Kelebihan dan Kekurangan Honda CR-V Turbo 2020 Menurut Ridwan Hanif

Ridwan Hanif Ungkap Kelebihan dan Kekurangan Honda CR-V Turbo 2020

Honda Review SUV

CaruserMagz.comKelebihan dan Kekurangan Honda CR-V Turbo – Ridwan Hanif Rahmadi, YouTuber dan seleb dunia otomotif membeli Honda CR-V 1.5 Turbo Prestige keluaran tahun 2020. Mobil tersebut dipergunakan sebagai mobil keluarganya, menjadi pengganti Hyundai Santa Fe CRDi 2013 yang sebelumnya ia jual.

Seperti biasa, Ridwan mereview mobil yang dimilikinya di Channel YouTube pribadinya, seperti mobil-mobil sebelumnya, antara lain: Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, Suzuki Jimny, Hyudai Santa Fe Gen-3, dan lain sebagainya.

Ridwan Hanif yang dijuluki Sultan karena sering membeli mobil dan gonta-ganti mobil pribadi ini mengungkap kelebihan dan kekurangan Honda CR-V Turbo miliknya dalam suatu video yang diberi judul “5 Hal yang Saya Tidak Suka dan Saya Suka dari Honda CRV Turbo“.

Berikut rangkuman Keunggulan dan Kelemahan CR-V Turbo menurut Ridwan Hanif:

 

5 Hal yang Tidak Disukai dari Honda CR-V Turbo

 

1. Fitur Kurang Lengkap

Menurut Ridwan Hanif, fitur Honda CR-V Turbo Indonesia yang belum mendapat upgrade hingga tahun 2020 ini tergolong ketinggalan zaman jika dibandingkan kompetitor di segmen medium SUV. Karena SUV lain sudah tergolong sangat advance, seperti Hyundai Grand Santa Fe, Mazda CX-5, Nissan X-Trail dan lain sebagainya.

Untuk mobil berharga Rp 530 jutaan, fitur CR-V Turbo 2020 di Indonesia terasa kurang lengkap. Misalnya tidak ada fitur Adaptif Cruise Control, tidak ada fitur-fitur Honda Sensing yang merupakan driving assist seperti lane departure warning, lane keeping assist, pengereman otomatis dan lain sebagainya.

Di interior juga banyak fitur-fitur canggih yang ada di kompetitor tapi tidak ada di CR-V turbo, misalnya kaca spion auto-dimming (electro-chromatic) dan tidak ada lampu vanity-mirror.

 

2. Audio System yang Tidak Memuaskan

Hal kedua yang tidak disukai oleh Ridwan Hanif pada CR-V Turbo 2020 adalah head unitnya yang banyak kekurangan signifikan. Dari kualitas output-nya maupun kondisinya yang membuat tidak nyaman selama digunakan.

Head unit CR-V Turbo disebut Ridwan berkualitas “so-so” atau terlalu biasa, bahkan membuat tidak nyaman karena lemot saat dioperasikan, layarnya resistif (bukan kapasitif), saat siang hari sulit dilihat karena silau memantulkan cahaya dari luar kabin, saat malam terlalu terang hingga membuat silau.

Sehingga pengguna yang ingin menikmati audio system yang bagus, harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk modifikasi. Sayangnya, jika head unit tersebut diganti, pemilik CR-V turbo tidak bisa lagi menikmati fitur nano-i yang disematkan pada head unit bawaannya.

Kualitas suara dari speaker yang ada, juga dinilai Ridwan terlalu biasa dan tidak memuaskan untuk ukuran harganya yang sudah mencapai 500 jutaan.

 

3. Kekedapan Kabin Buruk

Menurut pakar otomotif sekaligus pengusaha rental dan auto-detailing tersebut, kabin Honda CR-V tergolong brisik karena peredaman yang sangat kurang. Road noise sangat mengganggu saat dibawa pada kecepatan di atas 100 km/jam, suara-suara dari luar juga tidak teredam dengan baik sehingga membuat tidak nyaman.

Sehingga untuk membuat SUV Honda tersebut lebih senyap, pemiliknya harus kembali merogoh kocek untuk menambah peredam disekujur body Honda CR-V. Namun demikian menurut Ridwan, walau sudah ditambah peredam, tetap tidak bisa mengalahkan kesenyapan kompetitor seperti Mazda CX-5.

 

4. Build Quality Beberapa Bagian Mengecewakan

Beberapa bagian di eksterior terlihat tidak rapi pemasangannya, antara lain bumper yang terpasang kurang rapi, sehingga jarak antar bagian nampak tidak konsisten. Pintu bagasi yang seperti bergeser saat dibuka-tutup.

Di bagian interior juga ada pemasangan yang tidak rapi, misalnya plastik cover steering tidak rapat, konsol tengah yang oblak, hand rest di konsol tengah yang juga oblak sehingga berkesan tidak kokoh.

 

5. Beberapa Bagian Terasa Berat

Ridwan Hanif mengeluhkan beberapa bagian yang dirasa terlalu berat dioperasikan, sehingga akan membuat pengguna kesulitan, khususnya kaum wanita.

Misalnya pintu yang terasa terlalu berat untuk buka-tutup, tombol di tuas transmisi yang keras sekali, kursi-kursi di kabin belakang terasa terlalu berat untuk dilipat hingga menyulitkan untuk akses ke baris ketiga. Menurut Ridwan, untuk mobil yang sudah berharga 500 jutaan, seharusnya masalah seperti itu tidak lagi ada.

Ridwan Hanif saat Review Honda CR-V 1.5 Turbo Miliknya
Ridwan Hanif saat Review Honda CR-V 1.5 Turbo Miliknya

 

5 Hal yang Disukai dari Honda CR-V Turbo

 

1. Handling Bagus

Menurut Ridwan, body roll CR-V Turbo minim, setirnya presisi, Putaran setir pendek, sehingga mudah dikemudikan. Radius putar tergolong kecil sehingga walau terlihat bongsor, Honda CR-V masih lumayan lincah.

 

2. Mesin Handal

Ridwan memuji teknologi mesin Honda CR-V Turbo karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan berkendara. Di mode Eco, konsumsi bbm Honda CR-V bisa sangat irit untuk penggunaan harian.

Namun saat dibutuhkan untuk berkendara agresif dan cepat, mesin 1500 cc Turbo tersebut punya kapasitas untuk itu, dengan mengaktifkan mode sport. Jadi mesin CR-V Turbo seperti multifungsi sesuai kebutuhan.

 

3. Nyaman dan Stabil

Dibanding kompetitor di kelasnya, Honda CR-V dinilai Ridwan Hanif lebih baik dalam hal kenyamanan. Karena suspensi yang enak, tergolong empuk tapi stabil.

Selain itu, CR-V berkonfigurasi 7-seater sehingga saat butuh bawa penumpang banyak, CR-V punya kapasitas. Kursi baris ketiga juga tergolong nyaman. Sehingga CR-V adalah SUV keluarga yang lengkap.

 

4. Kepraktisan Sangat Bagus

Ruang penyimpanan di kabin Honda CR-V terbilang berlimpah, berkat storage yang banyak banget, tersedia cup-holder dan ruang penyimpanan disetiap baris kursi, back-pocket di bekalang kursi yang lengkap dan glove-box yang besar. Sehingga Dia menyimpulkan bahwa CR-V Turbo adalah kendaraan yang sangat praktis.

 

5. Desain Keren

Ridwan Hanif mengaku suka dengan desain eksterior Honda CR-V Turbo. Menurutnya SUV ini ganteng dan enak dipandang dari setiap sisi. Makin dilihat, makin terasa keren. Interiornya juga terlihat dan terasa mewah.

 
Baca Juga:
Hal yang Disukai dan Tidak Disukai Ridwan Hanif pada Suzuki Jimny 2019
Alasan Ridwan Hanif Memilih Avanza untuk dijadikan Proyek Modifikasi

 
Demikianlah Kelebihan dan kekurangan Honda CR-V Turbo menurut Ridwan Hanif Rahmadi, youtuber otomotif ternama di Indonesia. Meskipun memberi kritik cukup pedas, Ridwan Hanif mengaku cukup puas memiliki Honda CR-V Turbo, namun itu setelah dia melakukan modifikasi dengan mengganti Head Unit dan memasang peredam.

Ridwan berharap di versi facelift atau selanjutnya, pihak Honda memperbaiki kekurangan-kekurangan Honda CR-V Turbo dan menyesuaikan dengan standar fitur mobil masa kini. Dia juga berharap Honda memasukkan varian hybrid ke Indonesia.

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.