Wajah Baru Toyota Yaris 2020 Facelift -Yaris Pak Raden

Facelift 2020, Yaris Joker Berubah jadi Yaris Pak Raden

Berita HATCHBACK Toyota

CaruserMagz.comJulukan Yaris Pak Raden untuk Yaris 2020 – PT Toyota Astra Motor (TAM) menyegarkan hatchback andalannya pada 8 September 2020, yaitu New Yaris Facelift 2020. Peluncuran dilakukan dengan siaran video singkat berdurasi 14 menit di akun YouTube resmi ToyotaIndonesia. Penyegaran ini lebih pada revisi tampilan wajah Yaris dan beberapa peningkatan minor.

Hatchback Toyota ini sering mendapat julukan khusus oleh khalayak otomotif di tiap versinya ini. Versi terakhir sebelum facelift 2020 terkenal dengan sebutan ‘Yaris Joker‘ karena bentuk wajahnya seperti senyuman Joker. Kebetulan kehadirannya cukup sezaman dengan kehebohan film Holiwood yang mengangkat kisah asal-mula tokoh Joker di film Batman.

Toyota Yaris pertama kali lahir pada Tahun 1999 di Eropa untuk menggantikan Toyota Starlet, namun versi pertama tersebut tidak masuk Indonesia. Setelah berganti ke generasi kedua, barulah masuk Indonesia pada tahun 2005 yang selanjutnya dikenal dengan julukan ‘Yaris Bakpau‘, karena bentuknya yang membulat. Yaris Bakpau cukup lama tak berubah hingga tahun 2013.

Versi selanjutnya adalah Yaris generasi ketiga versi pertama yang mendapat julukan ‘Yaris Lele‘, karena ada bentuk kumis tipis yang panjang di wajah Toyota Yaris tersebut yang identik dengan kumis ikan lele. Yaris Lele diluncurkan di Indonesia pada tahun 2013. Yaris Lele punya versi semi-crossover bernama Yaris Heykers yang hadir pada tahun 2016, yang kemudian diskontinyu sejak 2018.

Toyota Yaris Generasi baru 2018
Toyota Yaris 2018 Generasi-3 – Yaris Joker

Yaris gen-3 kemudian mendapat facelift lagi pada 20 Februari 2018 yang kemudian kita kenal dengan julukan Yaris Joker. Dari Yaris lele hingga ke versi Facelift 2020 ini sebenarnya masih satu generasi dengan teknologi platform lama. Sebenarnya generasi Yaris terbaru telah hadir dengan platform TNGA, namun generasi ke-4 tersebut belum masuk Indonesia.

Memperhatikan perubahan tampilan wajah Toyota Yaris versi Facelift 2020 ini, kami kira kita bisa menyematkan nama ‘Yaris Pak Raden‘ pada versi ini. Karena bentuk grill pada wajahnya berubah drastis dari mengerucut ke bawah, menjadi berbalik mengerucut ke atas atau trapezoidal.

Jika grill dipadu dengan bentuk ornamen pada foglamp housing yang meruncing ke sisi atas, keseluruhan kombinasi grill dan foglamp housing menjadi seperti kumis tebal dengan ujung-ujung runcing. Itu identik dengan kumis Pak Raden pada serial Si Unyil yang menjadi tontonan pavorit anak-anak di tahun 90-an. Itu artinya penggemar Pak Raden dan Unyil adalah kalangan Millenial yang sekarang paling cocok menjadi konsumen pembeli Yaris.

Toyota Yaris 2020 Facelift - Yaris Pak Raden
Toyota Yaris 2020 Facelift – Yaris Pak Raden

Ya.. Kami rasa julukan baru yang cocok untuk Yaris Facelift 2020 ini adalah ‘Yaris Pak Raden‘. Karena ia seperti berkumis tebal dengan ujung-ujung runcing yang sering dipelintir Pak Raden. Itu julukan yang terasa sangat Indonesia dan akan bagus melekat di kalangan konsumen yang merupakan kaum millenial, dimana kalangan millenial sangat mengenal tokoh Pak Raden, sebagai tokoh yang bijak tapi nyentrik.

Selain wajah baru, hal-hal baru pada Yaris Pak Raden ini antara lain adalah radius putar yang diperkecil, sehingga lebih lincah, fitur 7-airbags, head unit baru, dan kamera mundur baru untuk tipe TRD Sportivo. Tak ketinggalan tentu harganya naik sekitar Rp 4 Jutaan untuk tipe G dan Rp 9 Jutaan untuk tipe TRD.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar