BLOG INI DIJUAL (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Suzuki Recall Jimny Indonesia: Model yang Kena, Masalah dan Perbaikan

Penjualan Suzuki Jimny 2018 Generasi ke-4

Share

CaruserMagz.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun menggelar kampanye penarikan kembali atau recall Suzuki Jimny Indonesia pada September 2021. Jimny adalah SUV mungil ikonik yang dijual dengan jumlah terbatas di Indonesia sehingga menjadi rebutan para pecintanya.

Namun 21 pemilik Jimny yang belum lama menerima unit mobil barunya tersebut, harus mengembalikan mobilnya ke bengkel Suzuki untuk diperbaiki, karena ada indikasi cacat produksi yang berpotensi menyebabkan mobil mereka rusak dan tidak dapat digunakan.

Recall Suzuki Jimny 2021
Suzuki Jimny Gen-4 – Tampak Belakang

Detail informasi kampanye recall Suzuki Jimny Indonesia tersebut:

Masalah Transmisi Otomatis

Unit yang kena Recall – Mobil yang kena recall adalah 21 unit Suzuki Jimny bertransmisi otomatis keluaran Mei hingga Juni 2021.

Penyebab Masalah – Potensi masalah pada transmisi otomatis Jimny ini disebabkan oleh rusaknya karet seal oli transmisi karena kesalah pada proses produksi. ditemukan indikasi adanya seal yang terlipat saat proses produksi, sehingga berpotensi rusak lalu menimbulkan kebocoran oli.

Akibat dari kerusakan – terjadi kebocoran oli transmisi yang ditandai dengan terjadinya rembesan oli. Jika masalah ini dibiarkan akan mengakibatkan kesulitan melakukan perpindahan atau mengoperasikan transmisi otomatis. Hal itu terjadi karena oli yang berkurang.

Indikasinya pengguna akan mengalami kesulitan saat mengoperasikan atau melakukan perpindahan transmisi otomatis. Karena itu kami memangil konsumen untuk melakukan pemeriksaan oli seal tersebut,” kata Hariadi selaku Assistance to Service Dept. Head PT SIS.

Interior Suzuki Jimny 2019
Interior Suzuki Jimny 2019

Proses pengecekan dan Perbaikan – Pengecekan dilakukan dengan dua tahap, yaitu untuk mengetahui apakah mobil mengalami risiko kerusakan seal atau tidak. Jika ditemukan tidak berisiko rusak, maka unit tersebut akan diganti komponen washer jet saja. Jika ditemukan rembesan oli, maka pihak SIS akan mengganti satu set keseluruhan transmisi otomatis secara gratis.

Waktu perbaikan – Jika ditemukan masalah hingga diputuskan transmisi otomatis Jimny harus diganti total, maka waktu penggantian diperlukan hingga 6 jam.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Jimny Generasi-4

Masalah Door Hardness

Uni yang kena recall – Jimny lansiran Mei 2018 hingga Desember 2020 dengan jumlah mencapai 1.540 unit.

Masalah dan penyebab – Door harness pada pintu kiri dan kanan Jimny berpotensi menimbulkan masalah pada komponen lain, hingga menyebabkan beberapa fitur keselamatan tidak berfungsi.

Akibat dari kerusakan – cacat produksi pada door hardness tersebut berpotensi menyebabkan putusnya kabel wiring, sehingga akan mengakibatkan fitur door lock dan power window tidak berfungsi.

Waktu perbaikan – proses perbaikan dan penggantian komponen terkait door hardness ini membutuhkan waktu sekitar 1,4 jam (85 menit).

Kenapa perlu kami lakukan pergantian pada door harness ini, karena kemungkinan bisa terjadi putusnya kabel wiring karena memang posisinya ada di pintu yang terbuka dan tertutup. Bila kabel putus tidak terkait langsung dengan safety tapi membuat beberapa fitur tidak bekerja seperti door lock dan power window,” papar Hariadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)