Toyota Raih 5 Penghargaan pada AutoBild V-Kool Award 2016, Sienta Compact MPV Terbaik

CaruserMagz.com – Lima mobil keluaran Toyot Astra Motor (TAM) raih penghargaan dalam perhelatan “Autobild-VKool Indonesia Award 2016” yang dilaksanakan di Jakarta, Rabu malam, 7 Desember 2016 di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan. Penghargaan tersebut disabet oleh 3 mobil Toyota berjenis MPV dan 2 Sedan untuk kategori yang berbeda-beda.

 

Untuk jenis MPV, penghargaan diberikan Auto Bild pada Toyota Sienta sebagai The Best Compact MPV, Toyota Kijang Innova untuk kategori The Best Medium MPV, dan Toyota Alphard sebagai The Best High Luxury MPV.

 

Dua Sedan produk Toyota yang mendapat penghargaan adalah Toyota Camry Hybrid untuk kategori The Best Hybrid dan Lexus GS pada kategori The Best Medium Luxury Sedan.

 

Sebagaimana kita ketahui bahwa Toyota Indonesia, dibawah bendera Toyota Astra Motor, merupakan raksasa otomotif yang sudah menjadi brand terluas dan terkuat di Indonesia. Perusahaan dengan tagline “Let’s Go Beyond” ini mempunyai lineup mobil dengan segmen terlengkap di Indonesia. Sehingga wajar saja beberapa dari produknya mendapat penghargaan dari setiap even Award otomotif tanah air.

 

Executive General Manager Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, mengatakan bahwa perusahaannya menerapkan prinsip customer focus untuk mencapai kesuksesan yang kini makin menggurita tersebut.

 

Apa yang kami lakukan dalam mewujudkan pilar-pilar Let’s Go Beyond semata-mata adalah demi memberikan yang terbaik bagi pelanggan setia. Kami bahagia jika produk-produk yang kami hadirkan mendapatkan respon yang baik dari pelanggan,” ujar Fransiscus, dalam sambutannya saat menerima penghargaan Autobild Award 2016.

 

Terima kasih kepada seluruh pembaca Autobild yang juga merupakan pelanggan setia Toyota. Ini merupakan pencapaian luar biasa sekaligus bukti bahwa produk, teknologi, dan layanan Toyota tetap diminati konsumen. Ke depan, Toyota akan terus mengembangkan produk, teknologi, dan service berdasarkan masukan-masukan dari konsumen,” tambahnya.

 

Toyota Sienta, Compact MPV Terbaik!

 

Untuk segmen MPV secara keseluruhan, penjualan mobil Toyota dari Januari hingga Oktober 2016 mencapai 197.036 unit atau naik 34,9% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Ini adalah peningkatan pangsa pasar Toyota di segmen MPV, naik 7% dari tahun lalu menjadi 55,3%, meskipun kompetitor berdatangan untuk merebut kue segmen MPV yang besar ini.

 

Hal yang menyenangkan bagi Toyota adalah dinobatkannya All New Sienta sebagai Compact MPV terbaik.  Menurut Fransiscus, hal tersebut terjadi karena Sienta diperuntukan bagi pasar dengan konsep kendaraan Multy Activity Vehicle (MAV).

 

Sebagai produk baru di segmen yang dulunya hanya dihuni Honda Freed, Sienta mendapat respon positif dari konsumen dan berbagai kalangan otomotif. Kesuksesan Sienta juga makin moncer saat Honda menghentikan penjualan Freed di Indonesia, yang menurut Honda Motor Indonesia karena ingin fokus pada segmen lain. Sehingga Sienta nyaris tak punya saingan di Indonesia.

 

Hal tersebut dibuktikan dengan  penjualan yang lumayan positif. Selama rentang Juli hingga Oktober 2016, Sienta terjual sebanyak 7.404 unit atau rata-rata 1.850 unit per bulan. Di tengah pasar otomotif Indonesia yang sedang melamban, itu adalah angka yang cukup menggembirakan untuk mobil compact MPV yang terbilang cukup mahal.

 

Pada rentang waktu yang sama, Kijang Innova membukukan total penjualan sebanyak 49.144 unit atau rata-rata 12.280 unit per bulan. Itu adalah angka yang lebih tinggi 22,1% dibandingkan penjualan tahun lalu pada periode yang sama. Kijang Innova makin digdaya menguasai segmen medium MPV dengan market share sebesar 95,7%. Brand lain tak berkutik menghadapi Kijang yang legendaris itu.

 

Dominasi Toyota di segmen MPV adalah hasil dari lineup-nya yang paling banyak di Indonesia. Apalagi dengan dihadirkannya MPV entry-level dengan label LCGC yaitu Calya, Toyota pada tahun depan kemungkinan akan makin menguasai pasar otomotif tanah air. hal tersebut terlihat dari antusiasnya sambutan masyarakat pada Toyota Calya.

 

Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *