Jajaran Mobil Bekas Terlaris 2016, Mobil Second yang Paling Dicari Pembeli

CaruserMagz.com – Tidak hanya mobil baru, penjualan mobil bekas di Indonesia juga terbilang cukup tinggi. Meski tidak terdapat data valid terkait jumlah penjualan mobil bekas, namun hal tersebut dapat terlihat dari rata-rata penjualan mobil baru. Pasalnya, beberapa kalangan mengunakan mobil baru rata-rata 3-4 tahun saja, untuk kemudian akan dijual kembali.

 

Bila dilihat dari hal tersebut, dalam beberapa tahun terakhir penjualan mobil baru di Indonesia didominasi oleh produk dari segmen Multi Purpose Vehicle (MPV), dengan produk unggulannya seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan jajaran produk mobil low cost green car (LCGC) seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Datsun Go+ Panca.

 

Harga yang relatif stabil dari beberapa produk yang disebutkan tadi mendominasi penjualan mobil bekas di Tanah Air. Bila dilihat dari sisi harga, produk-produk dengan banderol Rp. 100 juta hingga Rp 150 juta cukup mendominasi. Saat ditanyakan pada salah satu diler mobil bekas di kawasan Depok, Jawa Barat, mobil bekas paling dicari tahun 2016 tidak jauh dari Toyota Avanza dan Honda Mobilio.

 

Toyota Avanza, Mobil Sejuta Umat

 

Mobil sejuta umat andalan Toyota ini memang diklaim cocok digunakan untuk keluarga Indonesia. Merek terkenal, jaminan suku cadang bejibun, hingga spesifikasi teknis dinilai cocok oleh banyak orang.

 

Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm, dan wheelbase 2,655mm. Setidaknya, Toyota memberikan 8 pilihan warna yang dapat pilih yakni Beige Metallic, Black Metallic, Dark Brown Mica Metallic, Dark Red Mica Metallic, Grey Metallic, Nebula Blue, Silver Metallic dan White.

 

Honda Mobilio

 

Sementara untuk mobil bekas lainnya yang terbilang paling dicari di Indonesia ialah Honda Mobilio. Low MPV ini diluncurkan Honda Prospect Motor (HPM) pada tahun 2014 dan berhasil bersaing dengan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Hadir dengan tagline ‘Banyak Kelebihan, Banyak Keunggulan’, Honda Mobilio dibuat dengan desain ekseterior yang sporty, dinamis serta elegan.

 

Honda membuat Mobilio dengan dimensi panjang 4,386 mm, lebar 1,683 dan tinggi 1,603mm sementara ground clearance hingga 189 mm. Mobil yang dapat menampung 7 penumpang ini tersemat berbagai fitur seperti layar sentuh berukuran 6,2 inci yang kompatibel dengan berbagai format musik melalui media seperti AM/FM, CD, DVD, USB Port, iPod/iPhone.

 

Di sisi keamanan Honda menyematkan Immobilizer, Security Alarm, Wave Key, Keyless Entry. Selain itu terdapat juga fitur Pretensioner with Load Limiter pada sabuk pengamanannya.

 

Pada bagian jantung pacu, mobil ini menggendong mesin i-VTEC berkapasitas 1.5 liter SOHC 4-silinder segaris + DBW. Dikatakan mesin Honda tersebut mampu menghasilkan 118 tenaga kuda pada 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm di 4.600 rpm, tenaga dan torsi yang terbilang besar dibanding kompetitornya seperti Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga.

 

 

LCGC: Toyota Agya

 

Sementara di kelas LCGC, produk mobil bekas yang paling dicari ialah Toyota Agya. Mobil berdesain kompak ini diperkenalkan Toyota pada tahun 2013 yang lalu. Di bawah kap, mobil ini menggunakan mesin berkapasitas 998cc berkode 1KR-12 dengan 3-silinder 12-katup DOHC. Mesin tersebut dianggap cukup bertenaga, dan efisien untuk berkendara dalam kota tapi tak bisa dipungkiri juga bisa melibas jalanan luar kota.

 

Pada bagian tampilan, mobil berdesain mungil dengan dimensi sebesar 3600 mm x 1600 mm x 1520 mm ini membawa kesan city car yang mengusung konsep fun driving. Toyota semaksimal mungkin menghadirkan Agya yang disesuaikan dengan karakter pengemudinya. Toyota Agya memiliki beberapa tipe yaitu E, G dan TRD-Sportivo.

 

Dari sisi fitur keamanan mobil ini dibuat dengan menggunakan body structure reinforcement yang dianggap Toyota mampu melindungi penumpang didalamnya. Dual airbags sudah disematkan pada semua tipe mobil ini, bahkan Toyota melengkapi jok Agya dengan standard ISOFIX yang berfungsi saat Anda bepergian bersama anak balita.

 

Kontributor: OTO
ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar