Toyota Voxy Indonesia – MPV Harga 400 Jutaan Bercitarasa Alphard

CaruserMagz.com – Toyota dipastikan menghadirkan mobil baru di ajang GIIAS 2017, yaitu Toyota Boxy.. eh salah, maksud kami Toyota Voxy Indonesia. MPV ini merupakan penerus Toyota NAV1 yang discontinue karena tak begitu laku di Indonesia.

 

Voxy menjadi alternatif pilihan Hi-End-MPV yang tergolong mewah di antara Innova dan Alphard, karena harganya berada pada level 400 Jutaan rupiah. Jadi MPV ini kemungkinan bisa memenuhi ekspektasi konsumen yang bercita-cita punya Toyota Alphard, tapi cuma punya budget 400 jutaan.

 

Segmen yang dimasuki Voxy selama ini dikuasai Nissan Serena. Ada juga kompetitor seperti Mazda Biante dan Mitsubishi Delica. Memang pasarnya sempit, karena harus bergesekan dengan Toyota Innova pada segmen medium MPV dan Toyota Fortuner tipe standar pada segmen big SUV.

 

Kabar baiknya bagi peminat MPV mewah berbentuk box ini adalah harganya diusahakan akan lebih murah dari Nav1, karena mobil ini direncanakan dirakit di dalam negeri. Seperti diungkapkan petinggi TAM pada beberapa media.

 

Jika melihat harga Nav1 yang berada dikisaran 407 hingga 426 Juta Rupiah, artinya harga Voxy juga tidak akan jauh dari Rp. 400 Jutaan. Jadi pertarungan sengit kemungkinan bukan dengan pesaing dari brand tetanggga, melainkan dengan Innova yang seharusnya berada 1 kelas di bawahnya.

 

Namun hal yang ditawarkan pada Voxy adalah kemewahan MPV besar bercitarasa Alphard, atau bisa dibilang ini adalah adiknya Alphard. Bagi mereka yang ingin tampil beda dan bosan dengan Innova yang terlalu banyak di jalanan, tentu Voxy ini jadi alternatif paling logis, karena dia punya emblem Toyota di wajahnya.

 

Penampakan belakang dan samping Toyota Voxy yang boxy (mengotak)

 

Dari luar tampilan mobil ini memang boxy atau mengotak, tapi wajahnya lumayan terlihat modern dengan projector headlight, LED dan desain wajah yang mengingatkan kita pada Toyota Velfire. Dimensinya memang tak sebongsor Alphard, namun lebih mirip Serena. Tubuhnya yang boxy dengan kaca yang lebar dan sliding-door menjanjikan kelegaan kabin yang berlimpah.

 

Nuansa kemewahan terasa saat masuk ke kabin. Bahan interiornya berkualitas tinggi dan dibalut kulit pada beberapa sisi seperti doortrim, seluruh kursi sudah dibalut kulit seperti pada Toyota Fortuner. Desain dashboard juga terlihat bagus dan berkesan luas dengan desain bertingkat, bahan plastic interiornya soft-touch dan dihiasi aksen piano-black pada center-clusternya.

 

Dashboard Toyota Voxy tampak modern dan berkesan luas.

 

Kursi baris kedua berdesain captain-seat yang bisa disliding sampai dipepetkan ke kursi baris pertama untuk menghasilkan ruangan yang lapang. Sedangkan kursi baris ketiga menyediakan ruangan yang lapang dan pelipatannya ke sisi samping seperti pada Innova dan Fortuner. Kemungkinan akan juga disediakan kursi baris kedua tanpa captain-seat untuk mengakomodir jumlah penumpang yang lebih banyak.

 

Interior Toyota Voxy di Jepang ada yang tanpa captain-seat di baris kedua

 

Pemilik Toyota Voxy akan dimanjakan dengan interior yang mewah ketimbang tampilan eksterior yang mengagumkan mata. Berbagai fitur kenyamanan interior tersedia seperti AC triple zone, panoramic sun-roof, dan head unit monitor layar sentuh 7 inci.

 

Akankah semua kemewahan dan fitur berlimpah pada Toyota Voxy ini membuatnya berbeda dari Nav1 dari segi penjualan? Sehingga tidak mengulang kegagalan Nav1. Sementara brand lain juga sedang gencar-gencarnya mengeluarkan model baru yang cukup menggoda di segmen  MPV murah. Kita saksikan saja, waktu akan menjawabnya.

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar