Nissan March 2017 Generasi-5 Diluncurkan, Desain yang Menakjubkan!

CaruserMagz.com – Nissan March, di Eropa disebut Micra, generasi baru hari ini (29-09-2016) resmi diluncurkan di Paris Motor Show, Prancis.  Direncanakan small hatchback ini akan mulai dipasarkan pada tahun awal 2017 mendatang.

 

Seperti yang selama ini heboh dikabarkan berbagai media di dalam dan luar negeri, Nissan March generasi kelima ini seperti copy-paste dari mobil konsep Nissan Sway yang pertama kali ditampilkan di ajang Jeneva Motor Show pada tahun 2015.

 

Perubahan yang sangat signifikan ini bisa disebut sebagai evolusi Nissan March, karena lompatan desain yang berubah total dari yang dulu nampak standar membulat, menjadi mobil bernuansa masa depan yang tajam dan garang.

 

Dimensi Nissan March 2017

 

Tidak hanya desain yang berubah total, dimensi mobil ini pun dirubah lebih panjang 17cm, lebih lebar 7,7cm dan lebih rendah 6,9cm. Total dimensinya adalah P x L x T = 3.995 x 1.742 x 1.452 mm. Wheelbase atau jarak antar poros roda depan dan roda belakang juga ditambah 7,5cm menjadi 2.525mm.

 

Nissan March 2017 Generasi Baru - Tampak Samping
Nissan March 2017 Generasi Baru – Tampak Samping

Perubahan dimensi tersebut membuat mobil ini lebih bongsor dibanding March versi lawas. Sehingga memungkinkan kabinnya lebih lapang untuk ruang kaki dan ruang bahu. Tinggi yang dikurangi mungkin akan mengurangi ruang kepala, tapi Nissan sudah mengantisipasi itu dengan menurunkan posisi duduk penumpang.

 

Dengan dimensi yang lebih lebar dan lebih rendah tersebut juga tentunya akan menambah kestabilan mobil ini pada kecepatan tinggi, apalagi didukung desain aerodinamis yang tajam dan spoiler yang seperti ekstensi body, akan menambah down-force yang menguatkan grip ban ke jalan.

 

Desain Eksterior Nissan March 2017

 

Jika Nissan March generasi sebelumnya nampak cupu membulat dan girly, maka wajah Nissan March generasi ke-5 ini terlihat garang mengintimidasi khususnya karena desain lampu projector utama yang tajam dan sarat dengan aksen chrom bermotif boomerang serta LED, hingga sudah jauh dari kesan girly.

 

Nissan March 2017 Generasi Baru - tampak depan belakang
Nissan March 2017 Generasi Baru – tampak depan belakang

Grill V-motion khas Nissan tetap disematkan dengan volume yang lebih lebar, dibuat seperti bersambung dengan garis aerodinamis di atas kap mesin lalu meliuk pada bahu yang kekar di bawah pillar A, kemudian seperti ditarik lurus hingga ke ujung lampu belakang, seolah menggambarkan kecepatan.

 

Hal lain yang unik adalah handel pintu belakang yang terintegrasi dengan pillar C, sehingga tidak nampak, layaknya handel pintu belakang milik honda HRV dan Nissan Juke. Desain ini memberi kesan sporty seolah-olah tidak ada pintu belakang layaknya mobil coupe.

 

Desain velg seperti bentuk pisau-pisau yang tajam juga memberi kesan gagah dengan warna two-tone. Bentuk keseluruhan Nissan March 2017 ini membuatnya lebih layak bersaing dengan mobil yang berada di atas kelas small hatchback, seperti Honda Jazz, Toyota Yaris atau bahkan Suzuki SCross.

 

Interior Nissan March 2017

 

Nissan March 2017 Generasi Baru - interior cabin
Nissan March 2017 Generasi Baru – interior cabin

Desain interior yang bermotif bulat-bulat sudah jauh berkurang pada Nissan March generasi baru ini. Jika diperhatikan, lebih banyak aroma mobil Eropa di dashboard, doortrim, center-cluster dan kursinya.

 

Motif two-tone color pada dashboard dan kursi disesuaikan dengan warna eksterior. Jadi penumpang di dalam kabin juga bisa merasakan nuansa warna eksterior.

 

Nissan March 2017 Generasi Baru - interior dashboard
Nissan March 2017 Generasi Baru – interior dashboard

Lingkar kemudi berpalang tiga, nampak premium dengan desain plat-bottomed, dibalut kulit dan berbagai tombol kontrol audio, konektifitas gadget dan sebagainya di palang setir. Cluster-meter di balik lingkar kemudi juga nampak mewah dengan warna yang terang dan MID lebar di bagian tengah.

 

Perangkat infotainmen selebar 7 inchi dengan layar monitor 5 inchi di dalamnya nampak sudah mengusung fitur navigasi satelit dan berbagai konektifitas termasuk CD player. Audio system tersebut dikabarkan juga sudah kompatibel untuk Apple CarPlay. Bose personal audio system yang canggih ini dihubungkan dengan 6 speaker.

 

Untuk March versi eropa, berbagai fitur canggih yang ada pada mobil premium seperti Nissan XTrail juga disematkan, seperti Active Ride Control dan Active Trace Control untuk meningkatkan kenyamanan berkendara dan mengurangi efek understeer.

 

 

Mesin Nissan March 2017

 

Meskipun bentuknya menggambarkan tenaga yang buas seperti mobil sport, jangan dikira tenaga mobil ini besar, karena Nissan March tetaplah city car. Pilihan mesin yang tersedia adalah sebagai berikut:

 

1. Mesin Bensin, 900cc Turbocharge, 3 silinder, tenaga 90hp.
2. Mesin Diesel, 1.500cc Turbocharge, 4 silinder, tenaga 90hp.
3. Mesin Bensin, 1000cc tanpa turbo, 3 silinder, tenaga 73hp.

 

Tenaganya memang tidak sebesar compact hatchback seperti Honda Jazz, namun itu sudah lebih dari cukup untuk ukuran city-car jika digunakan sehari-hari di dalam kota. Dibanding city car yang lain, tenaga 90hp sudah unggul kok, karena rata-rata small hatchback bertenaga hanya sekitar 80hp.

 

Mesin bensin 900cc dengan bantuan turbo bisa menyemburkan tenaga 90hp sudah luar biasa tentunya. Karena itu bukan hanya bertenaga, tetapi juga pasti sangat hemat bahan bakar.

 

Seandainya Nissan March generasi kelima ini dibawa ke Indonesia dengan tidak ada downgrade pada spesifikasi mesinnya, maka ini akan menjadi pilihan yang menarik bagi penyuka small hatchback.

 

Karena akan menjadi small hatchback bertenaga paling besar dikelasnya dan juga tentunya penampakan yang sporty itu akan mengalahkan para kompetitornya.

 

Nissan March baru ini akan diproduksi di pabrik Renault di Flins, Prancis dan ditargetkan mulai dikirimkan ke konsumen pada bulan Maret 2017 untuk pasar Eropa. Kapan sampai di Indonesia? kemungkinan masih lama, biasanya bisa selisih 1 hingga 2 tahun lebih telat dibanding saat diluncurkan di Eropa.

 

Salam Otomotif!

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar