Suzuki Ignis untuk Indonesia akan Diimpor dari India? Ini Perkiraan Harga Ignis Indonesia

 

CaruserMagz.com – Suzuki Ignis resmi bisa dipesan oleh konsumen India mulai  kemarin Jumat, 13 Januari 2017. Small hatchback pengganti Suzuki Splash ini dibanderol 4,59 Lakh, atau sekitar 89,7 juta Rupiah.
Suzuki Ignis sudah mulai dijual di India dan akan diekspor ke Asia Tenggara
Seperti diberitakan indianautosblog.com, Suzuki Ignis akan diproduksi di fasilitas Maruti Suzuki Gurugram, India. Ada pernyataan dari Executive Director Engineering Maruti Suzuki, C.V. Raman, bahwa fasilitas Gurugram tersebut akan memenuhi kebutuhan produksi Ignis untuk di-eksport ke pasar Asia Selatan dan Asia Tenggara setelah memenuhi pesanan pasar domestik India.
Malaysia, Indonesia, Pilifina dan Vietnam akan menjadi prioritas untuk pasar Asia Tenggara. Sedangkan negara tetangga India yang masuk radar utama adalah Srilangka dan Nepal.
Small hatchback beraroma crossover ini sepertinya memang ditujukan untuk memenuhi ekspektasi konsumen otomotif India. Hal itu terlihat dari dimensinya yang mungil dan mengambil platform yang sama dengan Suzuki Baleno hatchback, yaitu mengutamakan kehematan bahan bakar dengan pemilihan bahan rangka dan body berbasis aluminium yang ringan tapi rigit atau sangat kuat.
Dimensi mobil mungil ini adalah 3700 x 1690 x 1595 mm untuk Panjang x Lebar x Tinggi. Wheelbase-nya 2435mm dan ground clearance cukup tinggi untuk ukuran seekor hatchback kecil, yaitu 18 cm.
Di India, fitur Suzuki Ignis cukup menarik, seperti telah adanya teknologi rem ABS+EBD, dual airbags, AC digital, tilt steering, head unti dengan layar monitor touch screen, kamera parkir, sensor parkir, projector headlamp dengan aksesoris LED-DRL, steering audio control, defoger dan wiper pada kaca belakang. Sayangnya power windows hanya ada pada pintu baris depan, sedangkan pada baris kedua masih memakai tuas engkol.
Karena di India mobil bermesin Diesel lebih dipavoritkan, maka Ignis disana juga disediakan pilihan mesin diesel, yaitu mesin 1300cc DDIS bertenaga 55,4 kW pada 4000 rpm dan torsi raksasa hingga 190 Nm pada 2000 rpm.
Pilihan mesin bensin berkapasitas 1200cc VVT, bertenaga 65 kW pada 6000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4200 rpm. Kedua mesin tersebut dihubungkan ke roda depan dengan transmisi manual dan otomatis AMT masimg-masing 5 percepatan.
Kelebihan mobil ini adalah karena dimensinya yang cukup panjang dan tinggi untuk ukuran small hatchback, memberikan ruang kaki dan ruang kepala yang lega bagi penumpang. bentuk bokongnya yang mengembung juga memberikan ruang bagasi yang luas.
Di India, Ignis menjadi kompetitor terberat bagi Renault Kwid dan Datsun Redi Go dari Aliansi Nissan. Jika jadi masuk ke Indonesia tahun 2017 ini, Suzuki Ignis juga akan menjadi saingan berat bagi Renault Kwid, karena sama-sama mengusung desain mini crossover dan juga karena jaringan Suzuki lebih luas dari Nissan dan Renault di Indonesia.
Apabila kita mengingat Suzuki Splash yang sebenarnya cukup menarik dari sisi build quality, desain dan bahan interior yang berkesan mewah, kemungkinan Ignis juga layak dinantikan pecinta city car di Indonesia. Bahkan mungkin akan lebih baik dari Splash karena beda generasi tentunya akan memberi perbedaan fitur dan desain yang signifikan.
Jika harga Ignis di India sekitar 89,7 juta rupiah, kemungkinan jika jadi diimpor dari India, akan lebih mahal sekitar 40%, jadi menurut perkiraan kami di Indonesia Ignis kemungkinan berharga sekitar 125 juta rupiah. Cukup murah sebenarnya, apalagi jika berapa fitur disunat, mungkin mini cross ini bisa dijual dengan harga kurang dari 120 juta.
Tapi jika fitur malah ditingkatkan, misalnya power windows untuk semua pintu, dan lain sebagainya, kemungkinan mobil ini akan bertarung dengan small hatcback seperti Honda Brio, KIA Picanto dan Nissan March yang lebih mahal dengan harga 140 hingga 170 jutaan.
Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

One thought on “Suzuki Ignis untuk Indonesia akan Diimpor dari India? Ini Perkiraan Harga Ignis Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *