BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Toyota Sequoia Gen-3 2023 Diperkenalkan, Inilah Pengganti Land-Cruiser di Amerika Utara

Toyota Sequoia 2023 - Pengganti Land Cruiser di Amerika Utara

Share

CarserMagz.com – Toyota meluncurkan Sequoia generasi ketiga yang serba baru pada 25 Januari 2022 untuk pasar otomotif Amerika Utara, setelah generasi kedua mengaspal lebih dari satu dekade.

Sequoia ini adalah model SUV All-Size yang memiliki saudara kembar di segmen truk pikap, yaitu Toyota Tundra.

Toyota Sequoia di dapuk menjadi pengganti Land Cruiser yang diskontinyu di Amerika Utara. Artinya Sequoia menjadi SUV termewah Toyota di Amerika.

Uniknya lagi, ternyata Toyota masih mempertahankan line-up TRD di Amerika Utara, sehingga SUV mewah Toyota ini memiliki varian bernama Sequoia TRD Pro.

Tidak ada varian GR Sport yang menjadi varian sporty dari line-up Toyota di Asia, termasuk untuk Land Cruiser.

large SUV TRD Pro - Lebih Sporty
Large SUV TRD Pro – Lebih Sporty

Pasar Amerika Utara memang punya karakter berbeda, dari kebanyakan negara lain di dunia. Konsumennya lebih menyukai mobil besar bergaya mengotak yang boros bahan bakar.

Itulah mengapa mobil terlaris di sana berjenis Truk pikap double cabin, semisal Ford Raptor F-150 dan Chevrolet Silverado, atau All Size SUV semisal Chevy Suburban, Hyundai Palisade dan Ford Expedition.

Baca: Lihat Kemewahan Lexus LX 600 yang Kian Modern

Jika Land Cruiser berubah menjadi lebih aristokrat dengan tampilan tak cocok jadi mobil untuk berkubang lumpur, maka Sequoia ini jadi seperti penakluk jalur off-road sejati yang garang.

Kevin Hunter, selaku Presiden Studio Desain Toyota Calty, mengatakan: “Tujuan utama desain kami untuk Sequoia adalah untuk menciptakan SUV yang mendukung gaya hidup modern, namun tangguh dan aktif untuk mampu menangani beragam kebutuhan petualangan besar.” ujar Hunter.

Misalnya saat keluar malam di kota bersama teman-teman, menarik perahu ke danau bersama keluarga, atau melakukan petualangan off-road yang lebih ekstrem.” Ia mencontohkan.

Sequoia 2023 ini disediakan dalam 3 varian dengan fokus berbeda, yaitu tipe SR5 sebagai varian standar, tipe Capstone sebagai varian mewah untuk kendaraan keluarga yang lebih banyak di dalam kota, dan tipe TRD Pro yang memiliki berbagai peralatan pendukung kegiatan Off-Road.

Toyota Sequoia Capstone

Sequoia Capstone terlihat mirip model Tundra yang baru saja diperkenalkan. Mobil ini memiliki fitur eksterior yang mengarah ke tampilan elegan dengan power running board, aksen krom tambahan, dan velg krom 22 inci.

Toyota Sequoia Capstone - Trim Mewah
Toyota Sequoia Capstone – Trim Mewah

kabin tipe Capstone difokuskan pada kemewahan. Interior berwarna dual-tone dengan pembalut kursi kulit semi-sitetis dan ada trim kayu Walnut khas Amerika. Ada logo “Capstone” yang menyala di dasbor serta kaca pintu depan akustik.

Interior Toyota Sequoia Capstone
Interior Toyota Sequoia Capstone

Konfigurasi kursi disediakan dengan captain-seat untuk tipe Capstone dan TRD Pro. Sedangkan tipe SR5 tanpa captain-seat di baris kedua.

Kabin All Size SUV Mewah Capstone
Kabin Sequoia Capstone

Sementara warna interior dibuat berbeda untuk ketiga tipe, dimana tipe TRD Pro full hitam, tipe Capstone kombinasi warna putih krim dan hitam dan tipe SR5 berwarna full putih krim.

Kabin Sequoia SR5 - Tipe Standar
Kabin Sequoia SR5 – Tipe Standar

Toyota Sequoia TRD Pro

Sebagian varian yang tangguh, Toyota mengemas trim Sequoia TRD Pro dengan peralatan off-road yang lengkap.

Antara lain ada guncangan bypass internal Fox dan pelat selip depan TRD 1/4 inci untuk perlindungan tambahan, termasuk bahwa varian ini hanya disediakan dengan penggerak 4WD.

Fitur tambahan penambah kemampuan off-road dan trail lainnya antara lain ada diferensial belakang penguncian standar yang dapat dipilih, yaitu Multi-Terrain Select, CRAWL Control, dan Downhill Assist Control.

Secara visual, Sequoia TRD Pro terlihat lebih tangguh dan agresif. Di bagian depan, tidak ada logo triple-elips, melainkan tulisan TOYOTA yang legendaris, sebagaimana kita lihat pada Land Cruiser jaman dulu.

Toyota Sequoia TRD Pro – Rear Look

Uniknya, ada lampu lightbar di bawah tulisan TOYOTA dan 3 lampu penanda di bagian atasnya. Mobil ini memiliki banyak lampu DRL, termasuk signature lamp di headlight dan dua di sisi kiri-kanan bumper.

Di bagian kaki-kaki, velg 18 inci berwarna hitam dengan peningkatan offset dibalut ban chunky, membuat SUV ini tampil lebih lebar.

Perbedaan eksterior adalah ujung knalpot ganda, rak atap TRD, dan warna Solar Octane eksklusif, yang semuanya tidak disematkan pada tipe Capstone dan SR5.

Interior tipe TRD Pro berwarna full hitam dan ada banyak identitas TRD termasuk aksen pada kursi dan tombol shift. Interiornya masih sangat premium dengan kursi kapten baris kedua sebagai standar.

Interior SUV Mewah di AS - Full Hitam
Interior Sequoia TRD Pro – Full Hitam

Fitur Canggih

Semua tipe Sequoia telah dibekali fitur ADAS Toyota Safety Sense 2.5 yang meliputi:

  • Pre-Collision System with pedestrian and bicyclist detection.
  • Dynamic Radar Cruise Control
  • Lane Departure Alert with Steering Assist
  • Lane Tracing Assist
  • Automatic High Beams
  • Road Sign Assist,
  • Rear Seat Reminder,
  • Blind Spot Monitor
  • Panoramic View Monitor
  • Rear Cross Traffic Alert
  • Front / Rear Parking Assist with Automatic Braking.

Mesin Bertenaga Besar

Untuk dapurpacu, Large SUV ini dibekali mesin i-Force Max hybrid 3.5 liter V6 twin-turbo yang menghasilkan 437 tenaga kuda dan torsi 790 Nm, yang dipasangkan dengan transmisi otomatis 10 kecepatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)