BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Spesifikasi SUV Listrik Honda Diungkap, Ternyata Prologue Lebih Besar dari CR-V

Honda Prologue EV - Medium SUV Listrik Honda Pertama

Share

CaruserMagz.comPenampakan asli dan Spesifikasi SUV Listrik Honda Diungkap – Honda Amerika mengumumkan penampakan dan beberapa spesifikasi dari mobil listrik pertamanya di Amerika Serikat, yaitu Honda Prologue, yang rencananya akan mulai dijual pada 2024.

Prologue adalah medium SUV hasil kerjasama Honda dan General Motors (GM), sehingga ia memiliki saudara satu platform dari GM, yaitu Chevrolet Blazer EV. Kabarnya, brand Premiun Honda juga akan membangun SUV dari platform yang sama, yaitu Acura ZDX EV.

Honda Prologue adalah mobil pertama dari 30 model EV yang direncanakan meluncur hingga 2030. Honda sendiri mencanangkan penghentian produksi mobil bermesin bakar pada 2040.

Gary Robinson selaku Wakil Presiden Divisi Perencanaan dan Strategy Honda Amerika, menyatakan bahwa konsumen Prologue secara alami adalah peminat atau pemilik CR-V yang beralih ke EV, mengingat segmen Prologue sebagai medium SUV.

Honda Prologue EV - Front
Honda Prologue EV – Front

Dimensi Jumbo, Lebih Besar dari CR-V

Spesifikasi SUV Listrik Honda Prologue yang diungkap barulah dimensinya yang ternyata gambot, padahal ini adalah Medium SUV 5-Seater.

Meskipun nampak kecil di gambar, pada kenyataannya Medium SUV listrik Honda ini lebih panjang 20,3 cm dan lebih lebar 12,7 cm dibanding CR-V 2023 yang juga sudah lebih besar dari CR-V generasi-4.

Dimensi Honda Prologue adalah Panjang 4.877 mm, Lebar 1.989 mm, tinggi 1.643 mm, dan wheelbase 3.094 mm. Itu sudah seperti Large SUV semisal BMW X7 atau Mercedes-Benz GLS.

Ini analogis dengan Hyundai Ioniq 5 yang terlihat kecil di foto, tapi aslinya berdimensi bongsor. Namun Honda Prologue lebih besar lagi dibanding Ioniq 5.

Honda Prologue EV - Tampak Depan Belakang
Honda Prologue EV – Tampak Depan Belakang

Desain Eksterior Gagah dan Dewasa

Dibangun bersama dengan Chevy Blazer EV, Prologue menggunakan platform Flexible BEV3. Hal itu membuat Prologue menggunakan sasis yang sama dengan Blazer EV dan memiliki wheelbase yang juga sama.

Namun kulit dan wajah kedua SUV listrik tersebut didesain dengan bahasa yang berbeda. Dimana Honda Prologue terlihat sebagai SUV berdesain tegas dan lebih horizontal. Berbeda dari Blazer EV yang penuh lekukan aerodinamis yang tajam.

Dengan dimensi yang panjang dan pipih, Prologue terlihat sangat kokoh menapak ke jalan. Desainnya yang tegas juga memberi kesan maskulin yang dewasa.

Bokongnya mengingatkan kita pada Range Rover Evoque yang sedap dipandang. Tidak ada logo “H Besar” khas Honda di tengah pintu bagasinya. Bagian itu diganti dengan tulisan “H o n d a” yang sepertinya akan menjadi ciri khas EV Honda.

Di sisi samping, beberapa ornamen khas crossover terlihat, seperti body-kit side skirt, over-fender, roof-rail, handel pintu dan rumahan spion yang serba hitam gloss. Velg 21-inci menjadi standar dan berdesain unik menggambarkan penampang motor listrik.

EV Honda - Tampak Samping
Honda Prologue EV – Tampak Samping

Interior Modern yang Normal

Di dalam kabin, suasana mobil normal yang nyaman dan modern terhampar. Bahasa desain interior yang simpel dan elegan terasa sudah akrab di mata kita. Sebagaimana konsep yang sudah ada pada HR-V 2022, Civic Hatchback dan Honda CR-V 2023.

Dashboard nampak berundak dengan bagian depan yang sejajar dan sealur dengan doortrim. Ada 3 kombinasi warna pada dashboard tersebut, yaitu hitam, beige dan hitam gloss pada bagian tengah yang diisi panel AC.

Dashboard EV - Interior
Honda Prologue EV – Interior Dashboard

Dua layar monitor full digital mengisi dashboard dengan floating head unit 11,3-inci di konsol tengah dan meter cluster seperti tablet berukuran 11-inci di balik lingkar kemudi.

Konsol tengah yang tinggi dan clean tanpa tuas transmisi menjanjikan posisi mengemudi yang sporty dan nyaman. Kursinya yang tebal berbalut kulit mengingatkan kita pada bentuk kursi Honda CR-V.

Honda Prologue EV - Interior Kabin
Honda Prologue EV – Interior Kabin

Di kabin belakang, posisi kursi baris kedua nampak lebih tinggi dari posisi duduk di kabin depan, itu menjanjikan kenyamanan dan visibilitas yang sangat baik bagi penumpang.

Full panoramic roof dengan sun-roof menjadikan ruang kabin terasa lebih luas dan terang. Dengan wheelbase yang lebih dari 3 meter untuk mobil 5-seater, bisa kita bayangkan kelegaan kabin yang superior.

Kokpit Mobil Listrik Honda
Honda Prologue EV – Interior Kokpit

Powertrain?

Honda Amerika belum mengungkap apapun mengenai jeroan penggerak Medium SUV listrik pertamanya ini. Namun kabarnya Prologue akan memiliki sistem penggerak All Wheel Drive dengan dua motor listrik.

Jika mengacu pada Chevrolet Blazer EV, ada kemungkinan Prologue juga disediakan dengan pilihan penggerak FWD dan RWD.

Sementara Chevy Blazer banyak dikabarkan akan memiliki range tenaga dan torsi pada level Sportcar, yaitu hingga 557 hp untuk varian AWD-nya, yang mampu menuntaskan kecepatan 96 km/jam dalam 4 detik.

Kami kira itu tidak akan terjadi pada spesifikasi SUV listrik Honda pertama ini. Karena akan terlalu berlebihan untuk sebuah medium SUV Honda.

Jika merujuk ke teknologi powertrain listrik GM, model powertrain yang cocok untuk Prologue adalah apa yang ada pada Chevrolet Equinox EV.

Chevrolet Equinox EV - SUV listrik 400 jutaan
Chevrolet Equinox EV – SUV listrik 400 jutaan

Chevy Equinox EV varian AWD memiliki figur tenaga gabungan dari dua motor listrik sebesar 290 hp dan torsi 346 Nm.

Spesifikasi baterai Equinox belum diungkap tapi dikabarkan akan memiliki jarak tempuh 402 km untuk standar range dan 483 km untuk long range.

Honda Prologue akan mulai dijual pada tahun 2024. Kisaran harga dan detail spesifik akan diumumkan mendekati tanggal peluncuran resminya. Spekulasi media dan bocoran kecil akan terus bergulir sepanjang 2023.

Secara global, Honda Prologue ini akan menjadi ancaman serius bagi Hyundai IONIQ 5, KIA EV6, Tesla Model 3, dan lain sebagainya.

1 Response

  1. Zaenal says:

    setelah paham tipe SUV Listrik Honda, Ternyata Prologue Lebih Besar dari CR-V jadi makin tertarik. Mobilnya tampil makin elegan dan keren, semoga bisa disegerakan mampu beli. Amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)