Vespa Sprint S, Penggemar Motor Vespa Wajib Tahu!

Vespa Sprint S 150 I-GET ABS

CaruserMagz.com – Vespa merupakan merek motor legendaris asal Italia yang masih memproduksi sepeda motor model lawas yang telah memproduksi motor sejak tahun 1946. Salah satu dari line-up motor Vespa yang kini banyak digemari pecintanya adalah Vespa Sprint S berkat tampilannya yang cantik.

Meski mempertahankan desain retro klasik-nya, motor-motor Vespa kini telah menghadirkan nuansa modern. Heritage-nya yang melekat erat di hati pecintanya, motor Vespa kini menjadi item kolektor, baik model lawasnya maupun model-model terbaru.

Karena itu juga, harga motor Vespa versi terbaru jadi melambung tinggi, bahkan beberapa di antaranya jadi terkesan kurang masuk akal harganya.

Harga Vesva Sprint S

Vespa Sprint S dalam kondisi baru dibanderol sekitar Rp 50 jutaan. Di Indonesia, motor cantik ini dijual dalam satu varian, yaitu Vespa Sprint S 150 I-GET ABS dengan banderol Rp 51.500.000 On-the-Road DKI Jakarta.

Itu harga yang cukup mahal untuk kendaraan roda dua. Namun ini adalah tunggangan modis yang dibeli karena nilai heritage-nya oleh para pecinta, sehingga harga bukanlah masalah.

Pilihan Warna

Vespa Sprint S disediakan dalam 4 pilihan warna, yaitu Blue Audace (Biru Kehijauan), Yellow Sole (Kuning Lembut), Grey Materia (Abu-abu Terang), dan Black Opaco (Hitam Pekat).

Pilihan Warna Vespa Sprint
Pilihan Warna Vespa Sprint S

Desain

Vespa satu ini memiliki ciri khas decal di bagian pelek dan di bagian bodi sampin. Horn cover-nya dibubuhi aksen merah, begitu juga dengan per bagian depan. Pada bagian jok, diberi warna hitam polos yang diperindah dengan aksen jahitan motor klasik.

Sprint S tampil klasik pada penampakan keseluruhannya, namun detailnya terlihat modern dan aerodinamis. Ini adalah motor yang sporty, namun masih membawa kharisma heritage Vespa yang khas.

Baca juga: Motor Retro Modern Yamaha QBix masuk Indonesia, Segini Harganya!

Spesifikasi Vespa Sprint S

Motor ini berdimensi panjang 1.863 mm, lebar 695 mm, tinggi jok 790 mm dan wheelbase 1.334 mm. Skuter ini dibekali mesin dengan teknologi i-GET yang diklaim membuat kinerja mesin semakin halus dan memberikan kenyamanan berkendara.

Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi CVT dan sistem suplai bahan bakar dengan injeksi elektronik. Kapasitas tangki bahan bakar yang dimiliki hingga mencapai 7-liter dengan space pengamanan sebesar 0,5 liter.

Spesifikasi Motor Skuter
Spesifikasi Vespa Sprint S

Berikut detail mesin dan spesifikasi Verpa Sprint S:

  • Mesin : 154,8 cc, 1-silinder, 3 katup
  • Tenaga maksimum : 11,6 Hp @ 7.500 rpm
  • Torsi maksimum : 12 Nm @ 5.000 rpm
  • Transmisi : CVT (Continuous Variable Transmission)
  • Suplai bahan bakar : Injeksi Elektronik
  • Emisi : Euro-3
  • Ban depan : 110/70 R12 – Tubeless
  • Ban belakang : 120/70 R12 – Tubeless
  • Rem depan : Cakram 220 mm ABS
  • Rem belakang : Tromol 140 mm
  • Kapasitas tangki : 7(+0.5) liter

Fitur

Vespa Sprint memiliki beberapa fitur fungsional yang cukup baik, antara lain ada lampu LED di depan dan belakang, juga ada port USB yang bisa digunakan untuk charging baterai.

Pada panel instrumen, kombinasi digital dan analog digunakan untuk speedometer. Sedangkan untuk fungsi fuel gauge, odometer, dan jam ditampilkan secara digital. Selain itu ada kunci anti-maling immobilizer, electric saddle opening dengan tombol,

Untuk fitur keselamatan, Vespa Sprint S dilengkapi sistem pengereman ABS pada bagian depan. Fitur ini meminimalkan risiko ban mengunci ketika pengereman mendadak. Sementara untuk ban belakang masih menggunakan rem model tromol.

Fitur Vespa Sprint S
Fitur Motor Vespa Sprint

Konsumsi Bahan Bakar

Konsumsi bahan bakar motor ini diklaim sekitar 32,5 km/liter. Artinya dengan kapasitas tangki 7 liter, jarak tempuhnya bisa mencapai sekitar 228 km dengan kondisi tanki penuh. Jika dibanding dengan motor skuter matik, memang ini sedikit lebih boros.

Bagi Sobat yang tidak memiliki ikatan hati dengan Vespa, tentu lebih akan melirik motor lain karena harganya yang mahal. Namun ini adalah motor yang bukan hanya sebagai alat transportasi, namun juga untuk kebutuhan style bagi pecinta Vespa.

Itu lah penjelasan mengenai motor Vespa Sprint seri S, bagaimana menurut Sobat, cukup menarik kah? Atau Mending beli Honda Beat Street?

Tulis Komentar