Hyundai Kona Indonesia diluncurkan April 2019

Hyundai Kona Indonesia segera Diluncurkan, SUV Keren Berwajah Iron Man

Berita Hyundai SUV
CaruserMagz.com – Hyundai memiliki compact SUV yang menjadi lawan Honda HR-V, Nissan Juke dan Toyota C-HR di pasar global, yaitu Hyundai Kona. Crossover kecil tersebut telah dikabarkan akan hadir di Indonesia sejak tahun 2017 yag lalu, dan diwujudkan pada 2019 ini.

 
Dikabarkan oleh akun instagram Hyundai_Serpong pada Sabtu 30 Maret 2019, bahwa Hyundai Indonesia akan menghadirkan mobil baru pada 10 – 11 April 2019, di dealer Hyundai Serpong yang beralamat di Jl. Raya Serpong Km.7 No.32, Tangerang Selatan.

 
Pengumuman tersebut menyertakan siluet mobil Hyundai yang jelas merupakan wajah Hyundai Kona, terlihat dari lampu LED sipit, alur garis pada kap mesin dan Cascading Grille Design yang sekarang jadi ciri khas Hyundai.

 
Hal itu diperkuat kabar sebelumnya, dimana Hyundai Kona sudah masuk daftar mobil baru yang akan diluncurkan di Indonesia, sebagaimana tertera pada laman Samsat Polri.

 

Eksterior Hyundai Kona - Tampak Depan
Eksterior Hyundai Kona – Tampak Depan

 

Harga Jual Hyundai Kona – Perkiraan OTR

Laman Samsat Polri memuat nilai jual Hyundai Kona sebelum pajak dan biaya lainnya, yaitu senilai Rp. 218 Juta. Dari angka tersebut, dapat kita perkirakan harga Hyundai Kona di Indonesia sampai ke konsumen.

 
Perkiraan tersebut dapat kita ambil contoh dari harga Wuling Almaz yang di laman pemerintah tertera nilai Jual sebesar Rp. 203 Juta, yang kemudian menjadi Rp. 318,8 juta OTR DKI Jakarta. Jadi angka yang tertera tersebut adalah 63,7% dari OTR.

 
Maka dengan analogi tersebut, dapat kita perkirakan bahwa harga Hyundai Kona Indonesia ini akan berada pada level Rp. 300 jutaan. Jika kita perkirakan berdasarkan perhitungan kasar, adalah sekitar Rp. 340 jutaan.

 
Namun juga bisa lebih mahal, mengingat mobil ini adalah CBU yang diimport langsung, sehingga kemungkinan ada komponen pajak yang berbeda dari mobil yang diproduksi di dalam negeri.

 

Segmen dan Kompetitor

Petinggi Hyundai Indonesia menyebut bahwa Hyundai Kona adalah adiknya Tucson, artinya Kona akan mengisi segmen di bawah medium SUV, yang kemungkinannya adalah compact crossover.

 
Pada segmen SUV kecil tersebut, pasar otomotif Indonesia sudah dihuni oleh Honda HR-V, Nissan Juke, Mitsubishi Outlander Sport, Chevrolet Track dan Suzuki SCross. Jika perkiraan harga kami benar, maka secara harga pun SUV Hyundai tersebut cukup mampu bersaing dengan Honda HR-V.

 
Namun tidak dapat dielakkan Hundai Kona juga akan bersaing dengan dengan Wuling Almaz, bukan hanya karena harga namun juga tipe konsumennya. Konsumen yang memilih brand non-mainstream seperti Hyundai dan Wuling untuk SUV kompak kemungkinan adalah sama, yaitu kaum muda yang dinamis yang kebanyakan adalah generasi millenial.

 
Artinya tantangan untuk Hyundai dalam memasarkan Kona cukup berat, jika tidak mampu menghadirkan fitur-fitur secanggih Almaz atau keunikan khusus lainnya, maka pasar yang sempit akan sulit direbut.

 
Namun Kona tentunya punya nilai lebih pada desainnya yang cakep dan body yang lebih compact, sehingga bagi konsumen di perkotaan yang membutuhkan mobil yang berukuran kecil, tentu Kona lebih baik dari Almaz.

 

Desain Eksterior Agresif

Hyundai Kona didesain benar-benar untuk anak muda, sehingga menghadirkan karakter agresif, dinamis dan proporsional. Perpaduan desain Head Lamp LED yang sipit, Cascading Grille dan garis pada kap mesin seolah menghadirkan wajah tokoh Superhero Marvel, Iron Man.

 
Ya, bahkan Hyundai Kona memiliki Edisi Khusus Iron Man di pasar Korea dan Amerika. Dengan mengambil warna dop dan beberapa aksesoris berlogo Iron Man membuat tampilan Hyundai Kona Special Edition tersebut makin gagah.

Lihat Penampakannya pada artikel kami sebelumnya: Hyundai Kona Iron Man Special Edition

 
Pada versi Korea, Hyundai Kona adalah Compact SUV yang sangat menarik. Berbagai bagian telah menggunakan part yang canggih, seperti head lamp, LED-DRL yang ramping, lampu belakang LED, cascading grille dengan sporty mesh pattern, fender dan aksen berwarna hitam pada bagian bawah body, serta desain velg yang sangat sporty.

 

Interior

Di Korea Selatan, Hyundai Kona telah dilengkapi floating head unit berupa layar infotainment 8-inci dengan Audio Visual Navigation (AVN), Head-Up Display (HUD) dan sistem Heating, Ventilation and Air Conditioning (HVAC) khas Hyundai.

 

Interior Hyundai Kona - Meluncur di Indonesia April 2019
Interior Hyundai Kona – Meluncur di Indonesia April 2019

Balutan bahan berkualitas tinggi tentu sudah menjadi tradisi Hyundai, bahkan untuk mobil di level terbawahnya. Maka tidak heran jika interior Hyundai Kona akan sangan menarik. Seperti jok kulit yang empuk berbalut kulit sintesis, lingkar kemudi yang ergonomis dan bahan plastik interior yang bagus.

 
Semoga saja tidak banyak penyunatan fitur atau downgrade pada Hyundai Kona, sebagaiamana yang telah sering terjadi pada mobil-mobil Hyundai dan KIA.

 

Mesin dan Tenaga

Mengenai jantung pacu SUV Compact ini, belum ada keterangan resmi dari pihak Hyundai Indonesia, maka dapat kita perkirakan dari varian mesin Hyundai Kona yang ada di Korea Selatan yang ada 4 pilihan varian.

Berikut daftar mesin Hyundai Kona yang ada di Korea:

  1. Mesin 2.0 MPI Akitson (146 hp) – Transmisi Matic 6-Speeds
  2. Mesin 1.6 T-GDI Gamma (174 hp) – Transmisi matic 7-speed dual-clutch (7DCT)
  3. Mesin 1.0 T-GDI turbocharged (118 hp)
  4. Mesin diesel 1.6-liter.

 
Manakah yang akan menjadi mesin Hyundai Kona versi Indonesia? Kita tunggu saja peluncurannya pada April 2019. Namun jika harus bersaing dengan Wuling Almaz dan DFSK Glory, Hyundai harus membawa mesin bertenaga besar, yaitu 2.0 MPI Akitson atau 1.6 TGDI Gamma.

 
Salah satu kelebihan yang menjadi selling point Hyundai Kona adalah kesenangan mengemudi atau fun-to-drive. SUV Hyundai ini sebenarnya juga punya kembaran tak seiras dari brand segroup-nya, yaitu KIA Stonic. Namun sayang, sepertinya KIA tidak seagresif Hyundai dalam menjual SUV di Indonesia.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar