10 Alasan Memilih Calya Sigra sebagai Mobil Keluarga Menurut Pemilik

CaruserMagz.com – Memilih mobil yang tepat sesuai kebutuhan itu susah-susah gampang. Banyaknya pilihan terkadang membuat kita yang sedang memilih mobil malah bimbang dan lama mengambil keputusan. Terkadang saat kita merasa sudah mantap dengan pilihan jenis dan merk mobil tertentu, tiba-tiba bermunculan mobil-mobil baru yang lebih menggoda.

 
Begitupun kehadiran Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, banyak calon pembeli mobil lain mengurungkan niatnya karena tergoda oleh duo kembar LCGC 7 seater ini. Khususnya orang-orang yang menginginkan mobil keluarga, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Datsun Go+ Panca, Nissan Grand Livina dan lain sebagainya.

 
Banyak pembeli mobil yang dengan cepat memutuskan memilih Calya atau Sigra sebagai mobil keluarga, setelah berminat membeli mobil lain sebelum kedatangan low MPV LCGC ini. Berbagai alasan mereka ungkapkan mengapa akhirnya menjatuhkan pilihan pada Calya atau Sigra, antara lain sebagai berikut:

 
1. Harga terjangkau; 2. Kapasitas 7-penumpang; 3. Tampilan menawan; 4. Spesifikasi terbaik untuk kelas LCGC; 5. Banyak fitur; 6. Lebih nyaman dari Avanza; 7. Sangat irit bahan bakar; 8. Brand Toyota-Daihatsu; 9. Spare part terjamin dan jaringan servis luas; 10. Tidak nampak murahan

 
Mari kita bahas lebih detail satu-persatu:

 
Harga terjangkau – Untuk ukuran mobil keluarga dengan kapasitas penumpang yang sama dengan Avanza dan Xenia, harga Toyota Calya apalagi Daihatsu Sigra yang berkisar 106 hingga 150 juta rupiah tergolong murah. Duo mobil kembar Astra ini masuk program LCGC yang mendapat subsidi pajak dari pemerintah dengan batasan dan syarat-syarat tertentu.

 
Kapasitas 7-penumpang – Calya dan Sigra adalah low MPV 7 seater yang mampu memuat 7 penumpang dewasa. Hal inilah yang menjadi alasan calon pembeli Datsun Go+ Panca beralih ke Calya atau Sigra, karena Go+ hanya bisa memuat 5 penumpang dewasa ditambah 2 anak-anak. Calon pembeli Avanza dan Xenia yang sedang menabung juga banyak yang membeli Calya Sigra karena jika harus menunggu uangnya cukup untuk membeli Avanza, masih butuh waktu lama, sedangkan Calya atau Sigra yang menggoda sudah di depan mata.

 
Tampilan menawan – Meskipun Calya dan Sigra adalah mobil LCGC, tampangnya tidak berkesan seadanya seperti LCGC pendahulu, Agya dan Ayla. Mungkin dari segi kualitas bahan interior dan body tidak begitu berbeda dari Agya, namun desain eksterior dan interior Calya dan Sigra dapat dikatakan setara dengan Avanza yang bukan LCGC.

 
Spesifikasi terbaik untuk kelas LCGC – Untuk ukuran mobil murah, Toyota cukup dermawan dengan membuat spesifikasi Calya dan Sigra yang tidak seadanya. Seperti dimensi yang panjang memungkinkan ruang kabin yang lapang dan bahkan masih tersedia bagasi yang cukup luas, Mesin 1200cc 4-silinder dengan teknologi dual-VVTi berada di kelas yang lebih tinggi dari umumnya LCGC di Indonesia, Ground Clearance yang cukup tinggi memastikan daya jelajah yang baik, kepraktisan yang berlimpah, kenyamanan mobil keluarga yang seperti bukan mobil LCGC.

 
Kaya fitur – Fitur Calya Sigra yang berlimpah banyak dibanggakan pemiliknya dan dinilai tidak layak disebut LCGC, antara lain: Head Unit double din dengan konektifitas yang lengkap, adanya rem ABS, dual airbags, side impact beam, stabilizer pada suspensi, mode mengemudi hemat (eco mode), kunci immobilizer, dan lain sebagainya.

 
Lebih nyaman dari Avanza – Beberapa pemilik Calya dan Sigra mengungkapkan impresinya saat berkendara. Menurut mereka, kenyamanan Calya Sigra lebih baik dari Avanza, terutama terkait bantingan suspensi, kenikmatan mengemudi dan impresi suasana interior sedan yang rendah, walau ground clearance Calya Sigra cukup tinggi. Hal tersebut masuk akal, karena Calya Sigra menggunakan sasis monokok yang biasanya digunakan pada sedan.

 
Sangat irit bahan bakar – Keunggulan yang sering di test dan diungkapkan pemilik Calya Sigra adalah konsumsi bahan bakar yang dinilai sangat irit. Hal tersebut dimungkinkan karena sistem penggerak roda depan dan berbagai improvement oleh pabrikan untuk mengurangi bobot mobil sehingga jadi lebih ringan.

 
Brand Toyota dan Daihatsu – Keunggulan brand image Toyota dan Daihatsu sebagai raksasa otomotif di Indonesia sulit dikalahkan merk lain. Keyakinan publik pada brand lebih menggoda konsumen, karena rasa lebih aman atas keterjaminan layanan purna jual.

 
Spare part terjamin dan jaringan servis luas – Sama halnya dengan keyakinan konsumen akan brand image, ketersediaan spare part dan jaringan servis yang luas menjadi penguat keyakinan pemilik untuk membeli Calya atau Sigra.

 
Tidak nampak murahan – Meskipun tergolong murah bagi sebagian pemilik, Calya Sigra bukan laha mobil murah bagi sebagian lainnya, apalagi mobil yang murahan. Tampilan eksterior dan berbagai aksesoris kekinian menurut para pemiliknya membuat mobil ini tidak berkesan murahan. Misalnya velg alloy 2 warna membuat sepatu mobil ini nampak elegan, lampu yang lumayan lengkap, seperti fog lamp, high mount stop lamp, reflektor, lampu sein pada spion, rear spoiler, spion elektrik, juga aksesoris lainnya seperti antenna pendek di bagian belakang, dan berbagai hiasan chrom membuat mobil ini jauh dari kesan LCGC.

 
Demikianlah beberapa alasan yang banyak diungkapkan pemilik, sehingga mereka merasa yakin, nyaman dan bangga memilih Calya atau Sigra sebagai mobil keluarga atau mobil untuk kegiatan sehari-hari.

 
Namun dari sekian banyak pemilik yang telah menggunakan Calya atau Sigra, ada juga yang mengeluhkan beberapa hal yang terjadi dengan mobilnya. Beberapa dianggap kelemahan bawaan, dan beberapa kasus lain hanya diakibatkan cacat produksi. Beberapa hal yang kurang menyenangkan tersebut kami tulis dalam ulasan lainnya, silahkan dibuka melalui link berikut ini:

 
Baca: 10 Keluhan Pengguna Calya – Sigra dan Solusinya

 
Semoga ulasan ini bermamfaat bagi sobat yang sedang mempertimbangkan membeli Toyota Calya atau Daihatsu Sigra. Bagi sobat yang sudah menjadi pemilik mobil ini dan merasa ada alasan penting lainnya yang belum kami tuliskan, silahkan disampaikan melalui kolom komentar.

Salam Otomotif!

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Find more about me through below Social Media Buttons.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar