PaxPower Permak Ford F-150 Raptor Jadi Super Off-Roader 770 HP

Ford F-150 Bertenaga 770 hp hasil permak PaxPower

CaruserMagz.com – Sebuah rumah modifikasi di Houston, Amerika Serikat, yang bernama PaxPower memodifikasi truk double cabin terlaris di AS, Ford F-150 Raptor 2021 menjadi pikap buas bertenaga 770 HP untuk dijadikan pelahap jalur off road paling ganas. Model hasil permak ulang ini diberi nama Alpha F-150.

Modifikasi Ford F-150 ini terbilang ekstrim karena merubah banyak bagian secara signifikan. Seperti kaki-kaki, kelengkapan eksterior untuk ketangguhan permukaan bawah, dan tentunya bagian dapurpacu yang lebih garang.

Alpha F-150 ini didesain untuk mampu bermain di jalur off road yang ekstrim. Untuk itu, flare spatbor diperpanjang, ban lebih tebal jadi 35 inci, kap mesin dengan air intake, sistem kenalpot sport dan paket grafis eksterior untuk tampilan lebih mengintimidasi.

Bagian bawah dan suspensi dikembalikan pada paket F-150 Raptor model sebelumnya, termasuk gardan, control arm, pegas, streering link, dan sistem rem.

Ford Raptor - PaxPower Alpha F-150 SuperTruck Bertenaga Buas
Ford Raptor – PaxPower Alpha F-150 SuperTruck Bertenaga Buas

Paket Alpha F-150 tersebut dibanderol harga $ 18.950 AS atau sekitar Rp 275 juta. Transformasi memerlukan waktu sekitar tiga minggu. Pelanggan yang menginginkan bumper baja untuk perlindungan lebih kokoh bisa memesan dengan tambahan biaya sebesar $ 6.950 atau sekitar Rp 100 jutaan.

Yang paling menarik adalah permak sektor dapurpacunya. PaxPower menyediakan paket supercharger seharga $ 12.450 (sekitar Rp 180 jutaan). Paket tersebut adalah modifikasi pada F-150 yang bermesin V8 5.0-liter. Hasilnya adalah output tenaga yang lebih besar dari supercar, yaitu 770 hp (781 PS) dan torsi 915 Nm.

Namun Ford F-150 bermesin V8 bukanlah model yang banyak dibeli konsumen Amerika, oleh karena itu PaxPower juga menawarkan paket performa untuk mesin lain dengan hasil yang juga tidak mengecewakan untuk semburan tenaga dan torsinya.

Varian bermesin EcoBoost V6 3,5-liter dapat dipermak untuk tenaga 500 hp (507 PS) dan torsi 847 Nm. Modifikasi tersebut meliputi asupan udara dingin, intercooler yang lebih besar, dan kalibrasi mesin yang direvisi. Pada mesin turbodiesel Power Stroke V6 3.0-liter, modifikasi serupa meningkatkan output menjadi 400 hp (406 PS) dan torsi 827 Nm.

Baca juga:

Jadi total biaya tambahan untuk paket modifikasi ektrim ini adalah senilai $ 38.350 atau sekitar Rp 555 Jutaan. Itu adalah nilai yang sudah bisa membeli seekor Toyota Fortuner atau Pajero Sport di Indonesia. Namun bagi pehobi Raptor F-150, itu adalah angka yang kecil.

PaxPower mengklaim bahwa perusahaannya bukanlah bagian dan tidak pula berafiliasi dengan Ford Motor Corporation. Modifikasi ini disebut hanyalah untuk penggunaan di medan off-road, sehingga pihak PaxPower tidak bertanggungjawab jika hasil modifikasi tersebut tidak lagi mengikuti aturan batas emisi, peraturan lalu-lintas, atau persyaratan premi asuransi kendaraan.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar