Toyota Corolla GR Hot Hatch Diperkirakan Hadir 2023

CaruserMagz.com – Toyota Motor Corporation dirumorkan sedang menyiapkan versi performa dari mobil terlarisnya, yaitu Toyota Corolla GR Hot-Hatch. Dilaporkan oleh media otomotif Amerika, bahwa Corolla GR tersebut kemungkinan baru akan mengaspal pada tahun 2023.

 
Mobil terlaris sedunia tersebut dijadikan basis untuk hot-hatch yang akan bersaing dengan Honda Civic Turbo Tipe-R, Ford Focus-R, VW Golf-R dan Hyundai i30 N. Namun untuk bersaing dengan VW Golf-R dan Ford Focus-R, Corolla GR harus memiliki fitur All Whell Drive (AWD) yang sama dengan Yaris GR.

 
Versi hatchback bertenaga ini diperkirakan akan menggendong mesin yang sama dengan Yaris GR, yaitu mesin G16E-GTS 1.6-liter 3-silinder direct-injection turbo yang bertenaga 268 hp dan torsi 370 Nm.

 
Namun ada isu yang menyebutkan, untuk Corolla GR, tenaganya akan dituning lebih rendah hingga 250 hp saja. Jika benar, itu cukup disayangkan mengingat lawan-lawannya semua bertenaga di atas 300 hp.

 

Toyota Corolla Hatchback - Toyota tidak lagi membosankan dengan TNGA
Toyota Corolla Hatchback – Toyota tidak lagi membosankan dengan TNGA

Baca juga: Toyota C-HR Modif Ini diklaim Super SUV tercepat di Dunia

 
Ada benarnya mengingat Corolla adalah mobil penumpang yang lebih cocok dibuat lebih nyaman, ketimbang terlalu sporty dengan tenaga buas. Output 250 hp sudah lebih dari cukup untuk berkendara ala sport dalam seekor mobil mewah yang nyaman.

 
Toyota Corolla Hatchback yang ada sekarang dibangun dengan sasis dan suspensi multi-link TNGA yang membuat mobil Toyota jauh lebih fun to drive, dibanding mobil Toyota yang kita kenal dengan teknologi sasis sebelumnya.

 
Toyota diperkirakan juga sedang merancang mobil berkinerja tinggi untuk model-model terbarunya yang telah menggunakan teknologi TNGA, semisal SUV compact C-HR.

 
Model-model performance dari mobil Toyota tersebut akan berembel-embel GR, yang merupakan singkatan dari ‘Gazoo Racing’, karena dirancang oleh divisi Toyota Gazoo Racing. Layaknya Divisi N pada Hyundai, M pada BMW dan AMG pada Mercedes-Benz.

Donasi atasi Covid-19 melalui ACT
ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

Pecinta otomotif yang lebih suka mengungkapkan pendapat dan ide melalui tulisan ketimbang mengatakannya secara verbal. Karyawan swasta yang suka menghabiskan waktu luang dengan menulis. Introvert, analitis, dan cinta damai alias tidak suka berdebat. Ketahui lebih banyak tentang saya melalui link Media Sosial di bawah.

Tulis Komentar