BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Harga BBM Bersubsidi Naik di Akhir Agustus 2022, Pertalite Bakal Rp 10 Ribuan

Harga BBM Bersubsidi Naik Agustus 2022

Share

CaruserMagz.com – Kabar tentang harga BBM bersubsidi naik sudah berhembus di pertengahan Agustus 2022, sejak beberapa pejabat negara seperti Menko Kemaritiman, Wapres dan Ketua DPR membenarkan bahwa Presiden sudah memberi lampu hijau, mengingat APBN yang kian terhimpit.

Menyusul kenaikan BBM non-subsidi pada awal Agustus lalu, BBM bersubsidi jenis solar dan pertalite juga disebut akan mengalami kenaikan karena beban subsidi yang membengkak, sebagai akibat dari kenaikan harga minyak dunia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam pertemuan virtual membenarkan rencana kenaikan harga BBM tersebut.

Dia mengatakan keputusan itu akan disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, pada minggu depan, yang artinya dalam minggu ke-4 atau ke-5 Agustus 2022.

“Menaikkan harga Pertalite yang kita subsidi cukup banyak dan juga itu solar, modeling ekonominya sudah dibuat,” kata Luhut pada Jumat (19/8).

Nanti mungkin minggu depan Pak Presiden akan umumkan mengenai apa dan bagaimana kenaikan harga ini,” ungkapnya.

Harga Pertalite dikabarkan akan naik sebesar Rp 2.350 (30,7%) dari Rp 7.650 menjadi Rp 10.000 per liter. Sedangkan kenaikan harga Bio-solar belum terungkap akan berkisar berapa. Namun pengamat memperkirakan harga solar akan sekitar Rp 8.500 per liter.

Menurut Pemerintah, harga BBM bersubsidi naik sulit dihindari, karena akan membuat beban subsidi membengkak jadi Rp 502 triliun dari proyeksi awal Rp 170 triliun.

Kenaikan BBM bersubsidi ini bisa juga menjadi tanda, bahwa bensin non-subsidi seperti Pertamax juga akan mengalami kenaikan. Karena sebelumnya PertaDex dan Pertamax Turbo telah naik dua kali, sementara Pertamax baru sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)