA Rio baru ini akan dirakit di fasilitas pabrik KIA Sohari, Korea Selatan. Penjualan ke pasar global akan dimulai pada quarter pertama tahun 2017.
Kejutan yang dibuat KIA pada ajang Paris Motor Show ini, adalah pada bagian jantung penggerak Rio 2017 sudah ditanam teknologi turbocharge, sehingga akan menghasilkan tenaga yang lebih besar walau volume mesin diperkecil. Hal yang menggembirakan bagi konsumen, dengan mesin yang kecil tersebut, tentunya akan menghemat bahan bakar karena turbo membuat efisiensi yang jauh meningkat.
Penampakan eksterior tidak berbeda dengan pengumuman resmi pra-launcing di laman resmi KIA sebulan yang lalu. Tampilan KIA Rio menjadi lebih jantan dibanding versi sebelumnya. Walau masih ada aura versi lawas, tetapi wajah dan dimensinya terlihat lebih agresif. Grill tigernose yang lebih tajam, lampu utama yang lebih sipit dan tegas dan desain bumper yang baru.
Penampakan Belakang KIA Rio Facelift 2017
Di bagian belakang juga didesain lebih tajam dibanding versi sebelumnya yang membulat. Perubahan pada lampu belakang ada LED model boomerang. Bentuk keseluruhan belakang yang beraroma SUV diperkental dengan sudut yang lebih tajam pada garis horizontal di pintu belakang.
Desain velg lebar berpalang 7 dipadukan dengan ban yang lebih tipis menambah kegagahan KIA Rio 2017 ini. Kaki-kakinya nampak kokoh dengan desain spoke yang tegas.
Penampakan Samping KIA Rio Facelift 2017
Di bagian interior, KIA mengklaim penumpang akan menikmati ruang kaki yang lebih lega karena ada penambahan wheelbase sebanyak 10cm dan panjang keseluruhan ditambah 15cm, sehingga ruang bagasi juga menjadi lebih luas, dengan kapasitas 325liter.
Mengenai kenikmatan di dalam kabin, KIA menginformasikan di ajang Paris Motor Show ini bahwa teknologi infotainment telah mengusung fitur-fitur terkini, antara lain: Apple CarPlay, Android Auto, navigasi satelit, KIA connected service, yang dihimpun pada layar touchscreen 5 inchi. Enam buah Audio speaker berkualitas juga dibenamkan di interior hatchback cakep ini.
Dashboard KIA Rio Facelift 2017
Bagaimana dengan kursinya? pembeli KIA Rio dapat memilih antara pembalut kain atau kulit. Ada beberapa pilihan warna trim seperti hitam dan abu-abu. Ada juga pilihan red-pack trim, yang membuat kabin Rio menjadi sporty menyala dengan paduan warna hitam dan merah.
Mengenai pilihan mesin, disediakan varian turbo sebagai top-end model dan non-turbo sebagai model standar, berikut beberapa varian mesin KIA Rio 2017:
1. Mesin 1.25liter, 4 silinder, Non-Turbo, tenaga 84 PS, Torsi 122Nm.
2. Mesin 1.4 liter, 4 silinder, Non-Turbo, tenaga 100 PS, Torsi 132Nm.
3. Mesin 1.0 liter, 3 silinder, Turbo (T-GDI), dengan 2 output rating, 100 PS dan 119 PS.
4. Mesin Diesel 1.4 liter CRDi, dengan output maksimum hingga 90 PS.
Menarik bukan, berbagai fitur dan teknologi mesin terkini sudah disematkan pada KIA Rio, akan menjadi pilihan yang bagus jika versi facelift dari hatchback terlaris KIA ini dibawa masuk ke pasar otomotif Indonesia. Semoga teknologi turbo dan berbagai fitur menarik di infotainment systemnya tidak disunat saat masuk ke Tanah air.
Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *