5 Ciri Rem Mobil Bermasalah, Tanda Rem Harus Diperbaiki atau Diganti

CaruserMagz.com – Rem merupakan komponen super penting saat berkendara dengan mobil. Mengabaikan kondisi rem sama saja dengan bermain api, karena memberi peluang untuk terjadinya kecelakaan. Tidak sedikit kecelakaan menelan korban jiwa karena kondisi rem yang tidak layak.

 

Beruntungnya kita di era modern, pabrikan mobil sudah menyediakan berbagai indikasi untuk memberikan peringatan jika kondisi rem mulai bermasalah. Namun ciri-ciri rem yang mulai bermasalah harus dikenali, sehingga lebih mudah bagi kita untuk memperbaiki atau mengganti komponen rem secara tepat waktu, sehingga fungsi rem tetap baik.

 

Sama halnya dengan komponen lainnya, sistem pengereman punya usia pakai yang bisa habis, sehingga butuh penggantian atau pemeliharaan rutin. Inspeksi perlu dilakukan secara regular pada komponen rem, sehingga terhindar dari kegagalan fungsi rem saat dalam perjalanan.

 

Apa saja gejala rem yang mulai berisiko menimbulkan kondisi tidak aman? Tanda-tanda berikut ini bisa dijadikan indikasi untuk segera memeriksa kondisi rem, membersihkan atau mengganti komponen terkait jika diperlukan:

 

1. Lampu Indikasi Rem Menyala

 

Lampu indikasi rem yang menyala memberi sinyal bahwa ada masalah dengan sistem rem, yang pada umumnya merupakan pertanda untuk dilakukan inspeksi rutin. Namun itu juga bisa menjadi tanda bahwa ada masalah serius, maka inspeksi harus segera dilakukan.

 

Pada mobil modern, biasanya ada dua lampu indikasi terkait rem, yaitu lampu ABS dan untuk komponen utama sistem pengereman. Jika hanya lampu ABS yang menyala, maka mobil masih bisa dibawa berjalan, karena hanya fungsi ABS yang tidak bisa digunakan. Namun jika indikasi untuk main brake system, sobat tidak dapat menunda inspeksi dan perbaikan.

 

2. Waspadai Pedal Rem yang Agak Loss (Spongy)

 

Pedal rem harus terasa padat saat diinjak, tidak ada rasa seperti kehilangan tahanan atau kadang padat kadang terlalu lembut atau istilahnya spongy. Jika terasa tekanan pedal rem tidak merata, itu bisa jadi tanda bahwa sistem hidrolik sedang bermasalah, misalnya kaliper yang rusak, kemasukan angin ke sistem hidrolik atau lainnya. Jika sobat merasa tidak yakin, sebaiknya bawa ke bengkel yang sobat percaya untuk memeriksa kondisi tersebut.

 

3. Pedal Rem Terasa Keras

 

Waspadai juga pedal rem yang tiba-tiba terasa lebih keras dari biasanya, itu bisa jadi karena masalah yang cukup serius pada sistem hidrolik atau vacuum. Itu adalah kondisi yang membahayakan jika dipaksakan  untuk berjalan.

 

Kemungkinan masalahnya pada kehilangan cairan hidrolik karena bocor, atau ada komponen yang tersendat. Jika masalahnya pada sistem vakum, seperti diapragma yang robek atau line yang terputus atau terblok.

 

4. Bunyi-bunyi Tidak Normal

 

Suara-suara yang tidak lazim seperti menderik, mendecit atau lainnya merupakan indikasi ada yang tidak beres pada sistem pengereman mobil sobat. Sepatu atau bantalan rem kemungkinan besar menjadi penyebabnya. Seperti karena ada kotoran, kerikil atau ada komponen logam yang rontok dan menyelip di bantalan rem. Pada sistem kemudi yang baik komunikasinya dengan roda, biasanya diiringi getaran yang dirasakan melalui setir atau pedal rem.

 

Hal ini bisa diatasi dengan inspeksi dan pembersihan secara rutin. Jika sobat tidak sering melakukan perawatan rutin tepat pada waktunya, hal ini bisa merusak komonen lain yang seharusnya berumur lebih panjang.

 

5. Terjadi Getaran Tidak Normal

 

Kondisi ini biasanya disebabkan rem yang overheat. Beberapa bagian rotor akan menjadi panas juga, sehingga akan mendistorsi rotor. Akibatnya terjadi getaran pada pedal rem atau lingkar kemudi. Namun hal ini juga bisa terjadi karena steering aligment yang buruk.

Baca juga:
Rem Mobil Terkunci, ini Penyebab dan Solusinya
Ciri-ciri Ban Mobil Sudah Harus Diganti

Itulah beberapa gejala dari rem dalam kondisi yang tidak aman. Rem merupakan fitur keselamatan utama, maka tidak ada alasan untuk mengabaikan setiap tanda-tanda tidak normal pada sistem rem sekecil apapun. Karena nyawa taruhannya! Jangan sampai kelalaian kita mencelakakan orang-orang yang kita sayangi atau pengguna jalan lain yang tidak berdosa.

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

2 thoughts on “5 Ciri Rem Mobil Bermasalah, Tanda Rem Harus Diperbaiki atau Diganti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *