10 Perbedaan Nissan March Facelift 2014 dibanding March Lama 2011 – 2013

CaruserMagz.com – Nissan March merupakan mobil small hatchback yang sangat laris. Mobil mungil ini disukai karena mempunyai keunggulan dalam hal kenyamanan dan kabin yang lapang. Desainnya yang cantik banyak disukai kaum hawa, hingga mobil ini sering dijuluki mobil yang imut atau girly. Namun tidak sedikit kaum pria juga menyukainya, apalagi pada versi facelift 2014, sudah ada aura yang cukup gagah.
Nissan March Facelift 2014
Nissan March Facelift 2014
Meskipun mobil ini nampak kecil dari luar dan dikesankan untuk kaum wanita muda yang dinamis, namun juga sangat cocok untuk dijadikan mobil keluarga, khususnya keluarga muda dengan anak-anak yang sudah beranjak dewasa. karena kabin belakangnya sangat lega, bahkan bisa disamakan dengan compact hatchback semisal Toyota Yaris atau Honda Jazz.
Oleh karena itu, bagi sobat yang berencana membeli mobil untuk keluarga, namun dengan budget terbatas. Membeli Nissan March bekas bisa jadi pilihan yang masuk akal. Karena Nissan March adalah City Car yang paling nyaman dikelasnya juga mencukupi untuk memuat 5 penumpang dewasa.
Berikut perbedaan antara Nissan March baru 2014 vs March lama keluaran 2011 hingga 2013:

1. Perbedaan Bagian Depan/Wajah

Perbedaan paling kentara dari facelift 2014 pada Nissan March adalah pada bagian wajahnya. Penyematan aksen chrom berbentuk huruf V menjadi pembeda yang paling mudah dikenali dan juga merubah wajah Nissan March facelift 2014 menjadi lebih mewah. Pada versi lawas, aksen chrom tipis memanjang ditengah grill atas dan emblem Nissan diletakkan di atas grill.
Bentuk grill atas yang menampung emblem Nissan dan aksen chrom V juga terlihat lebih lebar dari Nissan March versi lama. Jika bentuk lampu utama pada March lawas terlihat membulat, pada facelift 2014 ini lampunya dibedakan dengan adanya sudut yang agak lancip pada bagian ujung sebelah dalam.
Desain rumahan fog lamp juga Nampak sangat berbeda, jika pada versi lawas berbentuk bulat dan posisinya lebih dekat dengan grill bumber, maka pada versi facelift 2014 berbentuk segitiga dan posisinya lebih kepinggir hingga sejajar dengan posisi ban depan.

2. Perbedaan Bagian Belakang

Pada bagian belakang, tidak ada perbedaan bentuk dengan versi lawas. Perubahan yang dilakukan Nissan hanyalah pada tipe lampu. Jika pada March 2011 hingga 2013 adalah lampu biasa dengan 1 bola lampu, maka pada March facelift 2014, diganti dengan lampu LED, sehingga Nampak lebih modern.

3. Velg

Velg Nissan March baru juga berbeda dengan March lama, Jika pada versi lama velgnnya nampak biasa dengan 7 palang, pada versi facelift 2014 lebih atraktif dengan motif spider web berpalang 8.

4. Head Rest Kursi Belakang

Salah satu kekurangan Nissan March 2011 yang diperbaiki adalah pada kursi baris kedua, dimana headrestnya hanya seperti gundukan kecil dan kurang memadai untuk penumpang berpostur tubuh tinggi. Pada Nissan March 2014, sudah dibuat headrest yang adjustable sehingga menambah kenyamanan kabin baris kedua untuk penumpang dewasa. Head rest yang memadai juga lebih aman tentunya.

5. Dashboard

Desain dengan motif bulat-bulat sudah dikurangi pada Nissan March 2014. Exhaust AC di tengah dashboard dibuat segi empat dan warna bagian cluster tengah sebagai tempat head unit dan control AC tidak lagi sewarna dengan dashboard, tapi sudah dibalur warna hitam piano yang mengkilat dan ada aksen silver, sehingga dashboard March 2014 terlihat lebih mewah.

6. Head Unit

Kemajuan pada headunit Nissan March 2014 adalah dengan adanya port USB sehingga pengguna tidak perlu lagi membeli tambahan MP3 player untuk memutar lagu atau audio dari flasdisc atau HP. Hal ini kami kira sudah wajib ada pada head unit mobil-mobil pada masa kini, bahkan yang bisa dihilangkan adalah fitur pemutar CD/DVD untuk head unit single din, karena tidak banyak lagi orang menggunakan CD di mobil mereka.

7. Tombol Start-Stop Engine

Mungkin untuk membuat Nissan March tetap mampu menyaingi Mitsubishi Mirage yang menjadikan fitur sebagai nilai jualnya, pada Nissan March 2014 juga disematkan fitur start-stop engine. Sehingga cukup membawa keyless remote kemudian menekan pedal rem dan tombol start, mesin Nissan March ini dengan mudah dihidupkan. Sayangnya fitur canggih ini hanya ada pada March tipe tertinggi, yaitu tipe XS dan pada varian 1.5 baik manual maupun otomatis.

8. Multy Information Display (MID)

Perubahan pada MID Nissan March 2014 ada cukup banyak, selain bentuk yang lebih lebar dan posisinya juga diletakkan ditengah speedometer, sehingga lebih eyecatching. Penambahan fitur yang menarik dari MID baru ini adalah pengingat pengemudi untuk istirahat. Ketika waktu dan jarak tempuh telah mencapai titik tertentu, MID secara otomatis memberi peringatan pada pengemudi untuk menghentikan perjalanan sejenak dan segera istirahat dengan muncul tulisan “Have a Break“. Selain itu, ada juga pengingat hari ulang tahun, bagi siapa yang kita inginkan untuk diingatkan oleh MID tersebut. Mobil ini sepertinya benar-benar didesain untuk orang-orang muda.

9. Varian Mesin

Penggemar Nissan March mempunyai tambahan pilihan varian dengan mesin yang lebih besar, yaitu tipe 1.5 manual dan otomatis. Jika pada versi lawas hanya ada pilihan March dengan mesin 1200 cc 3 silinder, maka pada versi facelift 2014, ada juga unit yang bermesin 1500 cc 4 silinder. Tentunya varian baru tersebut akan memiliki getaran mesin yang jauh lebih halus dari versi 3 silinder. Bisa menjadi pilihan bagi penyuka tenaga besar tapi belum mampu membeli compact hatchback yang lebih mahal.

10. Dual Air Bags

Jika pada versi lawas hanya ada 1 airbags di kabin depan, hanya untuk pengemudi. Pada versi facelift 2014 ini, Nissan March sudah dilengkapi dengan dual SRS Airbags, sehingga penumpang depan juga terlindungi jika terjadi tabrakan.
Demikianlah ulasan CaruserMagz.com mengenai apa saja perubahan pada Nissan March facelift 2014 yang membedakannya dari Nissan March versi lawas keluaran tahun 2011 hingga 2013. Semoga informasi ini berguna bagi sobat pembaca, khususnya bagi sobat yang ingin membeli mobil bekas Nissan March yang diproduksi dalam rentang waktu 2011 hingga 2016.
Jika sobat ingin tahu lebih detail, apa saja kelebihan dan kekurangan Nissan March versi lama, silahkan baca ulasan kami sebelumnya melalui link ini: Kelebihan dan Kekurangan Nissan March
Salam Otomitif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

One thought on “10 Perbedaan Nissan March Facelift 2014 dibanding March Lama 2011 – 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *