Menelisik Toyota Yaris, Hatchback Paling Laris di Indonesia

CaruserMagz.com – Toyota memiliki beragam produk yang dianggap unggul dibanding kompetitornya. Salah satu produk itu ialah Yaris yang hadir di segmen mobil hatchback dan menjadi salah satu market leader di kelasnya.

 

Mobil ini sudah terbilang lama hadir di Indonesia dimana akhirnya Toyota melakukan pembaruan pada Yaris dua tahun lalu.

 

Pada Yaris terbaru, Toyota membuatnya dengan desain yang lebih segar sehingga tampilannya terlihat sporty dan elegan. Wajar rasanya mobil ini dibuat begitu oleh Toyota pasalnya memang mobil ini menyasar segmen konsumen yang memiliki jiwa muda serta sporty. Di pasar Indonesia, Yaris bersaing dengan produk segmen serupa seperti Honda Jazz, Kia All New Rio, Hyundai i20 dan Ford Fiesta.

 

Pada tampilan eksterior, tampaknya Toyota mendesain Yaris dengan aerodinamis yang sempurna. Hal ini terlihat dari lekukan dan garis dari depan, samping hingga belakang mobil ini yang terlihat padu. Dalam penjualannya PT Toyota Astra Motor (TAM) memasarkan Yaris dengan empat varian, yaitu E, G, TRD dan TRD Heyker.

 

Pada varian tertinggi mobil ini terlihat sporty berkat adanya penambahan aksesoris TRD front bumper. Selain itu, black radiator grille juga semakin memancarkan aura sporty pada mobil ini. Bagian lampu dibuat seperti menyipit dan berbeda dari model Yaris generasi pertama. Desain grill memiliki garis tegas kebawah serta berkelir matte black yang menyatu pada desain headlamp semakin merefleksikan khas sporty dan aerodinamis.

 
Baca juga: Beda Yaris Heykers dan Yaris Biasa
 

Di bagian depan sisi bawah tersemat foglamp yang bisa memaksimalkan penerangan saat melaju dalam keadaan berkabut. Pada bagian sisi samping, terdapat  side skirt, side stripe, dan spoiler yang memberi kesan futuristik dan semakin sporty pada mobil ini. Lantas seperti apa bagian buritannya, mobil ini tampaknya mempertahankan desain lamanya. Namun adanya penambahan spoiler di bumper belakang membuat tampilan Yaris tampak manis.

 

Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 4,115 mm lebar 1,700 mm dan tinggi 1,475 mm sementara ground clearence hingga 184 mm pada varian heykers. Dimensi tersebut jauh lebih bongsor dibanding Yaris versi sebelumnya, sehingga kabin yang lebih lapang menjadi salah satu hal yang menyenagkan pada Yaris.

 

Dibagian mesin mobil ini menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter berteknologi pengapian Dual VVT-i, yang disatukan dengan transmisi CVT 7-speed sequential shiftmatic. Penggunaan bahan bakar serta sistem transmisi baru ini diklaim Toyota membuat Yaris Heykers lebih hemat bahan bakar.

 

Di bagian kabin, mobil yang dapat menampung hingga lima penumpang ini dbubuhi desain yang terbilang minimalis. Di bagian dashboard diberikan display LCD yang berfungsi sebagai entertainmen dan navigasi. LCD ini memiliki layar sentuh dan sensor air gesture serta dilengkapi dengan sistem operasi Android.

 

Bagi pengendara, sistem informasi yang tersedia di bagian multi information display (MID) juga terbilang jelas dan mencukupi kebutuhan informasi, seperti konsumsi bahan bakar, odometer, jarak yang masih bisa ditempuh dengan bbm yang tersisa, dan lain sebagainya. Desain bangku juga terbilang nyaman untuk melakukan perjalanan dekat maupun jauh.

 

Lainnya dari Yaris ini ialah untuk mendukung kenyamanan saat perjalanan, Toyota memberikan teknologi suspensi McPherson with per ulir dan stabilizer di sisi depan. Untuk bagian belakang disematkan Torsion Beam ditambah dengan per ulir serta penambahan stabilizer. Sementara ukuran velgnya mencapai 14 inci dan ukuran ban Yaris 185/60 R15.

 

Toyota Yaris memiliki kapasitas tangki hingga 42 liter dan tersedia dalam dua pilihan transmisi, manual dan matik. Untuk harga Toyota menjual Yaris mulai Rp 228 juta hingga Rp 277 jutaan.

 

Guest Posting oleh OTO.com
 
ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

One thought on “Menelisik Toyota Yaris, Hatchback Paling Laris di Indonesia

  • April 19, 2018 at 8:39 am
    Permalink

    Bisa menjadi acuan artikel ini. Terimakasih sangat bermanfaat sekali, salam kenal.

    Reply

Tulis Komentar