BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Chevrolet Equinox EV 2024, Harga Selevel HR-V tapi Lebih Ganteng dan Secanggih Tesla

Compact SUV EV Chevy

Share

CaruserMagz.comChevrolet Equinox EV 2024 beri harapan bahwa EV bisa semurah mobil ICE – Mobil listrik di era awalnya masih terlalu mahal untuk kalangan menengah, hingga mobil EV yang kecil harus ditembus dengan harga yang sama dengan large MPV mewah atau bahkan sportcar berteknologi mesin bakar.

Untuk membuat mobil listrik murni berharga murah, pabrikan harus membuatnya menjadi mobil yang sangat kecil semisal Wuling Air-ev atau menyematkan baterai kecil hingga jarak tempuhnya sangat singkat seperti Mini Cooper SE dan Mazda MX-30.

Itu pun tidak benar-benar terjangkau, karena dengan harga itu, mobil ICE sudah bisa berwujud SUV 7-seater atau bahkan Medium MPV.

Namun Chevrolet memberi kita harapan bahwa mobil listrik yang layak, berukuran besar dan memiliki jarak tempuh memadai tidak harus semahal mobil ICE mewah.

Chevy buktikan EV SUV tidak harus mahal
Chevy Equinox EV – Tampak Belakang samping

Harga Chevrolet Equinox EV bisa Membunuh Tesla

Chevrolet menjanjikan bahwa SUV EV-nya akan berbanderol sekitar $30.000 atau Rp 450 jutaan. Itu adalah Chevrolet Equinox EV, Compact SUV yang merupakan hasil kerjasama dengan Honda dan memiliki kembaran bernama Honda Prologue EV.

Equinox merupakan SUV 5-seater yang terlihat normal layaknya mobil penumpang yang proper, semisal Mazda CX-5, Wuling Almaz atau Honda CR-V. Tapi uniknya ini adalah EV yang sudah dijanjikan akan berbanderol sekitar Rp 400 jutaan saja.

Merujuk ke EV yang sudah ada semisal Tesla Model 3, Tesla Model Y, Kia EV6 dan Hyundai Ioniq 5, semestinya harga Chevy Equinox EV ini adalah sekitar Rp 1 M.

Entah bagaimana cara Chevrolet menekan biaya produksinya, tapi Equinox ini akan memilik jarak tempuh yang juga tidak dipotong habis-habisan demi keterjangkauan harga. Jangkauannya disebut mencapai 483 km (300 mil) sekali cas hingga penuh.

Chevrolet Equinox EV - SUV listrik 400 jutaan
Chevrolet Equinox EV – SUV listrik 400 jutaan

Spesifikasi Powertrain dan Jarak Tempuh

Chevrolet tidak merilis spesifikasi baterainya, tapi menyebutkan bahwa SUV ini akan disediakan dengan pilihan varian standar dan long-range, juga masing-masing dengan pilihan penggerak dua dan empat roda.

Berikut spesifikasi powertrain Chevy Equinox EV:

  • Powertrain: Motor tunggal FWD bertenaga 210 hp, torsi 327 Nm; Dual-Motor AWD bertenaga 290 hp, torsi 346 Nm.
  • Jangkauan: Standar Range: 250 mil (402 km); Long range FWD: 300 mil (483 km); Long range AWD: 280 mil (451 km).
  • Pengecasan: Normal charger 11,5 kW: 55 km/1 jam; Normal charger 19,2 kW: 82 km/1 jam; fast-charger 150 kW: 113 km/10 menit pengecasan.
  • Fitur baterai: Vehicle-to-load 3 kW.

Fitur Canggih!

Dari segi fitur, SUV 400 jutaan ini juga sangat canggih dengan paket ADAS yang lengkap, bahkan ada fitur semi-otonom khusus yang disebut Super Cruise.

Fitur semi-otonom tersebut memungkinkan pengemudi melepas kemudi di sekitar 643.700 km jaringan jalanan di AS dan Kanada yang sudah diupload ke sistem berkendaranya.

Eksterior dan Interior

Tampilan eksterior Chevrolet Equinox EV ini terlihat gagah dan aerodinamis dengan tubuh yang lebar, panjang dan memiliki ground clearance cukup tinggi.

Desainnya terlihat futuristis dan kokoh dengan velg 19-inci pada varian standar dan 20 hingga 21 inci untuk varian flagship.

Chevy Equinox EV - Tampak Depan Belakang dan samping
Chevy Equinox EV – Tampak Depan Belakang dan samping

Desain wajahnya sangat modern dengan LED-DRL tipis. Headlamp-nya seolah tersembunyi di ornamen hitam dan tidak ada lubang grill di bagian atas wajahnya.

Di sisi samping, dimensinya yang panjang dan pipih terlihat bertenaga berkat roda besarnya. Nuansa kekinian juga hadir dari gagang pintu yang rata dengan bodi samping.

Ke dalam kabin, kita disuguhi dashboard canggih dan modern dengan 2 layar besar yang masing-masing berukuran 11-inci, yakni pada meter-cluster dan center-cluster. Pada varian atas, bahkan head-unitnya berukuran 17,7 inci.

Interior Dashboard Equinox EV
Interior Equinox EV

Kursi dan lingkar kemudi dilengkapi fitur pemanas, agar dapat dikendarai dengan nyaman di musim dingin.

Ini adalah interior yang terlihat lebih ramai dengan fitur dan kecanggihan dibanding Tesla Model 3 yang berharga hingga beberapa kali lipat lebih mahal.

Interior Chevrolet Equinox EV
Interior Chevrolet Equinox EV

Kapan Chevrolet Equinox EV 2024 Diluncurkan

Chevrolet Equinox 2024 ini dikabarkan akan resmi diluncurkan pada musim gugur 2023, itu adalah sekitar akhir September hingga pertengahan Desember.

Itu artinya pengiriman pertama akan terjadi pada awal 2024. Sehingga wajar SUV EV ini disebut model keluaran 2024.

Semoga apa yang dijanjikan Chevrolet ini benar-benar terjadi, terutama terkait harganya yang sudah berada pada level yang wajar sebagaimana mobil bermesin bakar.

Jika itu terwujud, era mobil listrik akan lebih mudah dipercepat dan orang-orang akan dengan sukarela beralih ke mobil listrik murni, setidaknya di Amerika Utara.

Imbasnya ke Asia mungkin akan menyusul mengingat Chevrolet Equinox EV ini merupakan mobil yang dibangun atas kerja bareng dengan Honda, dimana ada versi Jepangnya yang bernama Honda Prologue EV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)